Gado-Gado Betawi Lengkap Spesial - Resep | ResepKoki

Resep Gado Gado Betawi

Resep Gado Gado Betawi

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Kentang - 2 buah
Wortel - 1 buah
Daun selada - 8 lembar
Timun - 1 buah
Kacang panjang - 100 gram
Toge siangi - 100 gram
Kol - 1 buah
Lontong - 1 buah
Tempe - 1 papan
Tahu - 2 buah
Bahan saus kacang:
Santan, dari 1/2 butir kelapa - 700 ml
Kacang tanah kulit - 200 gram
Daun jeruk, sobek - 4 lembar
Gula merah, iris halus - 50 gram
Kecap manis - 2 sdm
Gula pasir - 1 sdt
Asam jawa - 1 sdt
Garam - 2 sdt
Minyak untuk menumis - 2 sdm
Bahan bumbu halus:
Cabe merah keriting, rebus sebentar - 8 buah
Bawang putih, goreng sebentar - 4 siung
Terasi bakar - 1/2 sdt
Kencur - 3 cm
Bahan pelengkap:
Bawang merah goreng - secukupnya
Kerupuk udang - secukupnya
Telur rebus - secukupnya
Beli bahan masak - DISINI MURAH
Izinkan kami mengetahui pola hidup anda di saat Covid 19 - ISI DISINI

Resep Gado Gado Betawi

  • 60 Menit
  • Hasil: 6 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

  • Bahan saus kacang:

  • Bahan bumbu halus:

  • Bahan pelengkap:

Catatan

Share

IG:@sukmawati_rs

Salad asli Indonesia ini berasal dari Jawa yang terdiri dari sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang yang dihaluskan. Dilengkapi dengan irisan telur rebus, timun dan bawang goreng dapat menambah kenikmatan. Gado-gado biasanya disajikan dengan irisan lontong atau bisa juga disantap bersama nasi sesuai selera.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Membuat sayur-sayuran

1. Kupas sayuran seperti kentang dan wortel. Cuci bersih semua sayuran.

2. Potong-potong kentang dan wortel dengan bentuk dadu sedang. Iris kasar kol.

3. Potong-potong kacang panjang.

4. Panaskan air secukupnya dalam panci hingga mendidih.

5. Ambil sedikit air mendidih lalu seduh toge. Tiriskan lalu sisihkan.

6. Rebus kentang, wortel, kol, dan kacang panjang dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan, lalu sisihkan.

7. Potong-potong timun, lalu sisihkan.

8. Iris kasar selada atau biarkan utuh, sesuai selera. Sisihkan.

2
Sudah

Membuat bahan lainnya

1. Haluskan 1 siung bawang putih dan garam. Tambahkan sedikit air. Rendam tempe dan tahu ke dalamnya. Goreng dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan, lalu potong-potong dengan bentuk dadu sedang. Sisihkan.

2. Potong-potong lontong dengan bentuk dadu sedang. Sisihkan.

3
Sudah

Membuat saus kacang

1. Cuci bersih kacang tanah. Goreng dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan, lalu biarkan hingga dingin. Giling kacang menggunakan blender hingga halus. Sisihkan.

2. Larutkan asam jawa dengan 3 sdm air panas. Saring dan ambil airnya. Sisihkan.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum.

4. Masukkan gilingan kacang tanah, aduk rata.

5. Masukkan santan, gula merah, kecap manis, dan garam. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih.

6. Masukkan air asam jawa, aduk rata.

7. Masak hingga saus mengental dan koreksi rasanya.

8. Angkat dan sisihkan.

4
Sudah

Penyajian

1. Tata di piring potongan lontong, kentang, tahu, tempe, dan semua sayuran. Beri telur rebus yang dibelah menjadi 2 bagian.

2. Tuang saus kacang sesuai selera.

3. Taburi dengan bawang merah goreng dan sajikan bersama kerupuk udang.

5
Sudah

Tips

1. Jangan terlalu lama merebus sayuran terutama kol dan kacang panjang agar teksturnya masih terasa.

2. Gunakan Cosmos Food Processor FP-300 (lihat di Lazada DISKON) untuk membuat saus kacang dengan lebih mudah dan cepat. Mata pisaunya mampu menggiling kacang dan biji-bijian hingga halus dengan sekejap. Anda pun bisa hemat waktu maupun tenaga.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
Loading...
previous
Resep Bubur Sumsum
bakwan sayur
next
Resep Bakwan Sayur (Bala Bala)
previous
Resep Bubur Sumsum
bakwan sayur
next
Resep Bakwan Sayur (Bala Bala)

8 Comments Hide Comments

Kalau informasi, ini namanya hoax, tdk penting fakta dan kebenaran yg penting tujuan tercapai. Sebagai orang Betawi, sy tdk tdk pernah dengar diberi santan untuk kuah gado2, tetapi kalo Kreasi Gado2 boleh saja, namun jangan dinamakan Gado2 Betawi, merusak kuliner budaya Betawi, mhn sbg jurnalis dan S2 Komunikasi, lbh teliti dan koreksi

Kalau buat kreasi ngga apa do kasih santan sama daun jeruk sesuai selera tapi gado gado Betawi ngga begitu sih karena aku orang Betawi jadi kayanya kalau mau bilang gado gado Betawi ya jangan pakai santan atau daun jeruk dan gado gadai tidak pakai kencur atau bawang Putih
Kalau pake kencur itu keredok kalau pake bawang putih itu ketoprak dah itu aja sekedar info dari orang Betawi tapi ya itu kn selera boleh kok mau kreasiin atau di pake apa aja tapi jangan bilang gado gado Betawi ya

Add Your Comment