Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Makanan sunda itu memang sangat khas, beragam, dan enak. Saya pun tidak pernah bosan tiap hari menyantapnya. Apalagi jika sudah ketemu sambalnya. Wah, porsi makan saya bisa menjadi 2 kali lipat! Habis mau bagaimana lagi, sangat sulit menolak makanan sunda yang enak semuanya. Nah, bagi anda yang berencana untuk makan di rumah makan sunda, berikut saya berikan referensi agar nanti anda tidak bingung ketika memesan. Berikut daftar makanan tersebut khusus untuk anda!

1. Sayur asem

Salah satu makanan khas yang selalu berada dalam daftar menu rumah makan sunda adalah sayur asem. Kuah sayur asem yang asin, gurih, pedas, dan asam terasa sangat menyegarkan. Selain itu, sayur asem juga sangat bergizi karena terbuat dari beberapa sayuran seperti belimbung wuluh, kacang panjang, daun melinjo, labu siam, kacang tanah, dan jagung manis.

2. Ikan asin

Selain sayur asem, ikan asin juga menjadi salah satu makanan wajib di rumah makan sunda. Rasa ikan asin yang gurih dan teksturnya yang renyah sayang jika dilewatkan begitu saja. Biasanya, ikan asin yang ditawarkan di rumah makan sunda adalah ikan asin peda, ikan asin jambal roti, ikan asin gabus, sampai cumi asin.

3. Pepes

Pepes memang tak pernah gagal membuat air liur menetes. Apalagi pepes yang disajikan di rumah makan sunda. Ada beberapa variasi pepes yang bisa anda coba seperti pepes ikan, ayam, tahu, sampai pepes jamur yang bisa disesuaikan dengan selera anda.

4. Ikan goreng

Selain ikan asin, anda juga bisa mencoba ikan goreng saat berkunjung ke rumah makan sunda. Biasanya ikan yang digunakan adalah jenis ikan air tawar seperti ikan gurame, nila, mas dan mujaer. Tekstur ikan goreng yang renyah di luar juga lembut di dalam pasti membuat anda ketagihan.

5. Karedok

Selanjutnya, ada karedok yang siap menambah kenikmatan makan anda. Anda bisa memilih karedok kacang panjang atau karedok leunca. Dua-duanya sama-sama menggunakan bumbu terasi yang asin, gurih, pedas.

6. Tumis

Tak hanya sayur asem saja, anda juga bisa menikmati sayuran di rumah makan sunda dalam bentuk tumisan. Biasanya tumis yang disediakan adalah tumis kangkung, genjer, tauge, atau cuciwis yang dimasak bersama irisan bawang dan cabai.

7. Sambal

Rasanya kurang nikmat jika makan makanan khas sunda tanpa sambal. Sensasi pedas, asin, dan gurih dari sambel bisa membuat nafsu makan anda meningkat. Anda bisa memilih sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat, atau sambal goreng sesuai selera.

8. Lalapan

Bisa dibilang lalapan ini jodohnya sambel. Lalapan yang biasa digunakan adalah mentimun, kol, daun kemangi, daun tespong, selada, terong bulat hijau, tomat, sampai pete.

9. Nasi

Yang namanya makan besar tentu pakai nasi dong. Nah, di rumah makan sunda biasanya terdapat beberapa jenis nasi yang bisa anda pilih, di antaranya: nasi putih, nasi merah, nasi liwet, nasi bakar, bahkan nasi tutug oncom pun ada. Semuanya memiliki cita rasa khas masing-masing yang patut anda coba.

Itu dia makanan yang biasa disediakan di rumah makan khas sunda. Yang mana jadi favorit anda?