Penulis: Niahappy

Enak, bergizi, menyehatkan, dan praktis? Hmm, apa ya? Ya, seafood! Olahan seafood dikenal mudah matang juga memiliki rasa gurih-manis yang lezat. Nah, cocok sekali bagi Anda yang super sibuk, tapi menginginkan makanan yang enak, sehat, dan bergizi. Berikut olahan seafood lezat dan praktis yang bisa Anda coba di rumah!

1. Tom Yam

Bahan dasar yang digunakan pada resep tom yam kali ini adalah udang, ikan kakap, dan bakso ikan. Tom yam seafood juga dilengkapi dengan aneka sayuran seperti wortel, jamur merang, dan kembang kol. Resep kali ini juga sangat istimewa karena dilengkapi dengan resep homemade pasta tom yam. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda tentu bisa membeli pasta tom yam instan yang banyak dijual di supermarket.

Pasta tom yam: giling halus semua bahan hingga membentuk tekstur pasta. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum, matang, dan menyusut jumlahnya. Sisihkan.

Kaldu udang: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum. masukan kulit dan kepala udang. Aduk hingga berubah warnanya. Tuangkan air dan masak hingga mendidih. Kecilkan api dan teruskan masak hingga 30 menit sambil panci ditutup. Setelah selesai, saring air kaldunya. Sisihkan.

Panaskan kembali kaldu udang dengan api sedang hingga mendidih. Masukan serai, daun jeruk, lengkuas, cabairawit, dan pasta tom yam. Masak selama 5 menit. Masukan jamur merang, wortel kembang kol, bakso ikan, udang, dan ikan kakap masak hingga matang. Masukan kecap ikan, garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk hingga rata. Sesuaikan rasanya.

Sajikan dalam mangkok. Beri perasan jeruk nipis dan taburi dengan irisan daun bawang dan ketumbar. Siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Tom Yam Seafood 

2. Seafood Bakar Kecap

cumi bakar

Aneka seafood memang paling enak jika dibakar dengan bumbu kecap. Salah satunya cumi. Tidak sulit membuat cumi bakar ala resto dengan penampilannya yang cantik. Agar dagingnya bisa mekar dan keriting saat dipanggang, Anda harus membuat beberapa keratin di sepanjang badan cumi.

Pertama bersihkan cumi-cumi dan buang tintanya. Cuci bersih. Kerat-kerat sepanjang badan cumi, tapi jangan sampai terputus. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit. Bilas kembali sampai bersih.

Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, dan jahe, sisihkan. Campur bumbu halus dengan kecap dan air asam jawa, aduk hingga rata. Campurkan dan lumuri seluru badan cumi dengan campuran bumbu, sambil sedikit diremas-remas. Diamkan di kulkas selama 30 menit agar bumbunya meresap.

Panaskan pan atau wajan datar. Olesi dengan margarin. Taruh cumi dan bakar hingga matang sambil sesekali dioles sisa bumbu dan dibalik. Angkat. Siap disajikan bersama sambal kecap.

Baca Juga : Resep Udang Bakar Kecap

3. Nasi Goreng Seafood

nasi goreng seafood

Nasi goreng memang menu yang selain praktis, juga cocok disandingkan dengan lauk apa saja. Salah satu yang jad favorit banyak orang adalah nasi goreng seafood. Nasi goreng seafood ini juga bisa jadi satu pilihan makanan yang menyenangkan. Rasanya pun pasti sangat enak.

Pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, dan garam. Jika suka, tambahkan cabai merah agar ada sedikit rasa pedas. Selanjutnya, cuci bersih cumi dan udang. Kemudian marinasi dengan perasan air jeruk nipis. Potong-potong, sisihkan.

Panaskan minyak, masukan margarin, aduk hingga meleleh. Masukan bawang bombai dan bumbu halus, tumis hingga wangi. Masukan udang dan cumi, aduk hingga berubah warna kemerahan, sisihkan di pinggir wajan. Masukan daun bawang dan telur, orak arik hingga matang, kemudian campur jadi satu dengan udang dan cumi. Masukan nasi, kecap manis, kecap ikan, saus tomat, merica, dan kaldu bubuk. Aduk semua hingga tercampur merata dan matang. Angkat. Sajikan bersama kerupuk dan acar.

