Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tak semua orang suka durian. Namun sekalinya jadi penggemar, segala makanan dan pencuci mulut dari buah ini pasti langsung diburu. Saya dulu tak suka buah ini karena aromanya menyengat, tapi setelah ngicip (dan jatuh cinta), saya pun berani mencoba versi-versi lain dari si raja buah. Tak susah menemukannya karena banyak sekali olahan durian yang enak, terjangkau, dan pastinya tak cukup bila hanya makan sekali. Apa saja olahan tersebut? Check this out!

1. Lempok

Cemilan ini sekilas mirip dengan dodol Garut. Bedanya, lempok tak memakai tepung, alias dibuat langsung dari daging durian. Cara pembuatan lempok pun hampir sama dengan dodol, yakni dicampurkan dengan garam dan gula lalu dimasak dalam kuali besar. Rasanya manis-legit dan banyak ditemui di Pontianak dan Pulau Sumatera.

2. Tempoyak

Pernah mencoba sambal durian? Nah, tempoyak ini jadi salah satu bahannya. Tempoyak adalah durian yang difermentasikan. Aromanya menyengat dan bertekstur lembek. Tempoyak bisa langsung dimakan bersama nasi, atau dijadikan bahan baku masakan lain seperti sambal durian atau sambal tempoyak, brengkes (pepes) tempoyak, dan pindang patin tempoyak.

3. Ketan Durian

ketan durian lembut

Apa jadinya kalau ketan bertemu durian? Tentunya dessert yang gurih dan super nikmat! Ketan durian cukup populer di masyarakat. Cara buatnya pun tidak sulit, yakni kukus ketan putih yang telah direndam semalaman. Setelah itu, sajikan bersama daging durian plus taburan kelapa dan keju. Biar semakin mantap, tambahkan dengan saus durian yang kental. Yummy!

4. Serabi Durian

(Maria/Flickr)

Jalan-jalan ke daerah Jawa Barat, serabi selalu jadi satu cemilan wajib. Kalau serabi biasa dibuat dengan tepung beras, garam, dan santan, maka rasanya akan semakin mantap dengan tambahan daging durian. Apalagi disajikan dengan saus gula merah yang manis, hmm, pas sekali untuk santai sore sambil minum teh atau bajigur hangat.

5. Pancake Durian

resep dadar lipat isi durian

Kudapan satu ini pastinya sudah tak asing, ya. Pada umumnya, pancake durian yang banyak dijual adalah kulit dadar berisi campuran daging durian dan whipped cream. Wah, kebayang bagaimana creamy dan lembutnya pancake ini, kan? Namun selain whipped cream, ada beberapa resep yang memodifikasi isian pancake, seperti ResepKoki yang memakai enten durian. Enten durian adalah isian pancake yang terbuat dari daging durian, parutan kelapa, dan gula merah. Rasanya? Sudah pasti gurih dan legit!

6. Es Krim Durian

Es krim ini gampang ditemui di jalanan Bandung dan Bogor. Es durian merupakan perpaduan lembutnya es krim plus daging durian. Cara buatnya pun cukup mudah, terutama dengan tips berikut. Tambahkan dengan topping saus coklat, hmm, pastinya satu cup tidak akan cukup!

7. Sop Durian

(Durian Pontianak)

Kalau yang satu ini pastinya menyegarkan kalau diminum saat udara panas. Seperti halnya sop buah, sop durian atau duren terdiri dari daging buah durian, aneka potongan buah seperti melon, pir, apel, susu kental manis, es batu, plus taburan keju dan topping lainnya. Sop durian merupakan olahan durian yang populer, bahkan ada restoran atau kafe khusus yang menyediakan minuman segar ini.

Itu dia olahan durian yang populer di Indonesia. Bisa juga jadi inspirasi masakan atau pencuci mulut di rumah, ya? Apalagi kalau sedang musim durian, pastinya buah ini banyak ditemukan di pasaran. Namun sebelum beli, cek tips memilih durian dulu agar daging buahnya segar dan manis.