Penulis: Tia

Sejak pertama kali melihat bread maker, saya langsung ingin memilikinya. Gimana tidak? Dengan alat ini, saya bisa membuat roti homemade yang fresh setiap hari secara otomatis. Tinggal masukkan bahan-bahan ke dalam wadah dan biarkan alat ini memproses mulai dari mengaduk, menguleni, hingga memanggang roti sampai matang.

Setelah mengetahui fungsinya, saya yakin banyak dari anda yang jadi cukup tertarik untuk membeli bread maker. Tapi sebelumnya, ketahui dulu kelebihan bread maker lebih dalam dan 5 rekomendasi bread maker terbaik yang bisa anda miliki.

Baca jugaBread Maker: Cara Kerja, Penggunaan, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Kelebihan bread maker

1. Memiliki fungsi 3 in 1

Secara sederhana, bread maker merupakan alat pembuat roti 3 in 1. Dengan fungsi 3 in 1 ini, bread maker mampu menguleni, fermentasi, dan memanggang adonan sekaligus.

Semua proses terjadi secara otomatis pada 1 alat ini saja. Anda hanya tinggal memasukkan bahan-bahan yang dibutuhkan, pilih menu adonan yang diinginkan, dan biarkan bread maker memproses segalanya hingga roti matang sempurna.

2. Ada fitur menu roti dan adonan

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana 1 alat ini saja dapat membuat berbagai jenis roti dan kue. Jawabannya, bread maker memiliki fitur menu aneka roti dan adonan.

Rata-rata, pada setiap bread maker tersedia lebih dari 10 menu. Mulai dari menu roti tawar, roti manis, roti gandum, hingga adonan pizza, pasta, dan selai. Khusus untuk roti tawar, anda juga bisa memilih warna yang diinginkan untuk pinggirannya.

Menu ini anda pilih setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah dimasukkan ke dalam wadah. Dengan menekan tombol menu yang diinginkan, mesin secara otomatis mengeset waktu yang dibutuhkan hingga adonan matang. Anda hanya tinggal duduk manis dan menunggu saja.

3. Anti gagal

Keunggulan bread maker yang paling menggoda adalah anti-gagal. Walaupun belum pernah membuat roti sebelumnya, tingkat kegagalan anda akan sangat kecil. Sebab, segala prosesnya berlangsung secara otomatis.

Namun, tetap ada kunci utama yang perlu diperhatikan. Anda harus mengikuti resep dengan benar. Mulai dari takaran hingga urutan memasukkan bahan. Kalau semua sudah sesuai, dijamin roti buatan anda akan selalu sukses dan nikmat rasanya.

5 rekomendasi bread maker terbaik

5. Bread Master Healthy Bread Maker

Image: Lazada

Alat canggih seperti bread maker tidak selalu mahal. Bread Master Healthy Bread Maker contohnya. Dengan harga yang terjangkau, bread maker ini sudah memiliki fitur program menu hingga 22 macam, termasuk menu yogurt, selai, dan ketan. Bahkan, bread maker yang lebih mahal pun, menunya tidak sebanyak ini.

Bread Master Healthy Bread Maker juga memiliki fitur 15 hours delay timer. Jika fitur ini diaktifkan, anda bisa menyiapkan bahan-bahan dari malam dan setting mesinnya untuk mengolah adonan 3 jam sebelum waktu sarapan. Praktis sekali, ya?

Harga: Rp 1.480.000

Beli di Lazada: Bread Master Healthy Bread Maker

4. Oxone Bread Maker OX-1200N

Image: Lazada

Salah satu keunggulan dari Oxone Bread Maker OX-1200N adalah desainnya yang elegan dan mewah. Ditambah lagi dengan tampilan tutupnya yang dilengkapi kaca transparan, membuat anda lebih mudah memantau adonan.

Oxone Bread Maker OX-1200N memiliki 12 program menu yang bisa dipilih. Di antaranya, ada menu adonan pasta dan juga selai. Daya listrik yang dibutuhkannya cukup kecil, yakni 500 watt saja. Lumayan menghemat biaya listrik.

Harga: Rp 1.930.360

Beli di Lazada: Oxone Bread Maker OX-1200N

3. ReBread RB-250 Gold Bread Maker

Image: Lazada

Bread maker ini sepertinya benar-benar ditujukan untuk orang Indonesia. Buktinya, 22 program menu yang dimiliki ReBread RB-250 Gold Bread Maker ini berbahasa Indonesia. Tidak hanya itu, ReBread RB-250 Gold Bread Maker juga dirancang khusus untuk adonan yang menggunakan tepung terigu lokal Indonesia.

Daya listrik yang dibutuhkan bread maker ini sekitar 500 watt. Cukup kecil dan hemat. Saat membeli ReBread RB-250 Gold Bread Maker, anda juga akan mendapatkan 1 buku resep berbahasa Indonesia dan 1 buah sarung tangan tahan panas.

Harga: Rp 2.480.000

Beli di Lazada: ReBread RB-250 Gold Bread Maker

2. Kenwood Bread Maker BM-250

Image: Lazada

Ada 1 hal yang menjadi kelebihan Kenwood Bread Maker BM-250, yaitu adanya fitur 1 hour keep warm function. Dengan fitur ini, roti buatan anda akan tetap hangat selama 1 jam. Jadi, saat menyantapnya, rasa roti tetap nikmat.

Kenwood Bread Maker BM-250 memiliki 12 program menu, termasuk menu adonan pasta dan selai. Daya listrik yang dibutuhkan lebih rendah dari bread maker lainnya, yakni 480 watt saja!

Harga: Rp 2.750.000

Beli di Lazada: Kenwood Bread Maker BM-250

1. Panasonic Bread Maker SD-P104

Image: Lazada

Dijual dengan harga yang lebih mahal, Panasonic Bread Maker SD-P104 jelas punya keunggulan. Bread maker ini memiliki 2 dispenser khusus, 1 dispenser untuk kacang serta kismis dan 1 dispenser lainnya untuk ragi. Dengan dispenser ini, topping dan ragi akan dimasukkan secara otomatis di waktu yang tepat. Jadi, anda tidak perlu buka-buka alat lagi.

Ada 13 program menu yang dimiliki Panasonic Bread Maker SD-P104, dua di antaranya adalah menu brownies dan pizza. Bread maker ini juga memiliki sistem pelindung panas berlebih, sehingga mesin tidak cepat rusak. Untuk daya listriknya, hanya 428 watt saja.

Harga: Rp 3.618.000

Beli di Lazada: Panasonic Bread Maker SD-P104

Dengan bread maker, anda bisa membuat roti yang fresh dan berkualitas setiap harinya. Asupan sarapan untuk keluarga pun jadi lebih terjaga nutrisi dan higienisnya. Masih ragu untuk membeli bread maker?

5 Rekomendasi Bread Maker Terbaik dan Kelebihannya dalam Membuat Roti Homemade
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)