Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Belum lama ini saya mengunjungi sebuah toko roti di salah satu mal. Di sana saya melihat roti bagel yang ditaburi biji-bijian berwarna hitam. Selain bagel, saya juga melihat roti tawar gandum dengan taburan biji-bijian yang sama. Ketika saya coba, roti terasa lebih krenyes renyah. Sekilas, taburan itu mirip dengan biji wijen hitam. Belakangan, saya baru tahu bahwa itu ternyata adalah biji poppy atau poppy seed. Di Indonesia, biji poppy nampaknya belum seterkenal biji wijen. Lalu apa saja sih perbedaan antara biji poppy dan biji wijen?

1. Jenis Tanaman

Biji poppy  berasal dari tanaman opium poppy atau Papaver somniferum. Namun tanaman itu juga menghasilkan getah opium yang bisa dihasilkan menjadi berbagai jenis narkotika. Untuk itu, penggunaan biji poppy dilarang di sejumlah Negara, salah satunya Tiongkok. Biji poppy  yang biasa digunakan untuk bahan jenis makanan biasanya sudah melalui proses pengeringan. Biji poppy yang dihasilkan biasanya berwarna hitam dan putih.

Biji wijen juga terdiri dari warna hitam dan putih. Tanaman wijen termasuk dalam jenis Pedaliaceae. Tanaman wijen biasanya tumbuh di sejumlah Negara, seperti India, Tiongkok, Turki, Mesir, dan Meksiko. Sedangkan di Indonesia, tanaman wijen bisa ditemukan di Gunungkidul, Yogyakarta. Namun, jumlahnya belum terlalu banyak.

2. Rasa dan Aroma

Apabila dilihat dari dekat, bentuk kedua jenis biji-bijian tersebut memang berbeda. Biji wijen bentuknya lebih lonjong, sedangkan biji poppy berbentuk bulat. Biji poppy yang berwarna gelap memiliki rasa yang kuat seperti kacang almond. Sedangkan biji poppy yang putih rasanya lebih ringan. Biji poppy memiliki aroma seperti kacang yang akan keluar apabila dipanggang.

Pada awalnya, biji wijen memiliki rasa seperti kacang, tapi tidak sekuat biji poppy. Rasa asli biji wijen akan lebih terasa apabila dipanggang. Biji wijen memiliki aroma seperti tanah tapi tidak terlalu kuat. Apabila sudah diolah menjadi minyak wijen atau sesame oil, maka ia akan memiliki rasa dan aroma yang khas.

3. Kegunaan dalam Masakan

Selain sebagai taburan roti-rotian, biji poppy atau kas-kas biasanya memberi keharuman pada masakan berkuah santan yang kental dan terasa gurih, seperti gulai, kari, dan nasi kebuli.Biji poppy juga bisa digunakan sebagai campuran salad buah atau salad sayur agar lebih lezat.

Biji wijen putih biasa digunakan sebagai taburan kue onde-onde isi kacang hijau dan onde-onde kering ‘ketawa’. Bagi penyuka fastfood, anda pasti sudah sering melihat taburan biji wijen putih di atas roti burger. Biji wijen juga sering dijadikan sebagai taburan dalam berbagai masakan ala oriental seperti sushi, teriyaki, dan ayam wijen.   

Poppy seed dan biji wijen memang sama-sama bisa menambah kelezatan pada masakan. Baik poppy seed maupun biji wijen bisa diolah menjadi beragam menu masakan asin dan juga manis. Tak hanya lezat, anda pun bisa menyajikan masakan yang sehat. Menarik bukan?