Penulis : Atsa

Beras ketan banyak tumbuh di pertanian negara-negara tropis. Serealia ini terutama sangat populer di Indonesia.

Beragam hidangan lezat bisa dibuat dari ketan putih. Jika Anda memiliki beras ketan putih dan ingin berkreasi dengan beras ketan tersebut, berikut kami sajikan 6 sajian lezat berbahan dasar ketan putih.

1. Ketan Bubuk

Pertama-tama, buat bubuk kedelai untuk taburan ketan terlebih dahulu. Sangrai kedelai bersama daun jeruk hingga sedikit kecoklatan. Hati-hati, jangan sampai gosong ya.

Setelah dingin, blender bersama gula dan sedikit garam. Simpan dalam toples, bubuk kedelai ini bisa digunakan berkali-kali sebagai taburan.

Lanjutkan dengan membuat ketan tanak dari beras ketan. Anda bisa menggunakan rice cooker seperti menanak nasi biasa, namun sebelumnya beras ketan perlu direndam 1-2 jam.

Setelah ketan tanak dan panasnya berkurang dari rice cooker, pindah dalam wadah lain dan biarkan panasnya hilang sepenuhnya. Setelah dingin, sajikan dengan taburan bubuk kedelai.

2. Lemper

lemper ayam bakar wangi

Lemper memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hidangan ini biasa disajikan sebagai pembuka atau appetizer, bahkan suguhan dalam kue box.

Kombinasi ketan dengan daging ayam rasanya begitu gurih dengan tekstur legit. Untuk membuatnya, ketan perlu dikukus bersama santan supaya gurih. Taruh ketan yang sudah makan di atas daun pisang, beri daging ayam suwir berbumbu di atasnya, gulung lemper dengan daun pisang menyelimuti bagian luarnya. Lemper siap disajikan.

Baca Juga : Resep Lemper Ayam Bakar

3. Ketan Unti

Sajian kue kukus khas Nusantara yang sering dijadikan suguhan berbagai acara ini memang begitu populer. Sering juga ketan unti ini ditemukan di pasar yang menjual kue tradisional.

Untuk membuatnya, masak santan, daun pandan dan beras ketan, Aduk hingga santan terserap beras ketan. Kemudian kukus kembali hingga matang.

Dalam wadah, campur kelapa parut dengan gula jawa, aduk hingga tercampur rata. Beri sedikit garam, masak hingga gula jawa larut dan kelapa parut matang.

Ambil beberapa sendok ketan yang sudah matang, padatkan, taruh dalam wadah. Beri gula kelapa di atasnya, dan ketan unti siap disajikan.

4. Semar Mendem

Semar mendem siram

Rasanya hampir seperti lemper, namun bagian luarnya dilapisi telur santan dadar yang lembut. Tak kalah lezat dengan lemper, kudapan khas Solo ini mudah untuk dibuat sendiri di rumah, lho.

Sama seperti cara membuat lemper, hanya saja ketan isi ayam yang sudah dikepalkan, dibalut telur santan dadar. Kemudian disiram dengan saus fla santan kental.

Resep lengkap untuk membuat semar mendem, cek artikel resep semar mendem dari ResepKoki, ya.

Baca Juga : Resep Semar Mendem

5. Bubur Ketan Jagung

Beras ketan juga bisa dijadikan bubur yang nikmat saat diolah bersama jagung manis. Cocok sekali untuk sarapan pagi. Pertama-tama, masak ketan yang sudah direndam air selama 1-2 jam hingga pulen.

Cuci bersih jagung,pipil jagung,sisih kan. Atau bisa juga memakai jagung manis yang sudah langsung dipipil dari supermarket. Blender sebagian jagung hingga halus, masukan dalam rebusan air mendidih, masukan juga daun pandan. Masukan juga sebagian jagung pipil yang masih utuh, masak dan aduk rata.

Blender seperempat jagung hingga Halus masukan kedalam air yg sudah mendidih bersama jagung pipil lainnya aduk rata. Masukan beras ketan, aduk terus supaya tidak menggumpal dan lengket di panci.

Tambakan santan, gula dan garam. Aduk terus hingga bubur matang, koreksi rasanya. Sajikan saat masih hangat.

6. Wajik

wajik ketan praktis

Kue wajik merupakan kue tradisional yang manis dan sedikit lengket namun nikmat di mulut. Cemilan manis khas Jawa ini semakin nikmat saat disantap bersama teh hangat.

Cara membuatnya, masak terlebih dahulu ketan yang sudah direndam selama satu jam dengan kukusan atau rice cooker biasa.

Dalam panci, rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air. Aduk hingga tercampur rata dan mendidih.

Masukkan ketan yang sudah matang dalam rebusan santan. Aduk rata dan masak hingga santan terserap habis.

Pindahkan adonan pada loyang atau persegi panjang. Padatkan hingga rapi dan merekat semua, biarkan wajik dingin pada suhu ruang. Setelah dingin, potong-potong wajik dan siap disajikan.

Baca Juga : Wajik Ketan Gula Merah