Penulis: Windy | Editor : Atsa

Dalam waktu beberapa hari kedepan pasti anda akan sibuk dengan mencari resep olahan daging sapi atau daging kambing. Berbeda dengan daging kambing, penggemar daging sapi lebih banyak karena alasan kesehatan ataupun karena tekstur dan aroma. Pasti anda berharap bisa mengolah daging sapi dengan berbagai masakan bukan? Berikut 8 olahan daging yang bisa anda buat.

Baca juga: 5 Aneka Masakan Kambing Untuk Idul Adha

1. Abon

abon sapi homemade

Kalau daging pemberian Idul Adha masih banyak di kulkas, masak menjadi abon saja. Abon daging bisa dijadikan stok lauk penyelamat kalau anda sedang malas memasak.

Saat membuat abon, sebaiknya anda membuatnya benar-benar kering agar tahan lama. Abon daging akan sangat enak kalau dimakan dengan nasi panas. Membuatnya sendiri pun tidak kalah mudah.

Coba resep: Resep Abon Sapi

2. Bistik

Bistik merupakan steak ala Nusantara. Seperti steak, sebaiknya anda menggunakan daging sapi bagian has dalam yang bebas lemak. Sebelum membuat bistik, anda perlu merebus daging terlebih dahulu supaya empuk. Kemudian baru masak daging bersama dengan bumbu bistik. Selain enak, membuat sendiri juga mudah, lho.

Coba resep: Resep Bistik Daging Sapi

3. Iga Penyet

Iga penyet empuk

Siapa tak kenal dengan salah satu restoran terkenal yang menjual menu iga penyet. Selain enak, iga yang disajikan juga empuk ya. Anda juga bisa membuatnya sendiri, kalau nanti mendapatkan bagian iga. Untuk mendapatkan rasa yang enak, anda bisa ungkep iga dahulu dengan bumbu kemudian digoreng. Setelah itu, penyet iga dengan sambal tomat dan lalapan. Enak sekali ya.

Coba resep: Resep Iga Penyet

4. Gulai Iga

Gulai iga sapi lezat

Selain iga penyet anda juga bisa membuat gulai iga kalau mendapatkan bagian iga. Iga yang sudah direbus kemudian dimasak kembali dengan bumbu gulai dan santan kental. Merebus daging iga terlebih dahulu akan membuat iga empuk dan lepas sempurna dari tulangnya. Rasanya yang gurih dan aroma yang menggoda pasti membuat semakin lapar.

Coba resep: Resep Gulai Iga Sapi

5. Daging Lada Hitam

sapi lada hitam

Jika ingin membuat menu daging seperti restoran, anda bisa membuat daging lada hitam. Untuk mendapatkan rasa daging lada hitam yang maknyus, anda perlu marinade daging dahulu selama 1 jam. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan gurih, gunakan daging has dalam dengan potongan daging tipis. Dijamin ketagihan dan nambah terus deh kalau masak daging lada hitam.

Coba resep: Resep Sapi Lada Hitam

6. Semur

Semur merupakan hidangan daging dengan kuah warna coklat dengan teknik memasak slow cooking. Warna kuah cokelat semur berasal dari campuran kecap manis dan bumbu lainnya. Kuah semur yang kental dan rasa yang manis dan gurih sangat cocok dimakan dengan satu piring nasi hangat, lho.

Coba resep: Resep Semur Daging Sapi

7. Sate Maranggi

Sate Maranggi sunda

Sate maranggi adalah sate khas Sunda yang mudah anda dapatkan jika berkunjung ke Cianjur, Purwakarta, dan sekitarnya. Sebelum dibakar, daging yang sudah dipotong dadu di marinade terlebih dahulu selama 2 jam. Setelah dibakar, sate dihidangkan dengan sambal tomat iris yang segar dan nasi timbel. Nikmat sekali lho.

Coba resep: Resep Sate Maranggi

(Image: Lazada)

Masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada PROMO). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang hobi masak.

Jadi, olahan daging sapi mana nih yang akan anda buat? Semuanya enak-enak ya, tapi kalau saya pilih abon deh. Selain rasanya yang gurih, abon bisa disimpan jangka panjang juga lho. Selamat mencoba!

Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)