Resep Kue Lapis Hunkwe

Resep Kue Lapis Hunkwe

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung hunkwe - 150 gram
Tepung terigu - 100 gram
Gula pasir - 125 gram
Santan, dari 1 butir kelapa - 750 ml
Garam - 1/2 sdt
Vanili - 1/2 sdt
Pasta pandan - 1/2 sdt
Pasta coklat - 1/2 sdt
Minyak sayur, untuk olesan - secukupnya

Resep Kue Lapis Hunkwe

  • 50 Menit
  • Hasil: 5 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Sedang

Ingredients

Catatan

Share

IG:@genikayu

Ada berbagai jenis kue lapis yang bisa kita buat di rumah. Salah satunya resep kue lapis hunkwe ini. Kue lapis ini berbeda dengan kue lapis lainnya seperti kue lapis surabaya atau kue lapis legit yang menggunakan tepung terigu. Sesuai namanya, kue ini menggunakan tepung hunkwe sebagai bahan dasarnya, yang merupakan tepung dari kacang hijau.

Lapis hunkwe punya tekstur berbeda dibanding kue lapis lainnya, yakni agak kenyal seperti agar-agar. Kue lapis ini paling enak disajikan sebagai kudapan saat arisan, kumpul keluarga, atau acara perkumpulan lainnya. Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis.

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Langkah

1
Sudah

Dalam wadah, campur santan bersama gula, garam, dan vanili. Aduk sampai gula larut sempurna.

2
Sudah

Masukkan tepung hunkwe dan terigu. Aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil.

3
Sudah

Bagi adonan jadi 3 bagian. Satu bagian beri pasta pandan dan aduk hingga rata. Satu bagian beri pasta coklat dan aduk hingga rata. Satu bagian sisanya, biarkan berwarna putih.

4
Sudah

Panaskan panci kukusan/dandang di atas kompor.

5
Sudah

Siapkan loyang dan oles dengan minyak. Ambil 1 sendok sayur adonan warna coklat dan tuang ke dalam loyang. Masukkan loyang ke dalam panci kukusan dan kukus dalam keadaan tertutup selama 5 menit.

6
Sudah

Ambil 1 sendok sayur adonan warna putih dan tuang ke dalam loyang, di atas lapisan hijau. Tutup panci dan lanjutkan mengukus selama 5 menit.

7
Sudah

Ambil 1 sendok sayur adonan warna hijau dan tuang ke dalam loyang, di atas lapisan coklat. Tutup panci dan lanjutkan mengukus selama 5 menit.

8
Sudah

Lakukan langkah 5-6-7 secara berulang dan berselang-seling hingga semua adonan habis. Terakhir kali, kukus kue selama 15 menit hingga matang.

9
Sudah

Angkat loyang dan biarkan hingga dingin, baru keluarkan kue dari loyang. Iris kue dengan ketebalan sesuai selera.

10
Sudah

Siap disajikan.

11
Sudah

TIPS

1. Kukus adonan menggunakan Tupperware Steam It (lihat di Lazada DISKON) yang terdiri dari 2 susun, sehingga anda dapat mengukus dalam jumlah banyak sekaligus tanpa saling tindih. Panasnya pun merata, sehingga tingkat kematangan setiap lapisan akan sempurna.

2. Biarkan suhu kue turun dulu sebelum dikeluarkan dari loyang. Hal ini dilakukan supaya kue set, mengeras, dan tidak hancur ketika dikeluarkan dan diiris.

pepes ikan
previous
Resep Pepes Ikan Kembung
next
Resep Nagasari
pepes ikan
previous
Resep Pepes Ikan Kembung
next
Resep Nagasari

Add Your Comment