Penulis: Atsa

Olahan kerang dara merupakan salah satu masakan laut yang disukai banyak orang. Teksturnya lembut sedikit kenyal, dengan cita rasa khas laut bikin hidangan kerang dara sering sekali dicari. Nah, daripada mahal-mahal beli di rumah makan seafood, buat sendiri saja di rumah. Kerang dara bisa di kreasikan jadi beragam sajian yang sangat nikmat. Berikut beberapa ide kreasinya:

1. Kerang Dara Saus Padang

kerang saus padang lezat

Salah satu bumbu andalan untuk seafood yaitu saus padang. Olahan kerang dara dengan saus padang juga salah satu hidangan paling favorit. Kini Anda bisa membuatnya sendiri.

Cuci bersih kerang dara, lalu rendam dengan air garam dan perasan jeruk nipis selama 1 jam. Rebus kerang bersama daun salam. Setelah matang, tiriskan kerang dan dinginkan.

Tumis bawang irisan bombay, bawang putih geprek, jahe dan lengkuas yang dihaluskan. Tambahkan daun salam dan serai, masak hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus tiram, garam, gula, merica dan air. Masak sampai mendidih

Masukan kerang dan irisan cabai lalu aduk rata. Biarkan sebentar hingga saus meresap. Tambahkan irisan daun bawang, aduk sebentar sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Kerang Saus Padang

2. Kerang Dara Asam Manis

Kerang goreng istimewa

Jika cita rasa lauk asam manis adalah yang paling Anda suka. Maka resep kerang asam manis berikut harus Anda coba!

Rebus kerang bersama garam, jahe, dan air hingga cangkangnya terbuka, tiriskan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, saus tomat, saus sambal, saus tiram, kecap inggris, kecap manis, garam, gula, dan tambahkan sedikit air. Aduk dan masak koreksi rasanya.

Masukkan kerang, masak hingga bumbu meresap ke dalam kerang dan kuah menyusut. Tambahkan irisan daun bawang sebelum api dimatikan. Aduk sebentar dan sajikan.

Baca Juga: Resep Kerang Asam Manis

3. Kari Kerang Dara

Rebus kerang dalam air mendidih hingga matang dan cangkang membuka, angkat dan tiriskan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, lengkuas, lada butir, dan terasi bakar. Tumis bumbu halus tersebut. Tambahkan bubuk kari, serai dan daun jeruk hingga harum. Tuang santan, lalu masukkan kerang dan cabe rawit utuh, aduk merata. Tambahkan garam dan gula. Aduk kembali dan koreksi rasanya. Terakhir, masukkan daun kemangi dan masak sampai kuah mengental. Angkat dan sajikan.

4. Sate Kerang

sate kerang enak

Kerang dibuat jadi sate? Akan jadi lebih nikmat karena lebih mudah dimakan. Pertama, rebus kerang sampai terbuka lalu ambil dagingnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar dan jinten. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus dengan lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

Masukkan kerang dalam tumisan bumbu, lalu tambahkan air. Bumbui dengan garam, gula, dan air asam. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap serta air menyusut. Tusuk kerang dengan tusukan sate, lakukan hingga habis. Bakar sate kerang hingga kecoklatan dan mulai kering. Angkat dan siap disajikan.

5. Kerang Dara Saus Tiram

Terlihat begitu gurih dan lezat kan? Salah satu sajian kerang dara yang simpel dan lezat yaitu dengan saus tiram. Untuk membuatnya, pertama rebus kerang yg sudah dibersihkan hingga terbuka, lalu tiriskan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Kemudian, masukan kerang dan tambahkan sedikit air. Masukan saus cabai, saus tomat, saus tiram, kecap, merica, gula dan garam. Masak sampai matang dan koreksi rasanya.

6. Kerang Dara Kuah Asam Pedas

Kalau ingin yang segar berkuah, kerang dara kuah asam pedas harus Anda coba. Cuci bersih kerang, lalu rebus dalam air. Masukkan 2 lembar daun salam dan 1 batang serai. Masak sekitar 10-15 menit, buang air rebusannya, tiriskan kerang.

Tumis bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis sampai wangi, Masukkan irisan cabe rawit, cabe merah, kunyit, jahe, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata hingga matang.

Tambahkan air, lalu masukkan belimbing wuluh, tomat dan kerang. Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap. Koreksi rasanya, bila sudah pas matikan api. Siap disajikan!