Penulis: Windy

Berbagai macam-macam tepung beredar di pasaran. Satu dari banyak tepung yang paling sering dipilih dan dijadikan bahan utama kudapan atau minuman adalah tepung hunkwe.

Selain bisa diolah menjadi berbagai kudapan dan minuman segar, anda juga bisa membuat tepung hunkwe sendiri, lho.

Apa Itu Tepung Hunkwe?

Tepung hunkwe merupakan tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Warnanya putih, beraroma harum dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tepung terigu. Kalau dijadikan adonan, tepung ini akan menghasilkan adonan yang lentur dan kenyal.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Tepung Yang Ada di Indonesia

Bagaimana Cara Membuatnya Sendiri?

Mudah sekali membuat tepung hunkwe sendiri di rumah. Pertama, anda harus menyiapkan kacang hijau yang siap pakai sesuai takaran anda. Lalu rendam kacang hijau selama 24 jam dengan perbandingan air 4 kali dari berat kacang hijau.

Setelah 24 jam kacang direndam, buang airnya dan cuci hingga bersih. Saat mencuci, remas-remas kacang agar kulitnya terlepas sempurna. Kemudian sangrai kacang hingga kering dan haluskan.

Haluskan dengan blender atau tumbuk secara tradisional. Setelah seluruh kacang sudah halus, saring tepung dengan ayakan. Kalau masih ada kacang yang tersisa, haluskan kembali dan saring. Terakhir, simpan tepung di wadah kedap udara agar tahan lama.

Aneka Olahan dari Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe bisa dibuat menjadi berbagai olahan makanan lho. Tepung hunkwe akan menghasilkan kue manis dan minuman segar.

1. Kue Lapis

Banyak sekali variasi kue lapis, salah satunya adalah kue lapis tepung hunkwe. Berbeda dengan kue lapis yang menggunakan tepung terigu, dengan tepung hunkwe teksturnya lebih kenyal seperti agar-agar. Kue ini sangat cocok disajikan untuk arisan ataupun acara lainnya.

Coba resepResep Kue Lapis Hunkwe

2. Kue Cente Manis

Kue cente manis atau kue cantik manis ini banyak disukai anak kecil maupun dewasa. Sesuai namanya, kue basah ini penampilannya sangat cantik dan rasanya manis. Bahan utama kue ini adalah tepung hunkwe yang dicampur dengan pacar cina. Tekstur kue ini lembut dan empuk, mirip seperti puding.

Coba resep: Resep Cente Manis

3. Es Gabus

es gabus

Es gabus merupakan salah satu jajanan jadul generasi 90an. Karena sudah jarang yang menikmatinya, maka jajanan jadul ini sudah susah didapatkan. Es gabus terbuat dari tepung hunkwe, susu, dan pasta makanan. Tekstur es ini sangat lembut dan agak sedikit kenyal.

Coba resep: Resep Es Gabus

4. Es Selendang Mayang

Selendang mayang segar

Minuman tradisional yang segar khas betawi ini adalah paduan isian kenyal warna-warni yang disiram kuah santan dan saus gula. Nama “selendang” pada namanya berasal dari meriahnya warna-warni yang jadi isian es dari tepung hunkwe. Sementara “mayang” adalah pada arti manis dan kenyal.

Coba resep: Resep Es Selendang Mayang

5. Es Cendol Dawet

es cendol

Es cendol dawet adalah minuman es yang paling cocok kalau diminum saat terik matahari. Es cendol dawet ini terbuat dari bahan dasar campuran tepung hunkwe dan tepung beras yang diberi warna hijau dari pasta pandan. Untuk meningkatkan rasa manisnya, biasanya es cendol dawet ditambahkan sirup gula merah.

Coba resep: Resep Es Cendol Dawet

Tepung hunkwe sedikit berbeda ya dengan tepung lainnya dari segi teksturnya. Walau berbeda, banyak juga ya olahan yang dihasilkan. Jadi, mana yang akan anda buat dulu? Sepertinya es cendol dawet segar sekali ya. Selamat mencoba!

Mengenal Tepung Hunkwe
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 1 vote