(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Mengajarkan puasa pada anak-anak memang baik. Tapi kadang yang menjadi masalah adalah sulitnya mengajak mereka untuk makan sahur. Selain karena tak terbiasa bangun pada dini hari, rasa kantuk juga membuat anak-anak tak berselera makan. Membedakan menu sahur untuk dewasa dan anak-anak bisa anda coba jadi solusi. Anak-anak biasanya lebih bisa menerima menu makanan yang tak memakai aneka bumbu dan rempah, namun tetap enak dan menarik. Berikut ini ada beberapa referensi menu sehat dan lezat yang bisa anda buat agar si kecil bersemangat saat makan sahur.

1. Chicken Katsu

Menu yang satu ini memang sangat sederhana pembuatannya, tapi pasti sangat disukai oleh anak-anak. Gurihnya daging ayam yang dibalut dengan tepung panir menciptakan tekstur yang crunchy di mulut. Agar tampilannya lebih menarik, anda juga bisa memberi hiasan berupa salad sayur yang ditambah mayonaise. Anda bisa membuat chicken katsu ini dari jauh-jauh hari dan menyimpannya di dalam freezer, sehingga saat sahur anda hanya tinggal menggorengnya saja. Simpel dan praktis!

2. Kroket Isi

Kroket isi ini terlihat sederhana, tapi sebenarnya mengandung gizi yang lengkap untuk anak-anak. Kulitnya terbuat dari kentang rebus yang bisa dijadikan pengganti nasi, sedangkan isinya sendiri terbuat dari campuran ayam dan sayur. Sangat cocok disajikan bagi anak yang susah makan sayur. Anda juga bisa menambahkan irisan batang keju di dalamnya agar lebih kaya rasa dan gizi. Tesktur luarnya yang renyah dengan keju lumer di dalamnya pasti membuat anak anda ingin makan lagi dan lagi.

Sama seperti sebelumnya, anda juga bisa menyetok kroket ini di dalam freezer dan tinggal menggorengnya saja saat akan dimakan.

3. Lasagna

Salah satu alternatif menu yang pastinya sangat disukai anak-anak. Lasagna memiliki cita rasa yang lembut penuh saus. Topping lelehan keju mozarella berpadu nikmat dengan pasta dan daging cincang di bawahnya.  Selain nikmat, cara membuat lasagna pun cukup mudah. Anda bisa mencicil membuat sausnya jauh-jauh hari. Sehingga saat waktu sahur tiba, anda hanya perlu menyusun semua bahan berlapis-lapis dalam wadah dan memanggangnya dengan oven atau microwave. Tunggu sampai matang dan lasagna yang lezat pun siap disajikan untuk anak anda.

4. Spagetti Bolognaise Bola Daging

Anak anda suka makan spaghetti? Berarti menu yang satu ini wajib anda coba. Berbeda dari menu spaghetti lainnya, spaghetti ini memiliki topping berupa bola-bola daging yang tak hanya nikmat, tapi juga kaya protein. Apalagi jika dipadukan dengan kenyalnya spaghetti dan lezatnya saus bolognaise. Makanan anak anda di piring pasti tandas tak bersisa. Karena membuat meatballs dan saus bolognaise cukup memakan waktu, sebaiknya anda membuatnya hari kemarin. Saat sahur anda hanya perlu menghangatkan dan mencampur/menumisnya bersama spaghetti.

5. Nugget Tahu

Tahu merupakan sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Tapi biasanya, tahu hanya disajikan dengan cara digoreng atau ditumis, sehingga kurang menarik bagi anak-anak. Tapi dalam menu ini, tahu dibuat menjadi nugget yang pastinya sangat disukai anak-anak. Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Sekilas rasanya pun mirip dengan daging.

Penambahan serutan wortel dalam nugget tahu ini juga bisa menyiasati buah hati yang susah makan sayur. Agar lebih praktis, anda bisa membuat nugget tahu dalam jumlah banyak dan menyimpannya di freezer. Sewaktu-waktu anda tinggal menggorengnya saat akan disajikan.

6. Dori Saus Lemon

Biasanya ikan dori disajikan dengan cara ditepung dan digoreng, tapi dalam resep ini, ikan dori diolah dengan cara dipanggang. Yang menarik, saus yang digunakan adalah saus lemon. Rasa sausnya yang gurih dan sedikit asam dijamin membuat nafsu makan si kecil meningkat. Penambahan baby potato dalam resep ini juga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat si kecil, sehingga anak anda akan tercukupi energinya agar kuat menjalani ibadah puasa.

Dengan menu-menu di atas (diklik tiap judul untuk resep), dijamin deh, si kecil pasti makan sahur dengan lahap! Tak ada lagi alasan untuk tidak sempat masak & makan sahur. Selamat mencoba!