Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Salah satu tantangan terbesar saya saat menyiapkan makanan sahur adalah bagaimana memilih makanan yang bisa membangkitkan selera makan keluarga saya. Karena seperti yang kita ketahui, kadang orang cenderung malas makan saat sahur. Maklum sih, sedang enak-enaknya tidur malah disuruh makan. Tapi saya tak mau kehabisan ide.

Sebisa mungkin saya mencoba mencari menu yang membangkitkan selera tapi tetap praktis dimasak. Nah, seringkali pilihan saya tersebut jatuh pada aneka olahan seafood. Selain cepat matang, seafood juga memiliki rasa gurih-manis yang lezat. Apalagi jika sudah tercampur dengan bumbu atau saus, rasanya pasti semakin nikmat.

1. Udang asam manis

udang asam manis

Udang asam manis memang tak pernah gagal memanjakan lidah. Dan ternyata, menu yang satu ini juga cocok lho dinikmati saat sahur. Cara membuatnya sangat praktis dan hanya memerlukan waktu masak yang singkat. Perpaduan antara daging udang yang juicy dan saus asam manis yang sangat menyegarkan dijamin bisa membangkitkan selera makan.

Coba resep: Udang Asam Manis

2. Cumi goreng tepung

Makan rasanya kurang lengkap tanpa adanya menu yang digoreng. Nah, cumi goreng tepung ini bisa dijadikan pilihan. Cumi yang sudah dibersihkan lalu diiris sehingga berbentuk cincin, setelah itu celupkan ke dalam adonan tepung dan goreng sampai matang. Tekstur cumi goreng tepung yang empuk di dalam dan renyah di luar pasti bisa membuat sahur anda menjadi lebih menyenangkan.

Coba resep: Cumi Goreng Tepung

3. Sup ikan patin

Jika anda ingin menu yang hangat dan berkuah, coba saja sup ikan patin. Selain rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang sangat lembut, ikan patin juga minim duri. Sehingga tidak ribet dan menyulitkan bila dijadikan menu sahur. Sajian ini juga kaya bumbu rempah sehingga anda tidak perlu khawatir akan aroma amis yang mungkin ada.

Coba resep: Sup Ikan Patin

4. Cumi saus tiram

cumi saus tiram istimewa

Selain diolah menjadi cumi goreng tepung, anda juga bisa mengolah cumi dengan bumbu saus tiram. Tak hanya enak dan gurih, cumi saus tiram juga sangat praktis, karena anda tidak perlu menambahkan bumbu penyedap lagi. Jadi waktu memasak anda pun menjadi semakin singkat.

Coba resep: Cumi Saus Tiram

5. Tumis kerang

Siapa bilang kerang tidak cocok dikonsumsi saat sahur? Jika anda bisa mengolahnya dengan benar, kerang bisa jadi menu yang lezat. Anda bisa menggunakan kerang dara, tiram, atau kerang hijau. Agar lebih mudah dimakan, pastikan anda pilih kerang yang sudah dikupas.

Coba resep: Tumis Kerang Pedas

Selain kaya nutrisi, menu-menu di atas pastinya sangat lezat. Dijamin deh keluarga anda akan langsung berselera dan semangat untuk makan sahur.

(Image: Lazada)

Supaya tetap segar saat akan dimasak, setelah dibeli, simpan seafood-seafood tersebut di wadah kedap udara seperti Tupperware Fresh Lime Collection (lihat di Lazada) kemudian masukkan ke dalam kulkas. Wadah dari Tupperware ini aman dan tahan dengan suhu dingin, kok. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan rusak.

5 Menu Seafood yang Praktis & Lezat Untuk Sahur
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)