Penulis: Vira | Editor: Ria

Untuk orang-orang yang memiliki lidah asli Indonesia, pasti makanan terasa kurang lengkap kalau gak ada makanan khas Indonesia ini. Apa sih? Yup, sambal! Sambal ini seperti pelengkap hampir semua masakan yang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Makanan yang biasa saja, langsung berubah rasa kalau ditemani sambal. Rasa pedas dari sambal ini terkadang menciptakan sensasi pedas yang bikin ketagihan, bukan? Nah, di Indonesia ternyata punya banyak jenis sambal yang harus kalian coba, lho. Penasaran? Check this out!

1. Sambal Bajak

sambal-bajak
(Image: Harianresep)

Kalau kamu bukan penikmat pedas yang profesional, kamu bisa coba sambal yang satu ini nih. Sambal bajak memiliki rasa pedas manis sehingga cocok untuk kamu yang kurang hobi sama sambal yang menggigit. Sambal ini paling sering ditemukan di warung makan terutama daerah Jawa Tengah dan biasanya sering digunakan untuk goreng-gorengan. Untuk membuatnya tidak perlu repot kok, kamu cukup menumis cabai merah, bawang merah dan tomat merah sampai layu. Kalau sudah, kamu ulek deh sama terasi, garam dan gula merah. Tara~ sambal bajak siap dihidangkan!

2. Sambal Cabe Ijo

resep-sambal-hijau-khas-padang
(Image: Saribundo)

Yang satu ini sih hampir semua orang kenal yah? Terutama untuk kamu yang sering makan masakan padang. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan juga tidak begitu pedas, ini membuat sambal cabe ijo jadi sambal yang paling cocok buat masakan padang yang bersantan. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal ini gak banyak kok, kamu cuma perlu menyiapkan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam.

3. Sambal Bawang

sambal-bawang
(Image: Qraved)

Sambal ini walaupun basic namun sangat digemari oleh pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas. Sambal ini agak menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru makin membuat nikmat dan pedas. Rasa bawang putih yang kuat akan semakin membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah semakin sedap sambal ini. Meskipun pedas dan pasti bikin menangis, sambal ini bikin ketagihan lho.

4. Sambal Terasi

resep-cara-membuat-sambal-terasi-khas-sunda-yang-enak
(Image: Resepmasakan)

Ini dia nih, favoritnya semua orang. Betul banget, sambal terasi. Sambal yang paling cocok temenin makanan kamu ini emang rasanya seger dan baunya terkadang bikin kita tergoda untuk mencicipinya. Rasa dan bau terasi yang khas bikin sambal ini makin enak dan jadi favorit. Ada dua pilihan untuk sambal terasi ini, bisa sambal matang atau sambal mentah. Dua-duanya enak!

5. Sambal Tomat

sambal-tomat1
(Image: Infosambal)

Sambal ini sebenarnya mirip banget sama sambal bajak, cara membuatnya pun sama. Bedanya, sambal ini punya rasa yang lebih segar dan gurih dibanding sambal bajak. Sambal ini fokus pada tomatnya yang membuat semakin seger namun justru pedasnya semakin menggigit lho. Nah sambal ini paling cocok nemenin ayam goreng dan nasi. Hmmm, jadi pingin langsung ngulek kan.

6. Sambal Mangga

sambal-mangga-2
(Image: Infobuahmangga)

Sambal ini salah satu sambal yang cukup unik di Indonesia karena menggunakan mangga yang asam manis. Meskipun menggunakan mangga, sambal ini juga cocok untuk mendampingi nasi dan lauk kamu kok. Cara membuatnya, ulek cabai merah, garam, gula merah, dan terasi sampai halus. Setelah itu, kamu masukkan deh mangga yang sudah dikupas dan diiiris kecil tipis. Sambal ini nikmat banget karena mangga yang asem-asem seger gitu deh. Sambal ini cocok disandingkan bersama anek sajian bakar-bakaran seperti ikan bakar atau udang bakar.

7. Sambal Dabu-dabu

sambal-dabu-dabu
(Image: Kreasiresepmasakanindonesia)

Untuk kamu yang berasal dari Manado, pasti udah kenal banget sama sambal yang satu ini. Sambal yang berbahan baku cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, garam, dan perasan jeruk nipis ini bikin mulut kamu ngerasain sensasi segar dan enak. Sambal ini biasanya dibuat mentah, kamu nggak perlu ngulek dan cukup diiris-iris kecil saja. Aneka seafood bakar cocok sekali dilahap bersama sambel nikmat ini.

8. Sambal Kecap

sambal-kecap
(Image: Masakan20)

Wah, yang ini pasti sudah eksis banget nih. Sambal ini pasti tersedia di hampir semua restoran. Rasanya yang pedas-manis bikin kita ketagihan. Sambal kecap ini juga punya rasa yang segar karena bahan-bahan yang fresh tanpa perlu digoreng. Mau membuatnya? Sangat mudah, hanya perlu mengiris iris tomat, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, lalu tambahin kecap manis, deh. Sambal kecap yang enak siap menemani ikan atau ayam bakar kamu. Bahkan menu sederhana seperti tahu goreng atau tempe mendoan pun kurang lengkap tanpanya!

