Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

One dish meal atau makanan sepinggan adalah paket komplit dalam satu porsi. Anda bisa mendapati bahan karbo, lauk berprotein dan lemak, serta sayur-sayuran lengkap dalam satu piring. Selain mengenyangkan, sajian ini juga bergizi lengka sehingga baik dikonsumsi. Nah, menu one dish meal yang paling sering saya buat adalah nasi goreng sapi. Favorit banget pokoknya.

Apalagi kalau lengkap dengan kerupuk, wah, saya bisa sampai dua kali nambah saking nikmatnya! Menu one dish meal ini sangat cocok bagi anda yang ingin memasak cepat dan praktis, tapi tetap bergizi. Di bawah ini beberapa menu one dish meal yang bisa anda coba untuk sahur di bulan puasa.

1. Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia yang cocok dimakan kapan pun, termasuk saat puasa. Selain cepat membuatnya, nasi goreng juga mengandung gizi yang lengkap, karena terbuat dari campuran berbagai bahan. Ingat ya, sebaiknya anda buat tak terlalu pedas agar tak membuat perut mules dan tidak nyaman saat puasa.

Nasi goreng sapi

Nasi yang ditumis bersama aneka bumbu, saus tiram, dan irisan daging sapi membuat nasi goreng ini memiliki citarasa yang gurih. Selain itu, penambahan wortel dan kacang polong memberikan tekstur renyah dalam nasi goreng ini. Aroma harum dari nasi goreng ini dijamin mengundang selera makan!

Nasi Goreng Teri

Jika anda bosan dengan daging, anda juga bisa kok membuat nasi goreng teri. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menumis bumbu, telur, nasi, dan juga teri goreng kering. Meskipun sederhana, tapi rasa sajian ini sangat nikmat. Apalagi jika disajikan dengan irisan tomat, mentimun, dan juga kerupuk. Perhatikan penambahan garam ya, sebab terinya sudah memberi rasa asin.

2. Mie

Bosan makan nasi? Tak ada salahnya sesekali makan mie. Mie bisa disajikan kuah atau goreng, sesuai selera. Yang pasti, rasanya pasti nikmat! Berikut resep mie yang bisa anda coba buat.

Mie godog jawa

Mie kuah yang satu ini merupakan makanan khas Jogjakarta. Terbuat dari campuran mie, telur, daging ayam, sawi hijau dan juga kol. Penambahan berbagai bumbu dalam kuah kaldunya membuat rasa mie ini cukup kuat. Sajikan bersama taburan bawang goreng dan acar agar rasanya lebih nikmat.

Mie goreng aceh

Mie aceh terkenal dengan rasanya yang penuh rempah dan nikmat. Terbuat dari campuran mie kuning basah, cumi, udang, toge, dan kol yang ditumis bersama aneka bumbu. Tambahkan kecap manis pada sentuhan terakhir agar rasanya lebih gurih. Lengkap rasanya jika mie goreng aceh ini tersaji bersama acar dan emping.

3. Kwetiau

Jika anda tidak suka mie, anda bisa coba membuat kwetiau. Tekstur kwetiaw yang kenyal akan terasa sangat nikmat jika dipadukan dengan bahan-bahan tambahan lain. Ini dia dua resep kwetiau yang pastinya sayang jika anda lewatkan begitu saja.

Kwetiau kuah

Kwetiau kuah paling pas disantap kala cuaca dingin, yang artinya tepat sekali tersaji untuk makan sahur. Kuahnya yang gurih dijamin membuat anda ketagihan. Campuran daging sapi, bakso ikan, sawi, wortel dan telur yang berpadu dengan kenyalnya kwetiau membuat rasa makanan ini menyatu dengan sempurna.

Kwetiau goreng sapi

Selain dimasak kuah, kwetiau juga enak dimasak goreng. Apalagi jika dicampur dengan daging sapi, telur, sawi dan tauge. Rasanya pasti semakin nikmat. Jika suka tauge yang bertekstur renyah, anda bisa memasukkannya terakhir kali sebelum diangkat.

4. Capcay

Capcay merupakan menu one dish meal yang gizinya sangat komplit. Dalam seporsi capcay, anda bisa menemukan berbagai bahan makanan seperti kol, kembang kol, sawi, wortel, jagung muda, daging ayam, udang, jamur kancing, sampai bakso ikan. Cara membuatnya mudah. Anda hanya perlu menumis bawang putih sampai wangi, kemudian masak bahan hewani terlebih dahulu, baru masukkan sayuran dimulai dari yang terkeras sampai mudah matang. Masak capcay dengan api besar agar cepat matang namun tidak membuat sayurannya layu dan hilang kerenyahannya.

Menu-menu di atas pastinya akan sangat membantu anda dalam meringkas waktu memasak. Menu alternatif ini juga tak kalah lezat dibandingkan makan sahur bersama nasi dan aneka lauk seperti biasanya. Selamat mencoba!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi