Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Anda mungkin sering bingung saat menemukan bungkus tepung di dapur. Sementara yang diingat hanya pernah membeli tepung sagu dan tapioka. Duh, yang mana tepung sagu dan yang mana tepung tapioka ya?

Mungkin anda juga bingung dalam membedakan kedua tepung tersebut. Memang dari tampilan sedikit sulit untuk membedakannya. Tapi kedua tepung ini jelas sekali berbeda. Yuk, simak ciri dan perbedaannya di bawah ini, supaya tidak salah pakai.

1. Bahan asal

Tepung sagu dan tapioka sama-sama kategori ‘pati’ yang berarti bebas gluten. Cocok dikonsumsi bagi yang berdiet gluten-free ataupun menderita celiac disease. Meski mirip, perlu diingat bahwa keduanya berasal dari bahan yang berbeda. 

Tepung sagu terbuat dari pohon sagu, sementara tepung tapioka terbuat dari singkong. Tepung sagu adalah hasil proses pengeringan dari endapan bagian tengah pohon sagu yang sebelumnya telah dihaluskan dan dicampur air. Sedangkan tepung tapioka atau tepung kanji adalah hasil pengeringan dari pati singkong.

2. Kenampakan

Tepung sagu memiliki warna putih susu dengan tekstur yang garing dan kesat. Sedangkan tepung tapioka berwarna putih bersih dengan tekstur yang licin.

3. Kegunaan dalam masakan

Tepung sagu dan tapioka sama-sama berfungsi untuk memberikan tekstur kenyal pada olahan basah dan tekstur renyah pada olahan kering.

Tepung sagu biasa digunakan dalam adonan pempek, bakso, siomay, kue sagu keju, dan selendang mayang. Sementara itu, tepung tapioka sering digunakan untuk membuat cireng, kerupuk, rempeyek, dan ronde. Karena warnanya bening, tepung tapioka juga sering dijadikan bahan pengental dalam aneka tumisan.

(Klik sini untuk lihat produk di Lazada)
Blender PHILIPS 2115 sangat sempurna untuk membantu Anda mengolah bahan – bahan makanan. Berkapasitas hingga 2 liter, dilengkapi dengan 4 mata pisau ultra-sharp yang tajam, panjang, dan anti karat. Mampu memotong dan memblender buah, sayur, bumbu, hingga daging dengan sempurna dan merata. Lima tombol multiple speed membantu dalam memblender dalam berbagai kecepatan sesuai dengan bahan yang perlu dihaluskan. Dilengkapi dengan safety lock (kunci pengaman) dan tahan pecah, dijamin aman saat memblender.

4. Kondisi di pasaran

Tepung tapioka bernilai lebih ekonomis dan mudah didapatkan. Mulai dari kemasan curah tanpa label hingga dalam kemasan bermerek seperti Rose Brand, Cap Tani, Gunung Agung, dan Cincin Mas.

Karena sifat-sifatnya di atas, tepung tapioka/kanji sering digunakan sebagai pengganti tepung sagu. Namun tetap saja ada beberapa olahan yang memiliki hasil terbaik bila memakai tepung sagu seperti kue sagu keju dan pempek. Jadi kembali lagi, sesuaikan jenis tepung dengan olahan yang akan anda buat, ya!