Penulis: Atsa

Masakan ayam memang selalu digemari oleh siapa saja. Variasinya juga banyak dan beragam. Salah satu yang sangat lezat dan disukai para pecinta pedas yaitu ayam rica – rica. 

Sandingkan ayam rica-rica dengan nasi hangat dan kerupuk. Membayangkannya saja pasti sudah membuat Anda ngiler kan? Jangan dibayangkan saja, yuk buat ayam rica – rica sendiri, berikut ini cara membuatnya.

1. Gunakan ayam kampung

Untuk sajian ayam rica – rica yang lebih lezat dan sehat, Anda bisa menggunakan ayam kampung dibanding ayam negeri. Namun, memang tekstur daging ayam kampung jauh lebih keras dibanding ayam negeri. Sehingga diperlukan beberapa tips khusus supaya daging ayam kampung lebih empuk. Untuk itu, Anda bisa menggunakan metode presto untuk melunakkan daging ayam kampung.

Jika Anda tidak memiliki presto, anda bisa mengkus ayam kampung terlebih dahulu supaya empuk. Kukus ayam dengan potongan pepaya muda untuk membantu ayam kampung jadi lebih empuk. Tenang saja, pepaya muda tidak akan mempengaruhi rasa dan aroma ayam. Alternatif lainnya, hindari memilih ayam kampung yang tua. Pilih ayam kampung yang lebih muda karena dagingnya juga lebih empuk.

2. Lumuri ayam terlebih dahulu

Baik menggunakan ayam negeri atau ayam kampung, pertama-tama lumuri ayam yang sudah dipotong dengan perasan jeruk nipis dan garam terlebih dahulu. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci ayam kembali. Jeruk nipis membantu daging ayam menjadi lebih empuk, selain itu juga menghilangkan bau amis pada ayam.

3. Buat bumbu rica – rica

Tumbuk merica, ketumbar dan kemiri. Tambahkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit dan jahe. Haluskan semua bumbu tersebut hingga halus.

Saat mengulek bahan bumbu halus, sebaiknya jangan dibuat terlalu halus. Biarkan sedikit kasar sehingga masih terasa teksturnya. Masakan Anda akan menjadi lebih bercita rasa.

Kemudian, tumis bumbu tersebut dengan minyak yang sudah dipanaskan. Setelah tercium bau harum bumbu, masukan serai yang sudah dimemarkan dan daun salam. Masak sampai bumbu matang.

4. Masak ayam dengan bumbu rica

Setelah bumbu matang, masukan potongan ayam. Aduk dengan bumbu sambil terus dimasak hingga merata. Masukan garam dan gula secukupnya sambil terus diaduk hingga ayam berubah warna.

Sebagai catatan, kalau takut ayam susah untuk diolah karena ukuran potongannya yang masih dirasa besar. Anda juga bisa memotong daging ayam dengan ukuran sekitar 5 cm. Dengan ini memasak ayam akan semakin mudah. Ditambah bumbunya juga lebih merata dan meresap.

5. Tambahkan air dan beri bumbu

Tambahkan air secukupnya. Aduk aduk sambil terus dimasak hingga air asat dan ayam terlihat sudah matang. Tuang sedikit air perasan jeruk nipis, aduk terus. Koreksi rasanya, jika kurang asin Anda bisa menambahkan kembali sedikit garam. Masak hingga rasanya pas.

Setelah matang dan rasanya pas, matikan kompor dan sajikan ayam rica-rica. Lengkapi dengan nasi hangat dan kerupuk. Untuk detail resepnya, cek juga artikel resep ayam rica – rica dari Resepkoki.

Baca Juga : Resep Ayam Rica – Rica