Penulis : Atsa

Sayur sawi memang merupakan salah satu bahan sayur yang murah dan mudah ditemukan di setiap sudut pasar. Banyak orang menyukai sawi putih karena rasa segar dan sensasi renyahnya.

Sawi putih kaya akan vitamin A, C, dan B serta masih banyak nutrisi penting lainnya. Namun, untuk mengolahnya masih banyak juga yang bingung, sehingga biasanya hanya dimasak itu-itu saja.

Nah, supaya tidak membosankan kami sajikan 6 masakan lezat berbahan sawi putih. Jangan lupa, cek juga resep-resepnya di resepkoki, ya.

1. Tumis Sawi Putih

Memang terlihat sederhana sekali, namun rasa lezat dan pedasnya tumis sawi putih ini sangat cocok untuk lauk apapun dan disandingkan dengan nasi hangat. Resep sederhana ini juga cocok sekali buat dipraktikan oleh Anda yang baru belajar memasak.

Membuatnya sangat mudah, pertama tumis dulu bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah iris hingga harum. Anda bisa langsung memasukan sawi putih jika memang hanya ingin bahan sawi putih saja dalam masakan. Tapi kalau mau menambahkan wortel atau lauk lainnya seperti potongan dada ayam, telur puyuh atau irisan bakso, masukan dan masak bahan yang keras terlebih dahulu. Aduk rata, dan tuang sedikit air hingga bahan yang keras matang.

Tambahkan saus tiram, garam, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga matang. Koreksi rasanya. Setelah matang dan rasanya pas, angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Tumis Sawi Putih

2. Sayur Bening Sawi

Kalau ingin yang juga simpel tapi terasa segar, sayur bening sawi putih bisa jadi pilihan. Rasanya yang begitu lezat dengan kuah gurih. Apalagi jika Anda menambahkan bahan pelengkap seperti potongan dadu kecil tahu putih atau bakso. Jadi semakin nikmat!

Untuk membuatnya, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Setelah harum, tuang air lalu masak hingga mendidih. Supaya lebih nikmat, Anda juga bisa mengganti air biasa dengan air kaldu ayam.

Masukkan sawi putih. Bumbui dengan garam dan gula, aduk rata dan masak hingga matang. Koreksi rasanya, jika sudah pas maka siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sayur Bening Sawi

3. Sapo Tahu

Bukan berarti harus sawi putih saja yang dijadikan bahan utama masakan, resep lainnya seperti sapo tahu juga semakin lezat karena ada pelengkap renyahnya sawi putih dalam komposisi hidangannya.

Masakan dengan bahan utama tofu, potongan daging, dan campuran sayuran ini sangat lezat dan juga segar. Yang perlu dilakukan pertama dalam memasak sapo tahu yaitu menggoreng potongan tofu terlebih dahulu, supaya tidak rusak dan pecah saat direbus dengan sayuran lainnya.

Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan potongan daging dan masak hingga matang. Lalu, masukkan semua sayuran termasuk sawi putih, aduk hingga merata.

Tambahkan air kaldu, masak hingga mulai matang. Masukkan saus tiram, kecap manis, dan garam. Aduk dan masak hingga matang merata. 3 menit sebelum matang, masukkan larutan tepung sagu dan aduk hingga mengental. Terakhir masukkan tofu yang sudah digoreng dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sapo Tahu

4. Capcay

Capcay merupakan hidangan dari aneka ragam sayur. Menu super sehat ini punya rasa gurih lezat yang bahkan disukai anak-anak yang biasanya tidak suka sayur. Anda bisa memilih untuk membuat capcay tumis, goreng, atau kuah.

Membuat capcay tidak sulit, awali dengan menumis bawang putih yang digeprek dan irisan bawang bombay hingga harum. Masukan bahan-bahan yang keras terlebih dahulu supaya matangnya merata, seperti daging, lalu udang dan irisan bakso.

Untuk sayuran juga masukan yang keras terlebih dahulu, seperti wortel, lalu brokoli, bunga kol, baru kemudian sawi hijau dan sawi putih. Tambahkan air kaldu, beri bumbu garam dan merica. Masak sampai matang dan cek rasanya.

Anda juga bisa menambahkan minyak wijen supaya lebih sedap. Setelah matang, cek rasanya lalu sajikan.

Baca Juga : Resep Tumis Capcay

5. Orak Arik Telur Sayuran

Orak arik sayur sedap

Bagi Anda yang anaknya sulit makan sayur, resep orak arik telur dan sayur bisa dicoba. Panaskan minyak, goreng telur yang sudah dikocok sambil di orak arik (scramble) hingga pecah-pecah dan mulai matang.

Setelah telur mulai matang, tambahkan mentega lalu tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi. Masukan sayur yang keras terlebih dahulu seperti wortel dan buncis, masak hingga setengah matang. Mentega berfungsi untuk menambahkan rasa gurih yang disukai anak-anak, jadi anak Anda akan suka makan sayur ini.

Lanjutkan dengan memasukan sayuran yang cepat matang seperti kol dan sawi. Beri sedikit kaldu, atau sedikit sekali air dan kaldu bubuk. Masak hingga matang seluruhnya. Tambahkan merica, gula dan garam, koreksi rasanya. Angkat dan siap untuk disajikan.

Baca Juga : Resep Orak-Arik Telur Sayuran

6. Mie Godog Jawa

Sawi putih juga bisa menjadi penambah kelezatan pada hidangan seperti mie godog, atau mie rebus Jawa. Lembutnya mie telur dengan kuah panas makin nikmat dan sehat karena ditambah renyahnya sayuran seperti wortel dan sawi putih.

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukan air kaldu, setelah mendidih tambahkan sayuran yang keras, masak hingga setengah matang. Masukan mie, beri gula dan garam, aduk merata.

Setelah mie setengah matang, tambahkan sawi putih, seledri, dan daun bawang, masak hingga semua matang. Tambahkan merica dan irisan tomat sebagai penyegar, koreksi rasanya. Sajikan panas-panas dengan taburan bawang merah goreng dan acar.

Baca Juga : Resep Mie Godog Jawa