Penulis: Tia

Microwave bekerja untuk memasak makanan dengan cara memancarkan radiasi gelombang mikro melalui makanan. Gelombang mikro tersebut memicu molekul air dalam makanan saling bergesekan sehingga dapat memproduksi panas yang mematangkan makanan. Tidak heran jadinya, kalau makanan yang mengandung banyak air seperti sayuran, akan lebih cepat matang.

Microwave-microwave yang dijual di pasaran sekilas memiliki bentuk dan penampilan yang sama. Namun, sebenarnya dari microwave tersebut terdapat 3 jenis yang berbeda. Apa saja? Berikut pembahasan beserta 5 rekomendasi microwave terbaik untuk anda.

Baca juga: Microwave: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan

Ada 3 jenis microwave di pasaran:

1. Basic microwave

Basic microwave merupakan microwave yang dibuat dengan fungsi paling dasar, yaitu menghangatkan dan memanaskan. Dengan fungsi ini, anda dapat memanaskan aneka frozen food, dan menghangatkan makanan sisa semalam dalam waktu yang cukup singkat. Biasanya, tidak lebih dari 90 detik.

Fitur-fitur yang dimiliki basic microwave cukup beragam. Mulai dari menu auto-cook, menu defrost atau mencairkan makanan beku, meja putar, dan yang pasti ada yaitu fitur timer. Keberadaan fitur-fitur ini sangat bergantung pada merk, tipe, dan harga dari microwave. Pastinya, semakin bagus merknya dan mahal harganya, fiturnya pun semakin lengkap.

Selain untuk menghangatkan dan memanaskan, basic microwave juga bisa dimanfaatkan fungsinya untuk memasak makanan yang praktis dan sederhana. Misalnya mie instan, popcorn, aneka mug cake, hingga mac n cheese pasta.

2. Grill microwave

Sesuai dengan namanya, grill microwave memiliki fungsi tambahan untuk memanggang makanan. Oleh karena itu, saat membeli microwave ini, anda akan mendapatkan tambahan alas berjeruji yang biasa digunakan untuk memanggang.

Makanan yang bisa anda panggang menggunakan grill microwave adalah daging sapi, daging ayam, ikan, hingga kentang untuk membuat baked potato. Khusus untuk jenis daging-dagingan, anda harus memotongnya terlebih dahulu menjadi beberapa potongan kecil, supaya dapat matang dengan merata.

Walaupun memiliki fungsi memanggang, grill microwave tidak dapat digunakan untuk memanggang kue. Sebab, anda membutuhkan suhu panas untuk memanggang kue. Sedangkan, sumber grill microwave memanggang makanan menggunakan gelombang mikro, bukan suhu panas.

3. Convection microwave

Kalau anda ingin memiliki microwave yang multifungsi, bisa menghangatkan, memanaskan, memanggang daging, hingga memanggang kue, convection microwave adalah pilihan yang tepat. Secara singkat, convection microwave merupakan gabungan dari microwave dan convection oven. Sehingga, makanan dimasak dengan 2 sumber energi, yaitu suhu panas dan gelombang mikro.

Dengan adanya 2 sumber energi, makanan yang dimasak menggunakan convection microwave dapat lebih cepat matang. Untuk hasil panggangan pun, permukaannya akan memiliki warna kecoklatan yang cantik. Dari segi harga, convection microwave merupakan yang paling mahal dibandingkan 2 jenis microwave lainnya.

5 rekomendasi microwave terbaik

5. Aqua Digital AEM-S1112S

(Image: Lazada)

Aqua Digital AEM-S1112S adalah salah satu best deal yang bisa anda miliki. Harganya sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp 1.000.000. Namun, fitur serta fungsinya sudah cukup lengkap.

