Penulis : Atsa

Sajian hidangan lezat untuk keluarga seperti gulai ayam khas Padang bisa jadi pilihan menu makan siang dan malam di rumah. Warna gulai yang oranye berbeda dengan gulai ayam di daerah Jawa pada umumnya. Menu gulai ayam berikut ini sangat khas dengan restoran Padang.

Nggak perlu selalu ke restoran padang, buat sendiri saja di rumah. Bisa buat makan seharian untuk keluarga dan nggak sulit kok membuatnya. Yuk, langsung saja cek cara membuatnya berikut ini!

1. Gunakan bumbu dasar oranye

Makanan apapun yang punya kuah berwarna oranye memang sangat menggugah selera, kan? Perpaduan dari bumbu dasar merah dan kuning ini memiliki sedikit rasa pedas dari cabai, dan gurihnya kunyit. Kombinasi dari cabai dan kunyit ini yang menghasilkan warna oranye pada bumbu. Kalau nggak suka pedas, gunakan kulit cabainya saja, buang biji-biji cabai.

Cara membuat bumbu dasar oranye untuk gulai ayam yaitu dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit yang sudah dibakar, kemiri dan ketumbar yang sudah disangrai. Untuk menghasilkan warna oranye, penggunaan cabai lebih banyak dari bumbu kuning.

Membuat gulai dengan satu ekor ayam utuh bisa membutuhkan 15-20 kulit cabai sebagai pewarna. Supaya tidak kepedasan jangan pakai semua isi cabai, ya.

2. Tambahkan asam kandis sebagai penyedap alami

Sebagai penyedap alami yang memberikan rasa asam yang segar pada gulai ayam, tambahkan asam kandis. Asam kandis berasal dari kulit buah jeruk limau yang dikeringkan hingga berwarna kehitaman.

Biasa digunakan sebagai penyedap pada masakan padang untuk mendapatkan cita rasa asam. Asam kandis cukup dimasukan ke dalam masakan dalam keadaan utuh. Saat menumis bumbu halus, masukkan juga asam kandis bersama daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam.

3. Gunakan ayam kampung untuk tekstur lebih padat dan rasa lebih lezat

Sebenarnya, menggunakan ayam boiler juga sudah nikmat untuk membuat gulai ayam. Namun, jika menggunakan ayam kampung, rasanya akan lebih lezat!

Lemak daging ayam kampung yang gurih akan menambah cita rasa gulai ayam. Selain itu teksturnya yang padat juga menambahkan sensasi nikmat saat dikunyah.

Baca Juga : 3 Tips Mengolah Ayam Kampung agar Empuk

4. Masak ayam terlebih dahulu bersama tumisan bumbu

Supaya bumbu lebih meresap ke dalam daging, masak sebentar daging ayam bersama dengan tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna.

5. Gunakan santan encer dan santan kental

Tuang santan encer, masukan juga garam dan sedikit gula. Masak sampai santan agak menyusut dan ayam empuk.
Setelah daging ayam empuk, baru masukan santan kental. Aduk hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, angkat masakan.
Itulah cara membuat gulai ayam yang lezat dan praktis. Mudah kan cara membuatnya? Yuk, coba resepnya juga di rumah.

Supaya hasil lebih maksimal, pakailah panci (stock pot) stainless steel dari DineMate (Lihat di Lazada PROMO). Ukurannya beragam dari 16-24 cm, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Bahannya anti karat. anti lengket serta terjamin food grade. Sehingga tidak takut daging ayam hancur karena nempel atau gosong.

(Image: Lazada)

Baca Juga : Resep Gulai Ayam

Cara Membuat Gulai Ayam
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.5 (90%) 2 votes