Penulis: Tia

Kalau ditanya, apa peralatan memasak favorit saya, pasti akan saya jawab panci presto. Pressure cooker atau yang biasa disebut panci presto ini sangat memudahkan saya untuk memasak, terutama jika harus memasak daging. Dengan merebus atau mengungkep daging menggunakan panci presto terlebih dulu, daging akan lebih cepat empuk.

Panci presto memang menjadikan memasak lebih cepat dan mudah. Namun, memilih panci presto yang tepat, bukanlah persoalan gampang. Supaya anda tidak salah pilih, berikut 2 hal utama yang harus diperhatikan dan 5 rekomendasi panci presto terbaik untuk anda.

Ada 2 hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih panci presto:

1. Berapa kapasitasnya?

Kapasitas panci presto merupakan salah satu hal utama yang perlu anda perhatikan. Umumnya, panci presto memiliki kapasitas mulai dari 4 liter, 6 liter, 8 liter, hingga 10 liter. Besar-kecilnya kapasitas yang akan anda pilih, harus disesuaikan dengan kebutuhan memasak anda.

Kalau anda sering memasak dalam jumlah banyak menggunakan panci presto, sangat disarankan untuk langsung membeli panci presto berkapasitas minimal 8 liter. Sebab, ketika digunakan memasak, panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 bagiannya. Jadi, kalau langsung menggunakan panci presto berkapasitas besar, proses memasak anda akan lebih praktis, leluasa, dan tidak berulang-ulang.

Namun, jika anda termasuk yang jarang memasak menggunakan panci presto, kapasitas 4 liter cukup untuk dimiliki. Dengan kapasitas 4 liter ini, anda sudah dapat mengempukkan ayam, mengempukkan daging sapi, hingga memasak nasi.

2. Panci presto terbuat dari aluminium atau stainless steel?

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah material panci presto. Bahan material pembuat panci presto ini sangat menentukan cara penggunaan dan waktu memasak yang anda butuhkan.

Ada 2 jenis material yang paling sering digunakan, yaitu aluminium dan stainless steel. Panci presto dengan bahan aluminium memiliki keunggulan bobot yang ringan dan membuat makanan cepat matang. Sayangnya, panci presto aluminium ini juga membuat makanan cepat dingin karena tidak mampu menahan panas dalam waktu lama. Materialnya pun tidak tahan terhadap asam dan basa, sehingga cukup mudah berkerak.

Di sisi lain, panci presto berbahan stainless steel memang lebih lama mematangkan makanan dan bobotnya pun cenderung berat. Namun, daya tahannya jauh lebih baik karena tidak mudah berkarat. Materialnya pun mampu lebih lama menahan panas, sehingga makanan tidak cepat dingin. Kalau anda suka membuat rendang, panci presto stainless steel cocok sekali untuk dimiliki.

5 rekomendasi panci presto terbaik

5. Trisonic Pressure Cooker 10 liter

(Image: Lazada)

Panci presto berbahan stainless steel dan berkualitas bagus tidak selalu mahal. Trisonic Pressure Cooker 10 liter ini contohnya. Kapasitasnya pun terbilang sangat besar. Dengan harga terjangkau, anda bisa memasak dengan puas.

Panci presto ini memiliki fitur indikator kunci dan sealing ring yang menjaga tutup panci supaya rapat dan kencang. Terdapat juga 3 katup tekanan, yaitu safety cover lock, spring safety valve, dan metalic safety valve yang berfungsi menjaga tekanan pada panci presto agar selalu aman.

Harga: Rp 250.000

Lihat di Lazada PROMO: Trisonic Pressure Cooker 10 liter

4. Vicenza VP 308/8

Image: Lazada

Salah satu keunggulan dari Vicenza VP 308/8 ini adalah fungsinya yang 2 in 1. Tidak hanya berfungsi sebagai panci presto, Vicenza VP 308/8 juga bisa digunakan sebagai alat kukus atau steamer. Materialnya dari high grade aluminium dan kapasitasnya juga cukup besar, yakni 8 liter. Sangat best deal untuk harga yang cukup terjangkau.

Harga: Rp 270.000

Lihat di Lazada PROMO: Vicenza VP 308/8

3. Maxim Quattro Pressure Cooker

Image: Lazada

Maxim Quattro Pressure Cooker menjanjikan kemampuan memasak yang cepat; dapat menghemat waktu hingga 50%. Dengan waktu memasak lebih cepat, kualitas, rasa, panas, serta nutrisi dari makanan pun akan tetap terjaga dengan baik.

Panci presto ini memiliki tutup dengan kaca, sehingga dapat digunakan untuk memantau proses memasak. Pengunci dari panci presto ini ada di bagian kanan dan kiri, menyatu dengan pegangannya yang anti-slip. Sangat aman dan mampu mengunci dengan baik. Keunggulan lainnya, bagian dalam dari panci diberi lapisan teflon berkualitas. Jadi, makanan tidak akan menempel dan berkerak.

Harga: Rp 313.000

Lihat di Lazada PROMO: Maxim Quattro Pressure Cooker

2. Oxone OX-2008 Aluminium Pressure Cooker

Image: Lazada

Kalau anda membutuhkan panci presto berukuran cukup besar dan berkualitas baik, Oxone OX-2008 Aluminium Pressure Cooker adalah pilihan yang tepat. Dengan kapasitas 8 liter dan bentuknya yang melebar ke samping, anda dapat memasak dalam jumlah banyak dan pastinya juga mudah untuk mengaduk-aduk masakannya.

Panci presto ini dibuat dari material aluminium terbaik, sehingga ringan dan cepat membuat masakan matang. Gagangnya yang terdapat pada kanan dan kiri, terbuat dari kayu dan sangat mempercantik penampilan panci presto ini.

Harga: Rp 355.000

Lihat di Lazada PROMO: Oxone OX-2008 Aluminium Pressure Cooker

1. Philips HD 2136 Pressure Cooker 

(Image: Lazada)

Philips HD 2136 Pressure Cooker terbuat dari material stainless steel yang berkualitas terbaik. Panci presto elektrik ini berkapasitas 5 liter, memiliki sistem pengunci yang aman dan rapat, melepas tekanan secara otomatis, serta mampu menyebarkan panas secara rata.

Pakai pressure cooker ini, anda bisa hemat waktu sampai 75%, lho! Namun, gizi makanan tetap terjaga dengan baik tanpa berkurang sedikit pun. Selain itu, ada 14 menu otomatis yang bisa langsung anda masak. Kekurangannya, daya yang dibutuhkan cukup besar yaitu 900 watt.

Harga: Rp 1.600.000

Lihat di Lazada PROMO: Fincook Pressure Cooker PC-7601SS

Nah, itulah 5 rekomendasi panci presto atau pressure cooker terbaik. Sekali lagi, panci presto mana yang harus dibeli, perlu disesuaikan lagi dengan kebutuhan anda. Supaya tepat guna, berfungsi dengan baik, dan pastinya memudahkan anda dalam memasak.

5 Rekomendasi Panci Presto Terbaik dan Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membelinya
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 1 vote