Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Seringkali, kita kerepotan saat menyiapkan menu sahur untuk keluarga karena waktu memasak yang terbatas. Kadang, anda memasak makanan instant yang sekadar asal kenyang dan memberikan energi untuk puasa. Padahal, pemilihan makanan saat sahur sangat berpengaruh dalam menunjang aktifitas anda sekeluarga. Saya sendiri selalu berusaha mengolah masakan yang cepat dan praktis, tapi tetap bergizi untuk keluarga saya. Dengan menu yang bervariasi agar mereka tidak bosan.

Nah, saya punya sedikit tips yang biasa saya terapkan saat sahur agar anda bisa menyapkan menu sahur yang cepat untuk keluarga:

1. Siapkan bumbu dasar

Menyediakan bumbu dasar seperti bumbu merah, bumbu putih, dan bumbu kuning di dapur akan membuat waktu memasak anda saat sahur lebih efisien. Misalnya jika anda tiba-tiba ingin memasak makanan dengan bumbu balado atau bumbu rica-rica, anda hanya tinggal menyiapkan bahan lain karena bumbu sudah siap ditumis.

2. Masak lauk dalam jumlah banyak

Jika anda tidak punya waktu untuk memasak saat sahur, poin ini bisa anda terapkan. Anda bisa memasak lauk dalam jumlah banyak pada hari sebelumnya, sehingga saat sahur anda hanya perlu menghangatkan lauk tersebut tanpa perlu repot-repot memasak menu lain.

3. Pilih menu makanan praktis

Karena waktu untuk menyiapkan makanan sahur sangat singkat, anda bisa menyiapkan menu makanan yang praktis agar lebih efisien. Menu seperti aneka tumisan, ayam atau ikan goreng, dan sup bisa anda coba. Sebaliknya, hindari memasak makanan yang butuh waktu pengolahan lama seperti gulai kari atau rendang saat sahur, karena waktunya tidak akan cukup.

4. Sediakan lauk kering yang tahan lama

Makanan kering seperti dendeng, abon, kering tempe, kering kentang, dan aneka keripik menjadi makanan yang wajib ada sebagai stok saat bulan puasa. Selain tahan lama dan sangat praktis karena tidak perlu dimasak lagi, makanan-makanan tersebut bisa sangat membantu jika sewaktu-waktu anda bangun terlambat dan tak sempat memasak untuk sahur.

5. Sajikan menu one dish meal

One dish meal atau makanan sepinggan sangat cocok untuk menu sahur. Selain praktis, one dish meal juga sehat karena dalam satu porsinya mengandung campuran aneka bahan makanan sehingga lengkap gizinya. Sajian ini sudah cukup dimakan langsung tanpa tambahan nasi atau lauk lainnya. Contoh menu one dish meal yang bisa anda buat antara lain: nasi goreng, mie goreng, capcay, dan kwetiaw.

6. Simpan frozen food

Frozen food adalah makanan olahan beku yang tinggal digoreng saat akan dikonsumsi. Selain praktis, frozen food juga memiliki jenis yang bervariasi seperti sosis, bakso, katsu, nugget, tempura, fish stick, dan crab stick. Biasanya, frozen food menjadi favorit anak-anak karena teksturnya yang renyah dan rasanya pun enak, apalagi jika dicocol saus tomat atau mayonaise. Meski begitu, usahakan untuk tidak mengonsumsi frozen food yang anda beli jadi (siap masak) setiap hari, ya. Oleh sebab itu, ayo buat frozen food anda sendiri!

Meskipun masakan cepat dan praktis, pastikan anda tetap memperhatikan kandungan gizi dalam makanan yang anda buat, agar puasa dan aktivitas anda tetap lancar sampai waktu berbuka. Dan usahakan untuk mengonsumsi makanan instant atau cepat saji sesekali saja saat sedang dalam keadaan darurat.