Penulis : Atsa

Rendang merupakan hidangan khas Sumatera Barat yang terkenal kelezatannya di seluruh Nusantara. Bahkan selalu hadir di setiap perayaan dan acara keluarga.

Hidangan yang mendapat peringkat 1 makanan terlezat di dunia ini memang lebih terkenal dengan Rendang daging, tapi sebenarnya bisa juga diolah dengan bahan lainnya seperti ayam.

Tak kalah lezat tapi bahannya lebih murah, yuk simak cara membuat rendang ayam berikut ini!

Baca Juga : Resep Rendang Ayam

1. Buang biji cabai untuk pewarna pada bumbu halus

Bumbu-bumbu yang dihaluskan diantaranya bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan cabai merah keriting. Cabai merah yang digunakan bisa 10 – 20 cabai untuk satu potong ayam. Supaya tidak terlalu pedas, maka hilangkan biji cabai dan gunakan kulitnya saja sebagai pemberi warna merah. Kalau mau ada sedikit rasa pedas, bisa gunakan beberapa cabai yang tidak dibuang bijinya, sesuaikan dengan selera anda.

2. Bisa gunakan ayam kampung untuk rasa dan tekstur lebih lezat

Untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih padat, gunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Tapi hal tersebut juga tidak harus, menggunakan ayam potong juga rasanya tak kalah lezat kok.

3. Gunakan asam kandis

Gunakan asam kandis sebagai penyedap dan pemberi rasa asam yang alami. Asam kandis memberikan cita rasa yang khas pada setiap masakan khas sumatera, termasuk rendang. Masukan asam kandis bersama serai, lengkuas, semua rempah daun, kayu manis, dan cengkeh dalam tumisan bumbu halus. Masak bersama sampai harum.

4. Masak dengan api kecil

Tumis bumbu dengan api kecil, masukan juga santan, lalu masak dengan api kecil supaya santan tidak pecah. Kemudian masukan potongan ayam, masak dengan api kecil sampai santan menyusut. Memasak dengan api kecil akan membuat daging ayam menjadi empuk dan matang merata saat bumbu menyusut.

5. Tambahkan santan jika santan mulai mengering tapi daging belum empuk

Membuat daging ayam kampung empuk memang lebih alam dari ayam potong biasa. Tambahkan santan bila ayam belum cukup empuk sementara santan sudah mulai mengering.

Itulah cara membuat rendang ayam yang lezat tapi sederhana. Mudah dibuat, dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah untuk santapan bersama keluarga. Selamat mencoba!

Baca Juga : 10 Resep Ayam Khas Nusantara

Kalau ingin cepat namun tetap enak, gunakan panci presto. Tinggal campurkan bahan, tunggu beberapa saat, langsung matang merata dan lezat!

Image: Lazada

Contoh panci presto terbaik adalah Maxim Quattro Pressure Cooker yang dapat menghemat waktu hingga 50%. Dengan waktu memasak lebih cepat, kualitas, rasa, panas, serta nutrisi dari makanan pun akan tetap terjaga dengan baik.

Panci presto ini memiliki tutup dengan kaca, sehingga dapat digunakan untuk memantau proses memasak. Pengunci dari panci presto ini ada di bagian kanan dan kiri, menyatu dengan pegangannya yang anti-slip. Sangat aman dan mampu mengunci dengan baik. Keunggulan lainnya, bagian dalam dari panci diberi lapisan teflon berkualitas. Jadi, makanan tidak akan menempel dan berkerak.

Cara Membuat Rendang Ayam
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.5 (90%) 2 votes