Penulis : Atsa

Sagu mutiara terbuat dari butiran sagu yang terlihat transparan setelah dimasak. Kudapan yang perlu dimasak terlebih dahulu ini sering dijadikan campuran dalam kue-kue dan minuman. Bahkan beragam resep dengan bahan utama sagu mutiara juga tersedia.

Meski banyak digunakan di berbagai negara Asia, di Indonesia sendiri hidangan dengan bahan sagu mutiara termasuk dalam menu-menu tradisional.

Sagu mutiara yang sering digunakan di Indonesia yaitu “cap kucing”. Meski demikian, berbagai merek lainnya juga bisa Anda temukan di pasar dan swalayan.

Berikut ini 5 sajian nikmat resep sagu mutiara yang bisa Anda coba.

1. Nagasari Mutiara

Nagasari yang sering Anda temukan pasti nagasari dengan isian pisang, kan? Coba kreasikan nagasari dengan mutiara saja, tak kalah lezat kok. Ini dia cara membuatnya.

Dalam wadah, masukan tepung hunkwe dan santan, aduk rata dan sisihkan. Di wadah lain, campurkan santan dengan gula pasir, vanili, garam dan daun pandan. Masukan campuran tersebut dalam panci, rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk.

Tuangkan campuran tepung dan santan ke dalam rebusan. Aduk merata dan masak sampai matang. Masukan sagu mutiara, aduk-aduk sampai sagu mutiara tercampur rata.

Terakhir, Bungkus adonan dengan menggunakan daun pisang, sampai semua adonan habis. Lalu dinginkan sampai mengeras. Baru setelah itu, bisa Anda sajikan.

2. Awuk-Awuk Mutiara

Kudapan tradisional yang satu ini terkadang bisa ditemukan di pasar, atau bahkan sebagai isian snack box arisan. Kalau Anda pernah mencobanya, pasti jadi semakin rindu rasanya kan? Nah, daripada sulit mencari dan menemukannya, buat sendiri saja yuk.

Rendam sagu mutiara selama 1 jam. Kemudian, rebus sagu mutiara sebentar saja sampai bening. Masukkan gula pasir, garam, vanili, dan tepung tapioka, lalu aduk rata. Ambil daun pisang masukkan 1,5 sendok makan adonan lalu bungkus. Kukus sampai matang, sekitar 30 menit, sajikan.

3. Bubur Mutiara

Siapa suka bubur manis? Bukan cuma bubur ketan dan bubur sumsum saja yang nikmat. Bubur mutiara yang manis juga tak kalah nimat. Membuatnya juga gampang, lho.

Didihkan terlebih dahulu air dalam panci, saat mendidih langsung masukan sebungkus sagu mutiara, memasukan sagu mutiara saat air mendidih bertujuan supaya mutiara tidak pecah dan bulat bagus. Rebus sagu mutiara bersama gula dan sedikit garam. Masukan daun pandan supaya wangi. daun pandan. Masak hingga mutiara tampak transparan dan mengental. Angkat.

Rebus santan, daun pandan, dan beri sedikit garam. Masak hingga dan aduk supaya tidak pecah. Sajikan bubur mutiara dengan siraman kuah santan sesuai selera.

Baca Juga : Resep Bubur Mutiara

4. Dawet Mutiara

Dawet mutiara ini sangat segar jika disajikan di siang hari. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Pertama, masak mutiara dalam air mendidih sampai warnanya bening, sisihkan.

Buat air santan dengan mencampur santan sedang, gula, dan daun panda. Masak sambil aduk sesekali agar santan tidak pecah, masukan gula jawa yang sudah dihancurkan kecil-kecil. Aduk terus, masak dengan api kecil sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam.

Cara penyajiannya, masukkan sagu mutiara ke dalam mangkok lalu tuang santan. Tambhakn es batu agar lebih nikmat.

5. Puding Mutiara

mutiara

Puding mutiara sangat mudah dibuat, dan pastinya disukai keluarga Anda. Untuk membuatnya, rebus sagu mutiara dalam air yang sudah mendidih hingga empuk dan bening, tiriskan.

Masak air, gula pasir, agar-agar, santan dan susu lalu didihkan. Setelah mendidih masukan mutiara, aduk rata dan cek rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula. Matikan, dan tunggu hinga uap panasnya hilang.

Tuang adonan ke loyang atau cetakan puding, biarkan hingga panasnya hilang. Lalu, masukan ke dalam kulkas. Setelah dingin, potong puding mutiara dan sajikan.

Baca Juga : 6 Kreasi Nikmat dari Ketan Putih