Penulis: Atsa

Salah satu hidangan khas Indonesia adalah semur. Begitu banyak hidangan lezat diolah dengan bumbu semur seperti semur ayam dan semur daging. Tapi, salah satu hidangan semur yang paling populer justru memiliki harga bahan yang sangat ekonomis, yaitu semur tahu. Untuk pemula yang ingin memasak semur tahu, berikut cara membuat semur tahu yang sangat simpel namun juga lezat!

Baca Juga: Cara Membuat Semur Ayam Praktis

1. Goreng tahu terlebih dahulu

Pilih tahu putih berukuran medium, sekitar 4 x 4 cm. Potong tahu menyerong sehingga berbentuk segitiga. Goreng tahu tanpa bumbu supaya memiliki tekstur khas tahu goreng. Selain itu, tahu juga tidak akan mudah pecah saat diolah menjadi semur. Setelah tahu matang, tiriskan dan sisihkan hingga minyaknya asat.

2. Haluskan bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, kemiri yang sudah disangrai dan pala. Pala dan merica merupakan rempah khas yang memberikan sensasi rasa pedas yang menyegarkan. Berbeda ya rasa pedasnya dengan pedas cabai, jadi tidak usah takut akan kepedasan. Kemiri dan pala sendiri merupakan rempah khas Indonesia yang mampu memperkaya cita rasa masakan semur tahu. Jangan lupa, sebelum dihaluskan kemiri harus disangrai terlebih dahulu.

3. Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya

Tumis bumbu halus dan tambahkan serai, kayu manis, lengkuas dan daun salam. Gunakan api kecil saja, masak hingga bumbu matang dan wangi. Untuk menambahkan kesegaran, Anda juga bisa menambahkan potongan tomat.

4. Gunakan kecap manis murni kedelai hitam

Setelah bumbu matang, masukan tahu dan tambahkan air. Tambahkan juga kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam murni. Mungkin Anda tidak tahu jika beberapa kecap ada yang terbuat dari kedelai putih dan memiliki banyak campuran. Kecap dari kedelai hitam murni sangat cocok untuk diolah bersama bumbu masakan, dan akan meresap hingga ke dalam tahu. Aduk masakan sambil diberi sedikit garam.

5. Masak dengan api kecil

Hal terpenting saat mengolah semur yang bumbunya meresap adalah menggunakan api kecil selama proses memasak. Karena memasak dengan api kecil, waktu matangnya memang akan lebih lama, tapi bumbu semur akan meresap sempurna pada tahu. Warna coklat dari kecap juga akan meresap, sehingga semur tahu terasa nikmat dan menggugah selera. Setelah dirasa matang, koreksi rasanya dan tambahkan lagi garam jika perlu. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Baca Juga: Resep Semur Tahu





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi