Penulis: Vira | Editor: Ria

Menu andalan saya ketika sahur dengan waktu persiapan terbatas adalah sayur yang ditumis. Tumis sayur sangat mudah dibuat karena tak perlu bahan yang begitu banyak. Selain itu, menu ini hanya butuh waktu sekitar 15-30 menit hingga tersaji. Berikut ini beberapa jenis tumisan sayur yang bisa jadi inspirasi masak untuk anda.

1. Tumis kacang panjang

Menu yang satu ini merupakan menu favorit saya ketika ‘kantong’ sudah menipis. Jelas saja, kacang panjang sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Jika ketika sahur anda tak memiliki banyak waktu untuk memasak, anda bisa jadikan tumis kacang panjang sebagai pilihan. Biasanya tumis kacang panjang juga dimasak bersama tambahan tempe, tetapi anda juga bisa gunakan udang, tahu, hingga ayam agar lebih bervariasi.

2. Tumis sawi putih

Teksturnya yang renyah dan tak mudah hancur merupakan hal paling khas dari sayuran berwarna putih dan hijau muda ini. Tumis sawi putih juga adalah menu praktis karena tak perlu waktu yang lama untuk membuatnya. Sisihkan waktu 20 menit, anda sudah bisa menyajikan menu ini di atas meja makan anda. Tumis sawi putih biasanya disajikan dengan tambahan telur puyuh, wortel, sosis, atau bakso.

3. Tumis kangkung

Beberapa dari anda setidaknya pernah sekali menyajikan tumis kangkung sebagai menu sahur. Kangkung sangat mudah untuk diolah dan juga cepat matang. Menu ini sangat tepat untuk anda yang terburu-buru karena terlambat sahur. Hanya dengan 15 menit, menu bersaus tiram ini sudah bisa tersaji. Tekstur renyah dan rasanya yang nikmat memang jadi favorit banyak orang!

4. Tumis tauge

Sama seperti sawi putih, menu ini juga menu yang sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Bumbu yang diperlukan pun tak banyak, hanya dengan bawang, cabai, dan saus tiram anda sudah bisa menyajikan menu yang satu ini. Tauge paling enak tersaji dengan tekstur crunchy, sehingga anda tak perlu memasaknya terlalu lama. Gunakan tauge tangkai panjang untuk menu yang satu ini, bukan tauge pendek yang biasa disajikan di soto.

5. Tumis jamur

Saat anda ingin mendapatkan asupan protein ketika sahur namun terlalu repot untuk memasak daging, maka menu ini sangat tepat untuk anda. Bagi orang yang sedang diet, jamur seringkali dijadikan protein pengganti daging. Jamur juga sangat bervariasi, ada jamur tiram, jamur merang, jamur kuping, hingga jamur kancing. Anda dapat menggunakan berbagai macam jamur untuk menu yang satu ini. Selain itu, anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti jagung manis ataupun wortel untuk menambah citarasa.

6. Capcay

Kalau menu yang satu ini sih, lebih ke campuran berbagai jenis sayur. Sayur yang biasa digunakan adalah wortel, kembang kol, kubis, dan sawi hijau. Selain sayur, capcay juga seringkali ditambahkan bahan seperti sosis, bakso, udang ataupun jamur. Meskipun menggunakan banyak jenis sayur, capcay tak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk memasaknya. Dengan waktu 30 menit anda pun sudah bisa menyajikan menu yang nikmat ini.

Banyak juga, kan, menu tumisan sayur yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu sahur anda? Pastinya anda juga pernah beberapa kali memasak menu tersebut untuk sehari-hari. Tak perlu khawatir kehabisan waktu masak saat sahur dengan menu simpel dan praktis tersebut. Selamat mencoba!