Penulis: Graminda

Saat weekend, seringkali suami dan anak saya ingin menyantap steak di restoran. Jika terlalu sering, keuangan jadi tekor, kan. Akhirnya saya coba saja buat steak di rumah. Biasanya, saya hanya mencampur saus tomat dan saus sambal sebagai pelengkap steak. Membosankan sekali!

Setelah mencari tahu sana-sini, saya pun tahu ternyata  saus steak itu banyak jenisnya dan gampang dibuat, lho!  Tak perlu keluar uang banyak, kini anda bisa membuat steak se-enak di restoran. Cek di bawah ini ya!

Baca Juga: Tips Memasak Beef Steak agar Lebih Enak

1. Salsa Verde

(Image: Salsa Verde Alamy)

Saus asli Italia ini berwarna hijau dan memiliki rasa gurih dan sedikit asam. Sangat cocok dimakan bersama steak medium rare. Aromanya yang kuat dapat menghilangkan aroma amis dari steak.

Potong kecil-kecil daun peterseli, daun bawang, dan mint lalu campur dalam mangkuk. Tambahkan 1 sendok teh caper, irisan ikan teri (sesuai selera), 1 siung bawang putih, perasan 1 buah lemon dan 3 sendok makan minyak zaitun.

Aduk hingga merata dan tambahkan garam atau gula sesuai selera anda.

2. Saus Jamur (Mushroom Sauce)

(Image: Dishmaps.com)

Bagi yang suka saus bercitarasa creamy dengan tekstur kental, maka saus ini sangat pas dengan anda. Beberapa restoran mewah bahkan menyajikan steak dengan siraman saus berwarna kecoklatan ini.

Tumis 200 gram jamur kancing yang telah diiris bersama 50 gram butter. Masukkan 2 buah bawang putih cincang dan tumis hingga kecoklatan. Tambahkan 1 sendok makan mustard dan 2 sendok makan whipped cream. Beri garam, lada hitam, dan gula sesuai selera anda.

Aduk saus hingga  mengental dan berubah warna. Tumis selama 3-4 menit menggunakan api sedang agar bumbu lebih meresap. Sangat mudah bukan?

3. Black Pepper Sauce

(Image: Geniuskitchen.com)

Saus ini pasti ada di setiap menu steak dan terkenal di kalangan pecinta pedas. Saya sendiri pernah mencobanya di rumah dan memang membuat ketagihan. Rasanya pedas dengan tambahan rasa gurih dan creamy.

Lelehkan butter di wajan, tambahkan 1 siung bawang putih cincang, lada hitam dan air. Setelah tercium aroma wangi, tambahkan garam secukupnya, 4 sendok teh kecap asin dan 2 sendok teh gula merah.

Aduk hingga merata. Lalu beri tepung maizena dan aduk hingga mengental sekitar 3 menit. Bila anda suka, tambahkan juga susu agar lebih gurih.

Coba Resep: Resep Beef Steak Saus Black pepper

4. Saus Tomat Pedas

(Image: foodnetwork.com)

Ini adalah saus yang paling sering saya coba di rumah. Selain mudah, bahannya pun pasti selalu ada di dapur. Rasanya asam dan pedas sehingga dapat dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Siapkan  tomat segar, saus tomat, bawang putih, garam, cabai merah dan gula. kemudian blender semua bahan hingga halus. Setelah itu, masak di wajan panas dan aduk hingga mendidih. Tambahkan tepung maizena hingga kekentalannya sesuai selera anda.

Bila memiliki stok keju parmesan, bisa juga ditambahkan agar saus lebih terasa gurih.

5. Saus Teriyaki

(Image: seriousseats.com)

Jika ingin steak bergaya khas Jepang, padankan saja dengan saus teriyaki. Saus ini memiliki rasa manis dan asin, sangat cocok bila anda tidak menyukai makanan pedas.

Cukup campurkan 5 sendok makan kecap asin, 1 siung bawang putih cincang, 5 sendok makan air, irisan jahe, gula merah (secukupnya) dan 1 sendok makan madu. Masak dalam panci hingga mendidih, lalu tambahkan tepung maizena hingga mengental.

Steak bergaya Jepang pun siap disantap.

Coba Resep: Resep Chicken (Ayam) Teriyaki

Kini tidak perlu mencari restoran steak lagi, karena rumah anda telah menjadi restoran terenak bagi keluarga. Selamat mencoba!

Hanya 5 menit untuk 5 Saus Steak yang Enak dan Simpel Ini!
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)