Baca Juga : Resep Nasgor Seafood

4. Seafood Asam Manis

udang asam manis

Seperti namanya, sajian asam manis memadukan cita rasa asam dan manis yang segar bila disantap. Saus asam manis ini bisa dibuat dengan mudah dari saus tomat botolan. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih asam dan pekat, kamu juga bisa membuatnya dari pure tomat yang banyak dijual dalam kemasan kaleng.

Sementara itu, untuk rasa yang lebih alami, Anda bisa membuatnya dari buah tomat segar yang direbus hingga empuk, kemudian diblender dan disaring. Berbagai bahan utama seafood juga cocok bersanding dengan saus ini, seperti ikan, cumi, udang, kepiting hingga lobster.

Bersihkan udang, buang kepalanya lalu kerat punggungnya dan keluarkan kotorannya. Cuci udang di bawah air mengalir. Taruh udang dalam wadah, kucuri dengan garam. Sisihkan.

Dalam wadah, masukan saus tomat, saus sambal, kecap manis, air, garam, gula, dan merica lalu aduk hingga rata. Sisihkan. Panaskan 1 sdm butter lalu tumis udang hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan. Panaskan 2 sdm butter. Tumis bawang bombai hingga harum. Masukan campuran bumbu. Masak hingga mengental. Koreksi rasanya. Masukkan udanng dan daun bawang. Aduk aduk dan masak sebentar. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Udang Asam Manis

5. Mie Aceh Seafood

Mie aceh goreng sedap

Pedas. Itulah kesan pertama saat makan mie Aceh. Konon mie Aceh adalah masakan peranakan dari banyak budaya. Mie dari tiongkok, kari dari India, daging sapi, dan kambing dari budaya timur tengah, dan semuanya bertemu dalam satu hidangan khas serambi Mekkah.

Pertama, cuci bersih udang dan cumi. Marinasi dengan perasan air jeruk nipis dan bawang putih, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, kapulaga, jinten, dan adas manis, sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus hingga harum. Masukan udang dan cumi. Aduk rata. Masukan taoge, kol, dan tomat. Aduk rata dan masak hingga layu. Masukan mie kuning, daun salam, dan air. Aduk rata.

Tambahkan kecap, cuka, kaldu bubuk, merica, dan garam. Aduk rata dan masak hingga airnya menyusut. Koreksi rasanya. Terakhir, masukan daun bawang dan seledri sesaat sebeum diangkat. Angkat. Siap disajikan bersama acar timur dan kerupuk emping.

Baca Juga : Resep Mie Aceh Seafood

6. Mie Goreng Seafood

mie goreng seafood istimewa

Pada resep kali ini, kreasi mie yang akan dibahas adalah mie goreng seafood. Jika biasanya mie goreng yang dijual menggunakan potongaan daging ayam dan sosis, mie goreng kali ini akan menggunakan udang, cumi, serta bakso ikan. Untuk membuatnya, diperlukan bumbu-bumbu seperti kecap inggris, kecap manis, cabai, dan bawang putih.

Panaskan minyak. Tumis bawang dan jahe hingga harum. Masukan udang dan cumi. Aduk dan masak hingga matang. Masukan wortel, sawi, cabai merah, dan daun bawang. Aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk rata. Tuang kecap manis dan saus tiram. Aduk rata. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

BAca Juga : Resep Mie Goreng Seafood

7. Pasta Seafood

Rebus pasta sampai aldente, tiriskan.Panaskan wajan, lelehkan butter. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai wangi. Masukan udang dan kerang, aduk sampai udang matang atau berubah warna. Tambahkan parsley, oregano, gula, garam, dan merica. Aduk rata. Masukan pasta dan saus instan (sesuai selera saya pakai la fonte hot spicy tuna), cooking cream, dan air sisa rebusan pasta. Aduk rata. Masukan keju parmesan, aduk kembali. Matikan kompo, angkat dan sajikan bersama taburan lada hitam, keju parmesan, dan oregano.

8. Seafood Kimchi

Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan wotel sampai layu. Masukan kimchi instan dan tumis sampai wangi langunya hilang. Tambahkan baso ikan, sosis, dan odeng. Aduk rata. Masukan bawang putih cincang, tambahkan sedikit air. Masak hingga air mendidih. Masukan kerang dan cumi. Masak hingga matang. Taburkan daun bawang. Matikan kompor, angkat, dan sajikan.