Penulis : Atsa

Anda suka nugget? atau mungkin anak dan keluarga anda? Tentu saja, selain enak rasanya, hidangan praktis satu ini bisa disimpan untuk stok di rumah dan digoreng kapanpun saat lapar.

Sayangnya, sekarang ini banyak juga nugget dengan kualitas kurang baik yang beredar di pasaran. Mau beli nugget siap saji buat stok, tapi khawatir dengan kualitas dan gizinya. Daripada kesehatan jadi risikonya, coba buat sendiri saja, yuk.

Lebih sehat, praktis, dan juga lezat! Simak cara membuatnya berikut ini.

1. Gunakan Dada Ayam Segar

Siapkan dada ayam tanpa tulang, kulit, dan lemak. Bagian daging dari dada ayam menjadi bahan utama untuk membuat nugget ayam. 

Bagian lain dari ayam seperti paha dan paha atas memiliki lemak yang lebih banyak. Hal tersebut akan mempengaruhi daya tahan makanan karena lemak mudah teroksidasi dan menjadi tengik.

Untuk membuat adonan dasar nugget ayam, giling daging ayam, tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, telur, tepung, merica, gula, dan garam. Kukus adonan dalam loyang yang telah dilapisi minyak. Setelah matang, potong-potong sesuai selera.

2. Tambahkan Potongan Sayuran

Buat anak yang susah makan sayur, supaya lebih bergizi, adonan nugget juga bisa ditambah dengan potongan kecil sayuran seperti wortel, jagung, dan buncis. Untuk wortel bisa dipotong brunoise atau sekitar 2mm x 2mm, begitu juga dengan buncis.

Cara ini sangat ampuh lho buat anak yang sulit makan sayur, karena sayur akan tersamarkan dengan daging ayam. Jadi seperti cuma makan nugget ayam biasa. Pastikan menggunakan sayuran yang baru dan masih segar ya, supaya nugget juga tahan lama.

Baca Juga : 8 Jenis Bentuk Potongan Pada Sayuran

3. Pilih Tepung dan Bumbu yang Baik

Dalam pembuatan nugget, campuran tepung dan telur digunakan sebagai perekat dalam adonan dasarnya.  Tepung yang digunakan antara lain tepung terigu, tepung maizena, dan tepung roti. Tepung roti digunakan sebagai pelapis pada bagian luarnya. Pilih tepung yang masih dalam keadaan baik, dan tidak tengik.

Pilih bumbu segar yang bisa dibeli di pasar, jangan biasakan memakai bumbu instan karena dikhawatirkan mengandung pengawet. Kurangi juga menggunaan penyedap makanan supaya nugget benar-benar sehat

Untuk menyelesaikannya, adonan nugget yang sudah dipotong tadi digulingkan di tepung maizena, lalu celupkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung roti. Tekan – tekan agar merekat sempurna, taruh dalam wadah.

Baca Juga : Apa Bedanya? Tepung Roti vs Tepung Panir

4. Simpan di Freezer

Jika ingin langsung menggoreng nugget ayam, simpan dulu di kulkas selama 10-20 menit agar tepung roti menempel dan tidak mudah pecah saat digoreng.

Kalau ingin menyimpan sisanya, taruh dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di freezer. Jika disimpan dalam freezer, nugget bisa tahan hingga 1 bulan, lho.

Praktikan cara membuatnya juga, ya. Lebih sehat dan praktis untuk stok makanan di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga : Resep Nugget Ayam

Cara Membuat Nugget Ayam Praktis
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.2 (83.33%) 6 votes