9. Sambal Petai

sambal-petai
(Image: Myasiankitchenny)

Yang satu ini belum tentu semua orang suka, tapi banyak punya fans sendiri. Siapa lagi kalau bukan penggemar petai. Kalau kamu penggemar petai, pasti ini salah satu pendamping makanan ternikmat untuk kamu. Sekali makan, pasti gak bisa berhenti. Untuk membuatnya, kamu perlu mengulek bahan bahan seperti cabai merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, sedikit gula, dan garam. Setelah kamu ulek sampai halus, tumis di atas penggorengan dan tambahkan deh petainya. Bagi penggemar hardcore, nasi hangat, lalapan, dan sambel ini pasti sudah berasa lengkap banget ya makannya.

10. Sambal Roa

sambal-roa
(Image: Lakupon)

Sambal ini temennya sambal dabu-dabu nih, andalannya orang Manado. Sambal ini salah satu sambal favorit juga lho, bahkan bisa dibilang sambel ini paling terkenal dibawa sebagai oleh-oleh ke luar negeri! Sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan kemudian dicampur tumisan bumbu khas, juga ditambah pelengkap bahan lainnya, membuat sambal yang satu ini spesial banget. Rasa sedap dan khas ikan roa ini benar-benar membuat sambal ini tak tergantikan deh. Sekalinya ngidam, akan susah untuk digantikan dengan sambal-sambal lainnya. Namun tenang saja, sudah banyak sambal roa ini yang dijual bebas di supermarket, mulai dari botolan hingga kaleng yang bisa tahan lama.

11. Sambal Matah

sambal-matah
(Image: Indoindians)

Sambal matah ini beda tipis sama sambal dabu-dabu, bedanya sambal matah yang segar ini asalnya dari Bali. Kenapa beda tipis? Karena sambal ini sama-sama disajikan mentah tanpa harus diulek atau ditumis, kayak salad berbahan dasar cabai gitu deh. Bedanya dengan sambal dabu-dabu yaitu penggunaan serai di sambal matah yang bikin sambal ini punya aroma khas tersendiri. Bahan bahan untuk membuat sambal ini tidak banyak kok, ada bawang merah, tomat, cabe rawit, serai, daun jeruk, minyak goreng, dan perasan jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa. Rasanya enak, segar, dengan tampilan yang menarik yang bikin nafsu makan kita nambah, deh. Sambal ini cocok banget loh buat jadi teman hidangan seafood bakar.

12. Sambal Belut

resep-membuat-sambel-belut
(Image: Witnifood)

Kalau biasanya belut dijadikan lauk yang menemani nasi, di sambal ini belut dijadikan bahan utama selain cabai lho. Mau nyobain? Eitts, jangan lupa sebelum mengolah belut ini dibersihkan dulu dan dibuang isi perutnya, ya. Kalau sudah bersih, kamu goreng dan dicampur dengan sambal yang sudah kamu bikin. Kayak ayam penyet gitu, hmm harus dicoba nih buat kamu yang belum pernah ngrasain. Renyahnya dan sedapnya daging belut ditemani sama pedasnya sambal pasti bikin kamu ketagihan.

13. Sambal Tempoyak

sambal-tempoyak
(Image: Aziejaya)

Kalau dengar kata tempoyak mungkin ada yang sudah kenal dan pasti ada banyak juga yang asing dengan kata itu. Tempoyak itu apa sih? Tempoyak adalah daging buah durian yang sudah di fermentasi. Hmm mungkin banyak yang ngerasa aneh ya, masak durian  hasil fermentasi dijadiin sambal? Tapi ternyata eh ternyata sambal ini punya banyak penggemarnya juga, lho. Untuk membuat sambal yang satu ini kamu perlu fermentasi duriannya dulu selama satu minggu di dalam toples yang rapat, setelah itu kamu campur deh dengan sambal yang sudah kamu ulek dan tumis. Rasanya? Pedas dan asin bercampur dengan asam dan manis dari durian bercampur jadi satu. Wah, unik ya. Hayoo pecinta durian sudah coba belum sambal yang satu ini?

14. Sambal Bongkot

resep-sambal-bongkot-pedas-nikmat-selera-makan
(Image: Umami)

Sambal yang satu ini temannya sambal matah, karena berasal dari tempat yang sama yaitu Bali. Bongkot ini ternyata adalah nama lain dari bahan utama dari sambal itu, yaitu bunga kecombrang. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis dan dicampur dengan cabai dan bawang. Rasanya pedes pedes sepet dengan wangi terasi gitu deh. Sambal ini biasanya dimakan bersama ayam atau ikan.

Bagaimana? Banyak bukan variasi sambal khas nusantara kita? Pilihanmu yang mana nih. Apakah lebih suka sambal matang atau sambal mentah? Kalau sudah punya sambal favorit tersendiri, jangan lupa cobain juga sambal-sambal lainnya, ya. Siapa tahu bakal jadi the next favourite sambal selanjutnya.