Penulis: Niahappy

Bicara soal labu kuning, buah ini sangat hits di Negara barat terutama saat musim gugur tiba. Para petani dan home gardener berbondong-bondong memanen labu kuning mereka, yang nantinya buah ini dijadikan sup, tumisan, hingga kue. Nah, berikut ini beberapa resep olahan labu kuning manis gurih yang bisa jadi rekomendasi Anda memasak buah labu kuning ini!

1. Puding Labu Vla Santan

puding labu nikmat

Puding labu kuning tidak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan gizi. Makanan segar yang satu ini mudah sekali dicerna, bahkan jika Anda memiliki anak, puding labu sangat baik untuk pencernaan dan nutrisi mereka. Berikut cara membuat puding labu yang nikmat dan praktis. Makin lezat juga karena sajian vla santan.

Pertama-tama panaskan kukusan. Kupas labu serta buang bijinya, kukus sampai labu lunak, angkat lalu haluskan. Kocok telur, gula, garam, dan vanili hingga semua larut kemudian masukan labu dan santan aduk hingga rata. Tuang adonan dalam wadah tahan panas lalu kukus selama 30 menit.

Kuah santan: siapkan panci, masukan santan kental, daun pandan, garam, dan tepung maizena. Campur semua bahan lalu masak dengan api kecil sampai mengental. Sajikan puding dengan siraman vla santan.

Baca Juga: Resep Puding Labu

2. Kue Talam

Kue talam labu kuning legit

Kue talam banyak sekali variasinya. Salah satunya, kue talam pisang legit. Rasanya manis, teksturnya pun sangat legit. Sungguh menggugah selera!

Campurkan labu, tepung terigu, gula pasir, dan santan sedikit demi sedikit hingga larut dalam wadah. Masukan adonan ke dalam cetakan, kukus dalam kukusan yang sudah panas selama 15 menit atau setengah. Sambil mengukus, buat lapisan atas.

Caranya dengan mencmpurkan tepung terigu, gula pasir, tepung tapioka, dan santan sedikit demi sedikit. Aduk hingga semua larut. Kemudian tambahkan pewarna kuning, garam dan vanili bubuk. Angkat cetakan adonan bawah, lalu hilangkan uap panasnya.

Setelah itu, tuang lapisan atas. Kukus kembali selama 15-20 menit. Jika sudah matang semua, angkat kemudian tunggu dingin hingga uap panas hilang. Lepaskan dari cetakan dengan menggunakan lidi. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Kue Talam Labu Kuning

3. Kue Lumpur

Kue tradisional yang memiliki perpaduan cira rasa manis dan gurih ini, bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. Tekstur kuenya lembut dan legit, dengan bagian atasnya yang lebih lembut lagi dan agak basah. Resep asli kue ini menggunakan bahan kentang kukus yang dihaluskan. Namun, sudah banyak kreasi yang ada. Seperti kue lumpur pandan, pisang, tape, roti tawar, ubi ungu, dan kue lumur yang menggunakan labu kuning.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kupas dan bersihkan labu kuning. Kemudian kukus hingga empuk. Selagi panas, langsung haluskan labu kuning menggunakan garpu. Biarkan hingga dingin dan sisihkan.

Rebus santan bersama daun pandan hingga mendidih. Angkat lalu biarkan hingga dingin. Sisihkan. Kocok telur bersama gula pasir hingga lembut dan mengembang. Tambahkan garam dan vanili, sambil terus dikocok.

Tuang santan ke kocokan telur sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk rata. Masukan terigu dan labu sedikit demi sedikit secara bergantian, sambil terus diaduk rata. Tuangkan lelehan margarin dan parutan keju. Aduk rata. Panaskan cetakan kue lumpur di atas kompor. Olesi tipis dengan margarin.

Tuangkan adonan ke dalam cetakan sebanyak ¾-nya saja lalu tutup. Masak hingga setengah matang. Taburi dengan keju parut dan kismis. Tutup kembali kemudian masak hingga matang. Angkat lalu dinginkan. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Kue Lumpur Labu Kuning

4. Pie Labu Kuning/Pumpkin Pie

Pie adalah hidangan berbahan dasar adonan pastry yang dipanggang. Isian pie juga bisa bermacam-macam. Misalnya saja ayam, cokelat, maupun buah-buahan. Salah satu jenis pie yang terkenal adalah pumpkin pie. Yuk, coba buat!

