Penulis: Tia

Selama ini, untuk menghaluskan makanan kita cukup sering menggunakan blender. Padahal, ada alat lain lho yang lebih cocok untuk menghaluskan makanan, yaitu food processor. Mata pisau yang dimiliki food processor lebih tajam dan mampu mencacah makanan dengan baik. Bahkan makanan padat seperti daging sekalipun bisa jadi halus tanpa tambahan air.

Memiliki food processor, menurut saya bisa menjadi investasi untuk dapur anda. Dengan alat ini, anda bisa menggiling kacang dan biji-bijian, menghaluskan bumbu, menggiling daging, hingga menguleni adonan kue dan roti. Tertarik membelinya? Berikut 2 jenis food processor dan 5 rekomendasi terbaik yang bisa anda pilih.

Jenis-jenis food processor

1. Chopper

Melihat dari fungsinya, chopper dapat dikategorikan sebagai food processor. Chopper digunakan untuk memproses makanan dengan cara mencincang, mencacah, dan juga menghaluskan.

Jenis makanan yang dapat diproses oleh chopper cukup beragam. Mulai dari kacang-kacangan, biji-bijian, aneka bumbu kering dan basah, hingga aneka daging. Sayangnya, hasil pengolahan chopper ini masih agak kasar. Jadi, kalau anda menginginkan hasil yang benar-benar halus, butuh waktu lebih lama dan kecepatan lebih tinggi.

Jika anda membutuhkan food processor untuk masakan rumah sehari-hari, jenis chopper adalah pilihan yang tepat. Ukurannya tidak terlalu besar, harganya terjangkau, dan fungsinya pun sudah mencukupi semua yang anda butuhkan.

Baca juga: Food Processor: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, Kekurangan

2. Professional Food Processor

Keunggulan utama professional food processor dibandingkan chopper adalah multifungsi. Tidak hanya untuk mencacah, mencincang, dan menghaluskan makanan, professional food processor juga bisa digunakan untuk mengocok telur hingga mengaduk dan menguleni adonan kue maupun roti.

Dengan fungsi yang lebih banyak, pastinya ukuran professional food processor menjadi lebih besar dari chopper. Selain itu, sebagian besar professional food processor juga dilengkapi dengan corong di tutupnya, untuk memudahkan anda memasukkan bahan makanan tanpa perlu dipotong-potong.

Dari segi harga, professional food processor terbilang cukup mahal. Tapi, jika melihat fitur dan fungsinya, harga mahal ini bisa dimaklumi. Jadi, kalau anda memiliki budget lebih dan memang butuh food processor yang multifungsi, sebaiknya langsung membeli professional food processor saja.

Baca juga: 5 Hal Ini Harus Dihindari Saat Gunakan Food Processor

5 rekomendasi food processor terbaik

5. Cosmos Food Processor FP-300

Image: Lazada

Cosmos Food Processor FP-300 ini adalah salah satu food processor paling terjangkau. Harganya di bawah Rp 350.000, tetapi fitur dasarnya sudah terbilang lengkap. Bisa untuk menggiling kacang dan biji-bijian, hingga menghaluskan bumbu dan aneka daging.

Cosmos Food Processor FP-300 termasuk ke dalam jenis chopper. Oleh karena itu, ukuran dan kapasitasnya cukup kecil, yakni 300 ml. Bentuknya menyerupai kapsul, sehingga sangat praktis, ergonomis, dan mudah dibersihkan.

Harga: Rp 335.000

Lihat di Lazada DISKON: Cosmos Food Processor FP-300

4. Oxone OX-151 Eco Mini Chopper

Image: Lazada

Jika daya listrik kecil adalah salah satu pertimbangan anda dalam memilih food processor, maka Oxone OX-151 Eco Mini Chopper dijamin dapat menarik perhatian anda. Dengan kemampuan mencacah dan menghaluskan yang cepat, food processor jenis chopper ini hanya membutuhkan daya listrik 120 watt saja.

Body dari Oxone OX-151 Eco Mini Chopper terbuat dari plastik yang sudah food grade, sehingga aman digunakan. Untuk kapasitasnya, chopper ini memang hanya 350 ml saja. Tapi sudah sangat cukup kok untuk digunakan sehari-hari.

Harga: Rp 378.700

Lihat di Lazada DISKON: Oxone OX-151 Eco Mini Chopper

3. Little Giant Food Processor

(Image: Lazada)

Little Giant Food Processor punya 3 fungsi utama yaitu mengukus, menghaluskan, dan menghangatkan. Nilai lebihnya, alat ini bahkan bisa mengukus sekaligus menghaluskan.

Pakai Little Giant Fod Processor, and atinggal pencet tombol pilihan fungsi saja. Di layar LCD akan terlihat informasi waktu dan fungsi yang sedang berjalan. Sungguh praktis, kan?

Harga: Rp 800.000

Lihat di Lazada DISKON: Little Giant Food Processor

2. Philips Food Processor HR 7627

Image: Lazada

Philips Food Processor HR 7627 merupakan best deal yang bisa anda miliki. Fiturnya cukup lengkap, memiliki fungsi professional food processor, dan harganya masih di bawah Rp 1.000.000.

Ada2 fitur yang menjadi keunggulan Philips Food Processor HR 7627, yaitu Power Chop yang memproses makanan dengan lebih cepat dan lebih halus, serta Emulsifying Tool yang merupakan alat untuk membuat kocokan telur dan whipped cream cepat bervolume.

Tabung Philips Food Processor HR 7627 berkapasitas sebesar 2,1 liter dan memiliki corong di bagian atasnya. Corong ini cukup besar, muat hingga 2 buah wortel. Dengan corong besar ini, anda tidak perlu repot lagi memotong-motong makanan sebelum diproses.

Harga: Rp 934.997

Lihat di Lazada DISKON: Philips Food Processor HR 7627

1. Panasonic Food Processor MK-5076M

Image: Lazada

Kalau anda membutuhkan professional food processor yang ukuran dan kapasitasnya tidak terlalu besar, Panasonic Food Processor MK-5076M adalah jawabannya. Food processor ini memiliki kapasitas sekitar 800 ml, cukup kecil jika dibandingkan dengan professional food processor lainnya. Namun, fitur dan fungsinya tidak kalah banyak.

Panasonic Food Processor MK-5076M bisa anda gunakan untuk mencacah dan menghaluskan makanan, mengocok putih telur dan whipped cream, hingga memarut keju, memeras jeruk, dan memotong kentang. Dengan fungsi sebanyak ini, Panasonic Food Processor MK-5076M hanya membutuhkan daya 230 watt saja. Hemat, bukan?

Harga: Rp 2.275.000

Lihat di Lazada DISKON: Panasonic Food Processor MK-5076M

Dengan adanya food processor, anda dapat memasak dengan lebih variatif dan kreatif. Jadi, tidak ada ruginya untuk memiliki 1 dari 5 rekomendasi food processor di atas. Untuk sehari-hari, cukup pilih jenis chopper saja. Kalau sudah butuh yang multifungsi, professional food processor jelas pilihan yang tepat.