Aqua Digital AEM-S1112S ke dalam jenis convection microwave. Sehingga, bisa berfungsi untuk memanaskan dan menghangatkan makanan, memanggang daging, hingga memanggang kue. Microwave ini juga dilengkapi dengan 6 tingkat power kontrol dan timer yang akan membuat proses memasak anda jadi lebih praktis. Hanya berdaya 400 watt, Aqua Digital AEM-S1112S ini berkapasitas 17 Liter.

Harga: Rp 989.000

Lihat di Lazada PROMO: Aqua Digital AEM-S1112S

4. Sharp R-21 D0(S) Microwave 

(Image: Lazada)

Microwave keluaran Sharp ini harganya cukup terjangkau. Hanya berdaya 450 watt sudah berkapasitas 23 Liter. Pintu yang terbuat dari kaca memudahkan anda memonitor makanan

Fitur yang ditawarkan Sharp R-21 D0S Microwave Oven cukup banyak. Mulai dari ada sistem mekanik untuk menu berulang, 5 power control, dan timer otomatis. Cukup bermanfaat bagi kegiatan masak anda.

Harga: Rp 989.000

Lihat di Lazada PROMO: Sharp R-21 D0(S) Microwave

 

3. Samsung Microwave MS-28J5255UB

(Image: Lazada)

Walaupun masih jenis basic microwave, Samsung Microwave MS-28J5255UB memiliki banyak sekali fitur canggih dan menarik. Mulai dari eco mode yang mampu menghemat energi hingga 40% saat standby, power defrost yang dapat mencairkan makanan beku lebih cepat dari microwave lainnya, turntable on/off untuk mengaktifkan atau menonaktifkan putaran piring alas, dan deodorization yang mampu mengeluarkan udara tidak sedap di dalam microwave.

Kapasitas yang dimiliki microwave dari Samsung ini juga terbilang besar, yaitu 28 liter. Bagian dalam microwave ini juga dilapisi keramik enamel yang anti gores, anti bakteri, dan mudah untuk dibersihkan.

Harga: Rp 1.499.000

Lihat di Lazada PROMO: Samsung Microwave MS-28J5255UB

2. Panasonic Microwave NN-ST32HM

(Image: Lazada)

Mencari microwave dengan fungsi dasar tapi berkapasitas cukup besar? Panasonic Microwave NN-ST32HM adalah jawabannya. Microwave ini memiliki kapasitas hingga 25 liter, sehingga anda mampu menghangatkan makanan dalam jumlah cukup banyak sekaligus.

Panasonic Microwave NN-ST32HM bisa langsung memasak 9 menu makanan dengan fungsi auto-cook. Fitur lain yang diunggulkannya adalah quick 30 function . Dengan fitur ini, anda bisa mengatur waktu memasak cepat selama 30 detik tanpa memilih setelan lainnya.

Harga: Rp 1.699.000

Lihat di Lazada PROMO: Panasonic Microwave NN-ST32HMT

1. Oxone OX-77D Mirror Microwave Oven

(Image: Lazada)

Kata siapa convection microwave selalu butuh daya listrik yang besar? Buktinya, Oxone OX-77D Mirror Microwave Oven ini hanya butuh daya listrik 500 watt saja untuk pengoperasiannya. Dengan daya listrik yang cukup kecil, microwave ini sudah mampu menjalankan fungsi memanggang daging, memanggang kue, menghangatkan makanan, dan defrost makanan beku.

Dari segi kapasitas, Oxone OX-77D Mirror Microwave Oven memang terbilang kecil, yakni hanya 20 liter saja. Namun, desainnya yang cantik dan elegan, serta fitur auto cook yang dimilikinya, membuat microwave ini terasa spesial.

Harga: Rp 1.745.000

Lihat di Lazada PROMO: Oxone OX-77D Mirror Microwave Oven

Memiliki microwave, menurut saya adalah sebuah investasi karena dapat membuat proses memasak anda jadi lebih praktis. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda membeli salah satu dari 5 microwave yang kami rekomendasikan di atas. Dijamin anda tidak akan kecewa.