Kulit Pie: Dalam wadah, aduk rata tepung terigu, garam, dan gula pasir. Masukan butter. Campur butter dengan bahan kering menggunakan garpu atau pie cutter sampai berbentuk butiran. Masukan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan. Tapi jangan sampai kalis. Setelah menjadi gumpalan, bungkus dengan plastic wrap. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Keluarkan adonan dari kulkas. Gilas dengan alat penggilas sampai ketebalan kira-kira 1 cm. Taruh kulit pie di cetakan lalu rapihkan sekelilingnya.

Isian: Panaskan butter hingga meleleh. Masukan labu yang sudah dihaluskan, susu cair, gula pasir, dan vanilla bubuk. Masak dengan api kecil sampai labu matang dan lunak. Masak sambil diaduk agar susu tidak pecah. Angkat dan biarkan hingga dingin.

Tuang bahan isian ke dalam cetakan yang sudah ditaruh kulit pie. Ratakan. Oles bagian atasnya dengan kuning telur. Panggang selama 30 menit hingga matang. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Apple Pie

5. Chiffon Cake Labu Kuning

Image: mykitch3n.blogspot.com

Chiffon cake merupakan  kue yang bersifat sangat ringan. Saat membuatnya, kita akan membuat dua tipe adonan tepung dan adonan busa (kocokan putih telur), yang kemudian akan dicampur jadi satu sesaat sebelum dipanggang.

Adonan Kuning Telur: Dalam satu wadah, aduk kuning telur dan gula kastor dengan balloon whisk hingga kental dan sedikit pucat. Masukan santan kental, labu yang sudah dihaluskan, minyak canola, aduk rata. Masukan tepung terigu sambil diayak. Aduk pelan hingga rata dengan whisk. Sisihkan.

Adonan Putih Telur: Dalam satu wadah lain, mikser putih telur dan garam hingga berbusa. Masukan gula kastor dalam 3 tahap. Mikser kembali adonan dengan high speed hingga adonan mengilap dan mulai kaku. Matikan mikser.

Masukan adonan putih telur ke adonan kuning telur dalam 3 tahapan. Aduk balik dengan spatula hingga jadi rata. Tuang adonan ke dalam loyang khusus chiffon ukuran 20 cm. Sebelumnya loyang tak perlu dioles apapun. Hentakan loyang perlahan untuk membuang kelebihan udara. Masukan dalam oven lalu panggang hingga matang selama 50 menit. Sesuaikan pula dengan oven Anda.

Keluarkan kue dari oven lalu langsung telungkupkan loyang, agar cake tidak kempis/susut/turun. Biarkan hingga dingin. Potong sesuai selera dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Chiffon Cake Pandan

6. Roti Sobek Labu Kuning

Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek. Roti ini tergolong praktis karena sering digunakan untuk mengganjal perut saat lapar melanda dan karena roti ini tidak mudah basi. Berbagai macam isian dapat divariasikan agar roti lembut ini semakin enak.

Dalam satu wadah besar, masukan tepung terigu, ragi instan, labu kuning yang sudah dihaluskan, margarin, dan susu bubuk. Aduk hingga rata. Masukan kocokan telur dan susu sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga kalis. Masukan garam dan margarin aduk kembali hingga kalis elastis. Bulatkan adonan lalu tutup wadah tersebut dengan serbet basah, diamkan hingga mengembang 2x lipat.

Siapkan loyang (20x10cm), alasi dengan kertas roti. Sisihkan. Ambil adonan yang sudah mengembang lalu kempiskan dan bagi menjadi 16 bagian sama besar. Isi tiap bagian adonan dengan selai cokelat atau sesuai serela Anda.

Taruh dan susun tiap bagian adonan ke dalam loyang. Beri jarak di antaranya. Diamkan lagi hingga adonan mengembang 2x lipat. Oles permukaannya dengan kuning telur. Panggang dalam oven selama 15 menit dengan suhu 170oC. Angkat dan dinginkan untuk dikeluarkan dari loyang. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Roti Sobek