Penulis : Niahappy

Labu siam sering sekali dijadikan sayur. Tapi, sebenarnya labu bukan termasuk sayuranmelainkan buah. Daging labu siam memiliki tekstur yang keras. Tapi, jika sudah direbus, teksturnya akan berubah menjadi lembut. Soal rasa, labu siam cenderung tawar sehingga cocok dijadikan sajian gurih atau manis. Labu siam sering diolah menjadi sayur bening. Namun, sebenarnya ada banyak olahan lainnya yang bisa dibuat. Nah, berikut ini aneka macam olahan labu siam yang bisa Anda coba:

1. Tumis Labu Siam

sayur labu siam

Labu siam atau biasa juga disebut labu jipang ini bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat. Harga yang cukup terjangkau dan rasa yang bersahabar membuat bahan ini sering dijadikan masakan, yang hadir di meja makan lebih dari sekali dalam seminggu. Sayur asem, lodeh, sayur santan, dan tumisan adalah beberapa contohnya. Resep kali ini akan menyajikan tumis labu siam yang simple dan lezat.

Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan ebi, sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukan labu siam, tempe, dan telur. Aduk hingga rata. Masukan air dan santan, aduk rata. Masukan sisa bahan lainnya. Masak hingga mendidih dan sayur labu siam berubah warna. Matikan api. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Labu Siam

2. Sayur Lodeh Labu Siam

Lodeh terong sedap

Sajian sayur bersantan ini sangat gurih, segar, tetapi rasanya ringan. Berbagai macam isian sayuran menjadi bahan utam adari sayur lodeh ini. Ada irisan kacang panjang, labu siam, wortel, terung, melinjo, dan jagung. Ditambah dengan irisan cabai, membuat sayur ini berpadu dengan rasa sedikit pedas. Semakin nikmat juga bila ditambahkan petai di dalamnya. Sangat lezat disajikan selagi hangat.

Bersihkan dan potong-potong semua sayuran. Tuangkan santan ke dalam panci, panaskan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Masukan bumbu halus ke dalam panci. Kemudian masukan terlebih dahulu sayuran keras, seperti jagung, wortel, melinjo, labu siam dan terung.

Bila kuah sudah mulai mendidih, masukan kacang panjang, daun melinjo, kembang tahu, irisan cabai, dan daun salam. Aduk sebentar sampai betul-betul mendidih. Lalu tambahkan garam dan gula secukupnya. Koreksi rasanya. Angkat. Sayur lodeh siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Sayur Lodeh 

3. Sayur Bening Labu Siam

Tak melulu bayam, labu siam juga lezat diolah menjadi sayur bening yang berbumbu ringan dan segar. Sayur ini juga bisa ditambahkan bahan lainnya yang berprotein, seperti telur puyuh, daging ayam, sosis, dan bakso.

Cuci bersih labu siam lalu potong bentuk kotak. Sisihkan. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Tuang air lalu masak hingga mendidih. Masukan labu siam. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masak hingga labu siam agak lembek. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sayur Bening

4. Sayur Bobor Labu Siam dan Bayam

Bobor bayam enak

Labu siam dan bayam tidak hanya lezat dibuat sayur bening, keduanya pun juga nikmat diolah menjadi sayur bobor. Bayam dan labu siam berpadu dengan kuah gurih santan, juga kencur yang semakin membuat nikmat cita rasanya.

Dalam satu panci, tuang santan dan lengkuas, gula, dan garam. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Aduk sesekali agar santan tidak pecah.

Masukan labu siam, masak sampai ¾ matang. Masukan bayam, aduk rata. Masak sampai semua sayuran matang. Masukan bayam, aduk rata. Masak sampai semua sayuran matang. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sayur Bobor

5. Sayur Asem Jawa Timur

Sayur asem jawa timur pedas

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung, labu siam, dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu cita rasanya yang cenderung pedas.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, rawit, dan garam sisihkan. Dalam panci, rebus kaldu hingga mendidih. Masukan nangka muda, jagung, labu siam, timun krai, dan kacang panjang.

Masukan bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan asam muda. Aduk rata. Masak hingga sayuran jadi setengah matang. Terakhir masukan kangkung dan kecambah. Aduk rata. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sayur Asem Jawa Timur