(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain tepung terigu, tepung beras juga sering digunakan untuk membuat aneka makanan seperti bubur dan aneka kue tradisional. Sesuai namanya, tepung beras terbuat dari beras yang dihaluskan dan dikeringkan sampai menjadi butiran-butiran halus. Agar bisa awet, anda harus simak tips menyimpannya berikut ini.

1. Hindari mencampur tepung beras lama dengan yang baru

Mungkin poin pertama ini sering tidak diperhatikan oleh anda. Saat akan menyimpan tepung beras, anda mencampur beberapa tepung beras begitu saja ke dalam satu wadah. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak baik. Karena akan membuat tepung anda tidak tahan lama dan cepat rusak. Jadi sebaiknya simpan tepung beras sesuai tanggal pakainya secara terpisah. Atau habiskan dulu yang lama sebelum membuka tepung beras kemasan baru.

2. Pastikan menyimpan tepung beras dalam wadah tertutup

Setelah kemasan tepung beras dibuka dan tepung beras tidak akan digunakan lagi, sebaiknya anda langsung menyimpan sisa tepung beras tersebut ke dalam wadah. Pastikan anda menggunakan wadah tertutup yang kedap udara agar tepung tidak rusak. Atau anda juga bisa tetap membiarkan tepung beras dalam wadah aslinya, dengan catatan pastikan wadah benar-benar bisa tertutup dengan sempurna.

3. Simpan wadah tepung beras dalam tempat yang kering dan bersih

Simpan wadah tepung beras tadi di tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan tepung beras di tempat yang lembab atau kotor karena akan membuat tepung cepat berjamur dan juga berkutu. Jauhkan juga tepung dari sinar matahari langsung.

4. Simpan tepung beras di dalam kulkas

Jika ingin lebih aman, anda juga bisa kok menyimpan tepung beras di dalam kulkas. Jika anda tidak akan menggunakan tepung beras dalam waktu dekat, anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Suhu dingin bisa membantu mencegah kutu berkembang. Tapi jika anda akan menggunakan tepung beras tersebut dalam waktu dekat, simpan tepung beras di chiller dan jauhkan dari bahan makanan yang basah dan juga berbau tajam.

5. Hindari menyimpan tepung beras terlalu lama

Meskipun termasuk ke dalam bahan kering yang tahan lama, bukan berarti anda bisa menyimpan tepung beras terlalu lama. Karena hal tersebut akan mengurangi kualitasnya yaitu bau dan rasa pun bisa berubah. Dan tentunya hasil masakan anda pun jadi kurang maksimal. Sebaiknya gunakan tepung beras maksimal 6 bulan setelah dibuka. Jika lebih dari itu, sebaiknya buang tepung beras anda dan ganti dengan yang baru.

Jika sudah menyimpan dengan benar, maka tak perlu khawatir lagi tepung beras anda akan berubah rasa, aroma, bahkan berjamur dan berkutu. Selamat mencoba!