Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Saya bukan orang yang bisa menghabiskan banyak waktu di dapur. Jika harus menyiapkan sajian keluarga, saya pasti memilih resep-resep praktis yang lezat. Maklum, sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga, saya harus bisa menyeimbangkan waktu dengan keluarga dan juga pekerjaan.

Namun, kebingungan saya di dapur sering terbantu dengan hadirnya banyak resep mudah dan murah yang cocok untuk santapan bersama. Beberapa berhasil saya rangkum di bawah ini yang mungkin bisa menginspirasi anda. Yuk langsung cek yang satu ini!

1. Oseng Ayam

Ayam adalah jenis daging yang tak butuh waktu lama untuk empuk dan tetap juicy. Oleh karena itu, buat saja oseng ayam dengan aneka bumbu favorit keluarga. Anda bisa pakai ayam tanpa tulang yang dipotong dadu, disuwir, atau dipotong sesuai selera. Goreng atau rebus ayam terlebih dulu agar tekstur lebih empuk, lalu campurkan dalam tumisan bumbu dan bahan.

Coba resep: Ayam Gongso

2. Sup Ikan

sup ikan kakap berbumbu

Sup ikan juga tak kalah nikmatnya dengan sup ayam atau sup daging, lho. Namun, pastikan daging ikannya tidak amis sebelum dicelupkan dalam kaldu sup, ya. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, potong ikan sesuai selera. Jika anda tak pakai bagian kepala, ekor, dan tulangnya, simpan saja untuk dibuat kaldu ikan.

Oh ya, ikan yang enak dibuat sup adalah ikan berdaging putih seperti nila, patin, gurame, kakap, hingga tenggiri. Tambahkan bahan atau sayuran yang memiliki rasa khas seperti tomat, sawi asin, dan irisan cabai agar sup ikan terasa lebih nikmat.

Coba resep:

3. Tumis Cumi

Di antara jenis seafood lain, cumi termasuk yang cepat matang dan mudah diolah jadi beragam sajian. Mau pakai cumi segar atau cumi asin, semuanya nikmat kalau ditumis dengan aneka bumbu atau saus.

Kalau pakai cumi segar, kucuri terlebih dahulu dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit supaya amisnya hilang. Anda bisa pakai cumi ukuran kecil atau ukuran besar yang nantinya dipotong cincin. Sedangkan untuk cumi asin yang sudah dicuci bisa langsung ditumis dengan bumbu, tapi perhatikan takaran garam agar tumisan tidak terlalu asin.

Coba resep Tumis Cumi Hitam

4. Tempe Penyet

Tempe penyet pedas

Penggemar pedas mana yang sanggup menolak sajian ini. Meskipun sederhana, tempe yang dipenyet dengan sambal merah tetap terasa nikmat dengan nasi hangat. Agar lebih mantap, rendam potongan tempe dalam bumbu lebih dulu sebelum digoreng.

Setelah matang, ulek dengan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi hingga tercampur merata. Pasangkan dengan kerupuk putih, dijamin kenyang bahagia!

Coba resep : Tempe Penyet

5. Semur Tahu

semur tahu mudah

Tak hanya digoreng atau dibuat sup, tahu yang dimasak semur juga sedap, lho. Bahannya simpel dan praktis dibuat untuk sesi makan kapanpun.

Anda bisa pakai tahu putih atau tahu kulit yang digoreng dulu sebelumnya, lalu tumis dengan bumbu halus putih, kecap manis, gula merah, serai, dan daun aromatik hingga tercampur rata. Tuang air dan masak hingga asat. Selain tahu, anda juga bisa menambahkan tempe dan telur rebus.

Coba resep : Semur Tahu

6. Orak Arik Telur Sayuran

Orak arik sayur sedap

Hidangan satu ini praktis dan menyehatkan. Bahan-bahannya sederhana, yakni telur, wortel, kol, buncis, dan jenis sayuran lain favorit anda, tapi dijamin tak kalah nikmat dengan lauk lainnya. Pastikan anda mengoseng telurnya terlebih dulu dan memasukkan irisan sayuran setelahnya. Psst, tak hanya untuk sajian makan keluarga, orak-arik ini juga cocok untuk bekal anak, lho.

Coba resep : Orak arik telur sayuran

7. Sayur Asem

Sayur yang gurih, asam, dan menyegarkan ini cocok dipadukan dengan lauk apapun. Entah itu gorengan atau bacem, sayur asem menambah kenikmatan makan bersama keluarga. Ada berbagai jenis sayur asem di Indonesia dengan bahan khas di tiap daerahnya, tapi secara garis besar, sayur berkuah ringan ini tak akan lepas dari nangka muda, jagung manis, labu siam, kacang panjang, dan melinjo. Sajikan selagi hangat dan siap-siap ketagihan menyeruput kuahnya!

Coba resep:

8. Gulai Sayur

gulai pakis praktis

Gulai adalah masakan berkuah khas Indonesia yang memakai santan. Jika biasanya gulai dibuat dengan daging dan jenis protein lain, yuk buat versi sayurnya dengan daun singkong dan pakis. Rasa cenderung pahit dari dua jenis sayur ini dijamin tak akan terasa saat dimasak gulai. Sayur jadi terasa lebih lembut dan bercitarasa dengan bumbu gulai yang beraneka ragam. Sajian ini sangat populer di tanah Minang, anda dapat menemukannya dengan mudah di RM Padang atau Kapau.

Coba resep Gulai Daun Singkong

9. Sambal Terong

Hidangan yang terakhir ini sekilas memang mirip terong balado. Namun, terong satu ini tak perlu dimasak dengan bumbu, melainkan hanya digoreng dan dituang tumisan sambal pedas. Yup, sambal terong tak kalah nikmat dari terong balado.

Bahan sambal yang digunakan pun sederhana, yakni bawang putih, bawang merah, cabai, dan ebi untuk menambah citarasa. Haluskan bahan-bahan tersebut dan tumis hingga harum. Tuang di atas potongan terong yang sudah digoreng, lalu sajikan dengan nasi hangat dan kerupuk putih. Slurp!

Coba resep : Sambal Terong

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi dapur cantik anda.

Nah, sekarang anda tak perlu bingung lagi kalau sedang buru-buru ya. Selain lauk gurih, anda juga bisa menyiapkan kudapan atau pencuci mulut dalam waktu singkat, nih. Siapa tahu tiba-tiba suami atau si kecil ingin ngemil setelah makan bersama, kan?

9 Sajian Lauk Ekonomis yang Siap Dalam 30 Menit
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 1 vote