Penulis: Windy | Editor : Atsa

Idul Adha akan datang beberapa hari lagi nih. Memang ada banyak jenis daging yang biasa diolah saat Idul Adha, tapi umumnya yang pasti ada di rumah adalah daging kambing. Pastikan anda sudah punya resep untuk mengolah daging kambing ya.

Banyak olahan daging kambing yang bisa anda masak, tapi masakan mana nih yang sesuai dengan selera anda? Berikut beberapa pilihan resep kreasi daging kambing yang bisa anda pilih.

Baca Juga3 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

1. Sate Kambing

Sate kambing empuk

Satu hari sebelum Idul adha pasti banyak sekali penjual yang menjajakan arang, panggangan, dan tusuk sate. Yap, pasti banyak yang akan membuat sate kambing di malam hari.Untuk membuat sate kambing yang enak, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pertama, rendam daging kambing dengan bumbu (marinade) minimal 1 jam di dalam kulkas. Selain bumbunya akan meresap, tekstur daging juga akan lebih empuk. Kedua, saat sate dibakar oles daging dengan sisa bumbu yang ada.  

Coba resep: Resep Sate Kambing

2. Gule Kambing

Gulai Kambing Jawa

Kalau lebih suka yang berkuah dan segar, anda bisa membuat gule kambing. Gule kambing adalah gulai versi Jawa Tengah. Berbeda dengan gulai kambing Padang yang kental, gule kambing ini encer dan berkuah banyak.

Selain daging kambing, anda juga bisa menambahkan gajih, jeroan, dan rusuk kambing. Kenikmatan gule akan meningkat dengan tambahan cabe rawit utuh saat anda menyantapnya. Aroma bunga lawangnya yang harum juga membuat semakin ngiler, lho.

Coba resep: Resep Gulai Kambing

3. Nasi Goreng Kambing

Kalau bosan dengan sate dan gule kambing, anda bisa membuat nasi goreng kambing. Selain mudah, membuatnya pun hanya membutuhkan sedikit waktu. Nasi goreng kambing memiliki rasa yang khas  dan lezat lho. Memakan nasi goreng kambing semakin lezat dengan tambahan kerupuk udang, acar, timun, dan tomat.

Coba resep: Resep Nasi Goreng Kambing

4. Tengkleng Kambing

tengkleng kambing lezat

Kalau daging, jeroan, dan iga sudah habis dan hanya tersisa tulang, jangan bingung. Anda bisa membuat makanan lezat yang banyak dicari di kota Solo, yaitu tengkleng. Terdapat dua versi membuat tengkleng, dengan santan dan tanpa santan. Rasa gurih dan khas tulang kambing sangat nikmat, lho.

Coba resep: Resep Tengkleng

5. Tongseng Kambing

Selain gule dan tengkleng sebagai makanan berkuah, anda juga bisa mencoba tongseng. Rasa gurih, manis, dan pedas akan membuat anda ketagihan. Apalagi potongan daging kambing yang empuk ini ditambah kol dan tomat. Untuk para penyuka pedas anda bisa menambahkan cabe rawit utuh ditambah nasi panas, sedap banget ya.  

Coba resep: Resep Tongseng Kambing

Jadi masakan apa nih yang akan menemani idul adha anda nanti? Sate kambing sepertinya paling pas pasti ya sambil berkumpul dengan keluarga besar. Selamat mencoba!