Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Beberapa hari lalu, keluarga besar saya mengadakan acara kumpul di sebuah rumah makan khas Sunda. Makanan yang kami pesan bervariasi, mulai dari ayam goreng, asin jambal, gurame bakar, sayur asem, tahu dan tempe goreng, sampai aneka tumisan seperti tumis kangkung dan tumis genjer. Tak ketinggalan juga, sambel beserta lalapan yang pastinya paling ditunggu.

Kebanyakan lalapan yang disajikan seperti kol dan timun sih sudah biasa ya, tapi ternyata masih banyak jenis lalapan lain yang tak kalah nikmatnya. Apa saja lalapan tersebut? Cek di bawah ini!

1. Kol

Selain untuk dicampurkan ke dalam sup atau ditumis, kol juga nikmat disantap mentah dan dicocol pada sambel. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis membuat kol ini cocok dimakan bersama sambal yang pedas. Pastikan anda memilih kol yang segar untuk lalapan agar teksturnya renyah dan rasa manisnya keluar.

Baca juga: 6 Tips Memilih Kol Segar untuk Lalapan 

2. Kemangi

Kemangi terkenal memiliki aroma harum yang khas, kuat, namun lembut. Sepintas mirip seperti aroma limau yang menyengarkan. Untuk lalapan, pilih kemangi yang masih segar agar rasanya lebih nikmat.

Baca juga: Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Daun Kemangi

3. Kacang panjang

Tak hanya dimasak, ternyata kacang panjang cukup sering disajikan sebagai lalapan. Kacang panjang yang paling pas dijadikan lalapan adalah yang masih muda dan segar, sehingga teksturnya renyah dan rasanya sedikit manis.

Coba resep: Tumis Kacang Panjang

4. Selada

Selada merupakan sayuran daun yang paling digemari sebagai lalap. Warnanya yang hijau cerah dan teksturnya yang renyah dan ringan sangat cocok dimakan bersama sambal dan aneka lauk pendamping lainnya.

Baca juga: Aneka Ragam Selada untuk Salad yang Lebih Bernutrisi Lengkap

5. Terong hijau bulat

Nah, yang satu ini lalapan favorit saya. Terong hijau bulat memiliki tesktur renyah dengan rasa yang manis, sehingga sangat nikmat dicocol pada sambal. Usahakan pilih terong hijau yang masih muda agar tidak alot dan keras, lalu sajikan dengan cara dibelah 4 agar lebih mudah dimakan.

Coba resep: Ayam Goreng Kalasan

6. Pete

Meski baunya menyengat, nyatanya pete populer dijadikan lalapan. Rasa yang enak dan tekstur yang empuk membuat pete menjadi cocolan sambel yang sempurna.

Baca juga: Tips Memilih dan Mengolah Petai

7. Timun

Nah, kalau yang satu ini merupakan lalapan yang paling banyak digemari karena rasanya yang menyegarkan. Untuk lalapan, pilih timun yang masih muda agar bijinya tidak keras. Anda bisa memilih menyajikan timun dengan cara dipotong serong tipis atau dibelah menjadi dua dan dipotong empat.

Baca juga: 5 Variasi Olahan Mentimun untuk Diet

8. Tomat

Siapa sih yang tidak tahu tomat? Rasanya yang sedikit asam dan manis sangat menyegarkan. Untuk dijadikan lalapan, pilih tomat yang belum terlalu matang, lalu sajikan dalam bentuk irisan tipis agar lebih mudah dimakan.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Tomat agar Tetap Segar

9. Daun tespong

Mungkin anda masih asing dengan daun yang satu ini, tapi tespong nikmat loh dijadikan lalap. Bentuk dari tespong ini mirip seledri, tapi ukuran batang dan daunnya jauh lebih besar, tespong juga tidak berbau. Teksturnya renyah, rasanya pun segar, sehingga cukup banyak disukai orang sebagai lalapan.

Coba resep: Pecel Lele

10. Daun andewi

Sekilas, bentuk dari daun andewi ini mirip seperti sawi dengan ukuran yang paling kecil. Nah, jika anda bosan dengan lalapan yang biasa, mungkin anda bisa mencoba daun andewi ini, yang pastinya cocok dimakan bersama sambal yang pedas.

Coba resep: Pepes Ikan Mas Khas Sunda

Berbagai variasi lalapan di atas tentunya bisa dijadikan alternatif jika anda bosan dengan satu jenis lalapan yang itu-itu saja. Hampir semua lalapan di atas disajikan mentah, maka pastikan anda mencuci dengan air bersih dan membilasnya dengan air matang agar terhindar dari kuman penyebab sakit perut ya!