Penulis : Niahappy

Beragam makanan berasal dari ikan tenggiri sangat digemari oleh banyak banyak masyarakat. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut adalah paduan yang pas untuk dinikmati. Selain rasa ternyata ikan tenggiri memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B yang dipercaya mampu mengobati penyakit ringan dan mencegah penyakit berat jika dikonsumsi secara teratur.

Berikut beberapa aneka masakan ikan tenggiri yang bisa Anda coba di rumah sebagai menu baru harian Anda:

Sempol Ikan Tenggiri

sempol ikan tenggiri murmer

Bagi pecinta jajanan kaki lima pasti sudah tidak asing dengan jajanan sempol yang ditusuk seperti sate. Sempol yang dibalut kocokan telur dan campuran ragi serta ikan tenggiri memiliki cita rasa gurih dan kenyal. Jajanan ini makin lezat dimakan selagi hangat dengan cocolan saus sambal, saus kacang atau mayonaise.

Untuk membuatnya tidak memerlukan keahlian khusus, Anda yang baru belajar memasak pun bisa membuatnya. Pertama giling ikan tenggiri bersama telur, bawang putih, bawang merah dan tuang sedikit air hingga halus dan tercampur rata.

Campur adonan dengan tepung tapioka, terigu, wortel, gula, garam, dan lada. Cicip rasanya sampai pas. Didihkan banyak air di panci untuk merebus. Ambil adonan dengan tangan dan bentuk lonjong adonan sempol di tusuk sate. Lakukan hingga adonan habis.

Rebus sempol ke dalam air mendidih. Tunggu hingga mengapung dan biarkan sesaat agar masak. Angkat dan tiriskan. Siapkan telur lalu kocok sebagai bahan pencelup. Ambil sempol lalu celupkan dalam kocokan telur. Putar-putar hingga sempol terbalut telur.

Goreng sempol dalam minyak panas sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sempol ikan tenggiri siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Sempol Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

Ikan tenggiri bumbu kuning sedap

Ikan tenggiri gurih dan berdaging lembut ini akan semakin nikmat jika dimasak dengan bumbu kuning bersantan. Ikan ini digoreng terlebih dulu hingga matang, baru selanjutnya dimasak bersama racikan bumbu agar lebih gurih sedap meresap.

Pertama potong ikan tenggiri jadi tiga bagian. Marinasi ikan tenggiri dengan air perasan jeruk nipis dan garam hingga merata. Diamkan selama 10 menit.

Panaskan banyak minyak. Goreng ikan tenggiri hingga matang. Angkat dan tiriskan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe yang sudah dihaluskan sampai harum.

Masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata, kemudian tuang santan, tambahkan garam, gula dan merica. Aduk rata dan biarkan hingga mendidih.

Masukkan ikan tenggiri yang sudah digoreng ke dalam wajan bumbu. Aduk rata. Kecilkan api kompor dan tunggu sampai bumbu meresap. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

Pempek Ikan Tenggiri

Makanan khas palembang berbahan dasar ikan tenggiri ini sangat populer di Indonesia. Makanan gurih bertekstur kenyal ini semakin lezat ditambah saus cuka dengan cita rasa asam, manis dan sedikit pedas.

Cara membatnya sederhana, pertama haluskan daging ikan tenggiri, bawang putih, air es, putih telur dan garam ke dalam blender/chopper. Siapkan wadah, masukkan gilingan ikan. Campur dengan tepung sagu. Aduk dan uleni dengan sendok hingga rata.

Lumuri tangan dengan sagu. Ambil adonan ikan dan bentuk jadi lonjong ataupun seperti pastel. Lakukan hingga adonan habis. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Masak pempek hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Panaskan banyak minyak. Goreng pempek hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya membuat kuah cuko. Rebus air hingga mendidih masukkan bawang putih, cabai rawit hijau dan gula aren yang sudah dihaluskan aduk rata. Tambahkan air asam jawa, gula pasir, ebi bubuk dan garam. Aduk hingga tercampur rata dan tiriskan.

Baca Juga : Resep Pempek Lenjer

Gulai Ikan Tenggiri

gulai ikan

Gulai merupakan masakan khas Indonesia. Di Indonesia masakan gulai seringkali menggunakan daging sapi dan kambing. Padahal gulai dengan daging ikan juga bisa. Salah satunya masakan gulai ikan tenggiri khas sumatera. Rasa rempahnya yang kuat berpadu dengan tekstur ikan tenggiri yang lembut dan gurih membuat banyak orang menyukainya.

Jika ingin mencicipinya Anda tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera, cukup membuatnya saja di rumah karena tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Untuk membuatya, tumis bawang merah, bawang putih, caba keriting,  jahe, kunyit tua (bakar), dan kemiri (sangrai) yang sudah dihaluskan menjadi satu, tambahkan serai, lengkuas, dan daun jeruk masak hingga bumbu matang.

Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mendidih, lalu masukkan ikan tenggiri dan beri garam serta gula secukupnya kemudian aduk. Masak dengan api kecil hingga ikan matang. Angkat dan siap disajikan. Mudah kan?

Baca Juga : Resep Gulai Ikan Tenggiri

Otak-Otak Bumbu Kacang

Otak-otak ikan tenggiri salah satu makanan yang sangat populer dan digemari, terutama bagi pecinta kuliner jajanan kaki lima. Rasanya yang gurih, bertekstur kenyal dan memiliki aroma bakaran yang khas ini membuat sulit untuk menolaknya, apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang semakin menggugah selera.

Pertama buat otak-otaknya, campur ikan tenggiri yang sudah digiling(halus), tepung sagu, santan, satu butir telur, daun bawang rajang halus, garam, lada dan gula secukupnya dalam satu wadah aduk hingga menyatu.

Masukkan adonan otak-otak di atas daun pisang, bentuk pipih memanjang, kemudian gulung dan raketkan daun menggunakan tusukan gigi. Lalu bakar/panggang dengan api sedang tunggu hingga wangi dan matang.

Untuk bumbu kacang, tumis cabe keriting, cabe rawit,kacang goreng dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi. Tambahkan air, cuka, garam dan gula merah. Aduk rata dan angkat.

Otak-otak bumbu kacang sudah siap dinikmati, mudah kan?

Baca Juga : Resep Otak-otak Goreng

Siomay Bandung

Tidak kalah populernya dengan otak-otak makanan berbahan dasar ikan khas bandung ini juga tak kelah enak lho. Makanan ini biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap seperti sayuran, telur dan tahu. Siomay paling enak jika ditambahkan bumbu kacang, kecap dan sambal botolan.

Bagi Anda pecinta siomay bandung, ternyata membuat siomay bandung seperti yang di pinggir jalan mudah lho. Selain mudah Anda juga bisa membuat siomay yang pas sesuai dengan selera Anda. Selain itu kebersihan pun juga terjaga.

Caranya siapkan wadah besar, masukkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, daun bawang, telur, garam, gula, kaldu jamur, dan merica bubuk. Aduk rata. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit. Aduk kembali sampai rata dan tambahkan sedikit air agar tidak kaku.

Setelah itu bungkus adonan siomay dengan kulit pangsit, lakukan sampai adonan habis. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Agar makin lezat buatlah bumbu kacang, tumis kacang goreng, bawang putih, bawang merah, cabe rawit dan cabe keriting yang sudah dihaluskan. Aduk rata. Tambahkan garam dan gula. Aduk lagi dan angkat.

Siomay bumbu kacang sudah siap dinikmati akan makin enak bila Anda tambahkan dengan saus sambal, kecap dan sedikit perasan jeruk limau.

Baca Juga : Resep Siomay Dimsum