Penulis : Nia Happy

Banyak orang enggan memakan jengkol karena baunya yang kurang sedap. Sebab, jengkol memiliki asam amino yang mengandung sulfur seperti belerang yang menjadi penyebab baunya. Namun, rasanya yang legit dan pulen membuat banyak orang juga senang memakannya bahkan jadi ketaghan. Nah berikut ini adalah aneka masakan jengkol yang populer dan yang pasti enak! Yuk simak!

1. Semur Jengkol

semur jengkol

Olahan populer dari jengkol salah satunya adalah semur jengkol. Semur jengkol kaya rasa dan empuk. Untuk membuatnya agar tidak terlalu bau, Anda dapat merendam jengkol di air kapur terlebih dahulu dan merebusnya dengan daun jeruk.

Rebus jengkol sampai matang selama kurang lebih 2 jam. Buang kulitnya, belah, dan pipihkan. Sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, ketumbar, jintan, cengkeh, dan biji pala. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan kayu manis dan daun salam tumis sampai harum, kemudian beri air. Masukkan jengkol. Tambahkan kecap manis, bumbu kaldu, garam, dan gula. Masak hingga empuk, matang, dan kuahnya mengental. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Semur Jengkol

2. Rendang Jengkol

Rendang jengkol pedas

Selain enak dimasak semur, ternyata jengkol juga enak dimasak dengan bumbu lain. Salah satunya rendang jengkol. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit.

Belah tiap jengkol jadi dua bagian lalu rendam semalaman. Rebus jengkol dengan daun salam dan air secukupnya hingga empuk. Gunakan panci presto kurang lebih 20 menit. Geprek satu persatu jengkol hingga kulitnya terkelupas. Bilas dengan air bersih lalu sisihkan.

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun kunyit, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan jengkol, aduk rata. Tuang santan encer, garam, dan gula. Masak sampai santan agak menyusut.

Tuang santan kental. Aduk hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masak terus sampai kuahnya kering dan berminyak. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Rendang Jengkol

3. Jengkol Balado

Jengkol balado pedas

Bumbu balado merupakan bumbu yang sering digunakan pada berbagai jenis masakan. Bisa dibilang, bumbu balado merupakan salah satu bumbu dapur utama. Tidak heran, bumbu balado dapat mudah ditemukan di pasar.

Beberapa contoh makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado adalah telur, ayam, dan ikan. Pada resep kali ini, akan dibahas mengenai jengkol bumbu balado. Hidangan ini bisa jadi kreasi lain bagi Anda pecinta jengkol.

Belah tiap jengkol jadi dua bagian. Didihkan air dalam panci. Rebus jengkol bersama daun salam. Gunakan panci presto agar jengkol cepat empuk kurang lebih 20 menit. Angkat dan tiriskan.

Buang kulit jengkol lalu pipihkan sedikit dengan pemukul ulekan. Bilas jengkol dengan air lalu tiriskan. Panaskan minyak. Goreng jengkol sebentar lalu angkat dan sisihkan.

Panaskan minyak bekas menggoreng jengkol. Tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daun salam, daun jeruk, gula pasir, dan garam. Masak hingga bumbu matang. Masukkan jengkol lalu masak hingga berbalut sambal. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Jengkol Balado

4. Kalio Jengkol Khas Padang

Pertama belah dua jengkol, lalu cuci dan rebus dengan air sampai mendidih. Buang airnya dan ganti dengan yang baru. Rebus kembali jengkol, tambahkan daun jambu dan garam. Rebus sampai empuk, kemudian geprek, sisihkan.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai keriting, jahe kunyit, lengkuas muda, ketumbar, dan kemiri sangrai, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam serai, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan jengkol, beri air sedikit demi sedikit, aduk rata dan biarkan mendidih. Tambahkan gula, garam, dan lada. Koreksi rasanya. Masak hingga kuah menyusut dan mengental. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Kalio Ayam

5. Gulai Jengkol

Terdapat banyak bahan makanan yang bisa dibuat gulai, mulai dari sayuran, ikan, daging, hingga jeroan. Jika Anda bosan dengan gulai ayam, Anda bisa lho menggantinya dengan jengkol. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memasak gulai jengkol adalah tingkat keempukannya dan menghikangkan bau pada jengkol.

Rebus jengkol sampai empuk, pipihkan dan sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri sangrai, ketumbar sangrai, dan kunyit bakar. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun kunyit, daun jeruk, daun salam, dan asam kandis.

Lanjutkan masak hingga bumbu matang. Masukkan jengkol. Aduk-aduk lalu tuang santan encer. Masak hingga jengkol empuk. Tuang santan kental. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata lalu masak hingga mendidih dan ayam matang. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Ayam

6. Jengkol Cabai Hijau

Sajian ini termasuk simpel, murah, dan sangat enak. Tak salah jika banyak yang melabelinya sebagai menu warteg, alias menu yang selalu siap sedia kapanpun di warteg atau rumah makan sederhana. Sesimpel apa sajian ini? Coba yuk membuatnya dengan resep ini.

Rebus jengkol hingga empuk. Buang airnya dan tiriskan. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan daun salam sampai harum. Masukkan jengkol, cabai hijau, cabai merah, tomat, kaldu bubuk, gula, garam, kecap manis, dan air. Aduk hingga rata. Koreksi rasanya. Masak sampai kuah meresap dan matang. Angkat. Siap disajikan.

7. Jengkol Pedas Manis

Rebus jengkol bersama daun salam, daun jeruk, dan serai selama 45 menit atau hingga empuk. Goreng jengkol sebentar. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai keriting, terasi, dan garam yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum. Masukkan jengkol, garam, kecap, gula. Aduk rata, koreksi rasanya. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.