Penulis: Windy | Editor: Ria

Setiap membeli nasi uduk betawi, pasti ada semur jengkol sebagai lauknya. Semur jengkol yang disajikan biasanya sangat nikmat dan jauh dari kata bau dan keras. Legit sekali saat digigit, dan membuat ingin nambah terus-terusan.

Kita pun bisa lho, membuat semur jengkol yang legit. Selain mudah, rasanya pun tak kalah enak. Berikut cara memasak semur jengkol betawi.

1. Pilih Jengkol yang Tua

Untuk mendapatkan semur jengkol yang nikmat, anda perlu memilih jengkol yang tepat. Jengkol yang dipilih sebaiknya berumur tua dengan bentuk bulat, kulit mulus dan tidak rusak.

Kemudian, rendam jengkol ke dalam air dingin atau air es selama satu malam untuk menurunkan bau dan melunakkan jengkol. Atau anda bisa menggunakan air kapur sirih atau air beras untuk merendam jengkol.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Jengkol

2. Rebus dan Bersihkan Jengkol

Jengkol yang sudah direndam semalaman kemudian direbus selama kurang lebih 2 jam hingga empuk. Tapi jangan terlalu matang, kalau terlalu matang jengkol akan cepat hancur saat dipipihkan.

Setelah merebus, kupas kulit jengkol sampai bersih. Belah jengkol menjadi dua bagian dan pipihkan agar bumbu semur cepat meresap dan meningkatkan citarasa semur.

Coba resep: Semur Jengkol Betawi Legit dan Enak

3. Tumis Bumbu Semur

Bumbu semur seperti, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, ketumbar, jinten, cengkeh, dan biji pala dihaluskan dengan blender. Kemudian tumis bumbu halus bersama kayu manis dan daun salam. Kalau tumisan bumbu sudah harum, tambahkan air.

4. Masak Jengkol

Setelah bumbu mendidih, masukkan jengkol yang sudah bersih. Tambahkan kecap manis, bumbu kaldu, gula, dan garam. Aduk hingga jengkol dan bumbu lainnya menyatu. Masak jengkol hingga empuk dan kuahnya mengental.

5. Koreksi Rasa dan Sajikan

Setelah kuah semur mengental dan jengkol empuk, kini saatnya koreksi rasa. Kalau rasa semur kurang pas anda bisa menambahkan gula, garam, atau sedikit penyedap rasa. Setelah rasa sudah pas, sajikan semur.

Semur jengkol dengan nasi uduk memang paling cocok ya. Apalagi ditambah tempe orek, telur balado dan bihun goreng. Nikmat sekali ya membayangkannya. Selamat mencoba!

Cara Membuat Semur Jengkol Betawi
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)