Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Bagi saya, ngemil adalah suatu ritual yang tak boleh dilewatkan tiap harinya. Selama masih dalam batas wajar, menyantap kudapan tentunya sah-sah saja dan justru bisa menaikkan mood. Apalagi kudapannya terasa lezat, pasti bahagianya terasa dua kali lipat!

Supaya lebih praktis, saya pun lebih sering jajan di luar rumah. Tinggal menunjuk salah satu jajanan kaki lima, bayar ke penjualnya, dan langsung santap! Namun kalau terlalu sering jajan kesannya jadi boros, ya. Belum lagi tempat jajan yang kurang higenis, rasanya lebih baik menyisihkan waktu di dapur untuk membuat kudapan sendiri. Bila anda juga tak punya banyak waktu di dapur (paling tidak setengah jam) tapi ingin kudapan simple dan nikmat, bisa contek daftar berikut ini, nih!

1. Roti Bakar

Wah, kudapan yang satu ini tak butuh sampai 30 menit! Cukup oleskan margarin atau mentega pada dua sisi roti tawar, lalu panggang di atas wajan anti-lengket hingga tekstur luarnya renyah. Supaya rasanya semakin nikmat, beri taburan meises, keju parut, lelehan coklat, selai, susu kental manis, atau satu scoop es krim. Hmm, tak perlu repot-repot ke kafe atau warung gaul, kan?

2. Pisang Coklat

Pisang Coklat Garing

Hayo, siapa yang langsung terbayang renyahnya kulit dan lumernya kudapan ini? Pisang coklat termasuk kudapan yang populer di pasaran. Kalau anda punya kulit lumpia instan di rumah, langsung saja buat isiannya, deh! Potong pisang lalu taburi dengan meises coklat dan parutan keju. Selanjutnya, bungkus dengan kulit lumpia dan goreng hingga luarnya renyah. Ketika digigit, renyahnya kulit berpadu manisnya pisang dan lelehan coklat dijamin bikin gagal diet!

3. Bola Ubi

Bola Bola ubi manis

Jajanan yang satu ini juga sedang hits. Bola ubi adalah adonan bola ubi yang digoreng dan kopong atau kosong bagian dalamnya, tapi kalau ingin diberi isian juga bisa, lho. Rebus ubi favorit anda, entah ubi kuning atau ubi ungu, hingga tekstur lunak dan bisa dilumatkan. Setelah itu, campur dengan bahan-bahan lain dan buat bola-bola. Intinya supaya kopong, bola ubi harus digoreng dengan api kecil sambil terus dibolak-balik hingga mekar perlahan. Hasilnya dijamin kriuk!

4. Bakwan

Bakwan mie praktis

Siapa yang tak kenal dengan kudapan ini? Entah dibuat lauk atau cemilan, bakwan selalu jadi pelengkap yang gurih dan nikmat. Bahkan, kudapan ini bisa dibuat dengan aneka bahan selain sayur, lho. Anda bisa coba kreasikan dengan mie, tahu, udang, dan bahan favorit lainnya. Cukup potong bahan kecil-kecil, campurkan dengan adonan tepung, dan goreng hingga matang. Jangan lupa sajikan dengan cabai rawit hijau, ya!

5. Onde-Onde Ketawa

onde onde ketawa

Eits, ini bukan onde yang isi kacang, lho. Onde-onde ketawa ini lebih renyah dan kenampakkannya memang mekar seperti orang ketawa. Kocok terigu, gula pasir, margarin, telur, dan baking powder hingga adonannya mekar. Bulatkan adonan lalu celupkan ke air sebentar, gulingkan ke wijen putih, dan goreng dalam minyak panas yang banyak. Supaya ondenya “ketawa”, gunting adonan bentuk X pada adonan sebelum digoreng.

6. Cireng

rujak cireng lezat

Sering beli cireng yang alot? Buat saja versi rumahannya. Cireng ala tukang gorengan (bukan yang berisi, ya) terbuat dari campuran tepung sagu, daun bawang yang sudah dicincang, air mendidih, dan berbagai bumbu penyedap. Campurkan semua bahan hingga jadi adonan biang, lalu bentuk menjadi pipih sambil ditaburi sedikit tepung sagu. Goreng hingga matang dan sajikan dengan bumbu rujak yang pedas-manis. Nyam!

7. Tahu Bulat

tahu bulat

Tahu bulat boleh dijual murah-meriah, tapi pasti jauh lebih puas kalau bikin sendiri dengan ukuran lebih besar dan jumlah lebih banyak! Prinsip membuatnya hampir sama dengan bola ubi, yakni digoreng secara perlahan dengan api kecil hingga hasilnya mekar dan kopong sempurna. Bahannya simple sekali, yakni tahu putih, kuning telur, baking powder, dan kaldu yang dicampur jadi satu adonan. Bulat-bulatkan sesuai selera lalu goreng hingga bulat mekar!

8. Jamur Krispi

Penggemar jamur pasti tak akan melewatkan kudapan satu ini. Jamur krispi memang cemilan yang renyah di luar tapi lembut di dalam. Anda bisa pakai jamur tiram, jamur portabela, atau jenis jamur lain sesuai selera. Intinya mudah sekali, yakni cuci jamur dan tiriskan. Taburi jamur dengan tepung krispi dan langsung goreng dalam minyak panas. Tanpa menunggu 30 menit, jamur krispi yang renyah kriuk siap dicolek dengan sambal dan mayones!

9. Tempe Mendoan

tempe mendoan

Tempe goreng tepung rasanya sudah biasa. Tapi, kalau digorengnya setengah matang, hmm tepungnya masih semi basah dan terasa lembut! Mendoan adalah kudapan khas Jawa Tengah yang terbuat dari irisan tipis tempe dan digoreng dalam balutan adonan tepung. Nah, yang membuat mendoan semakin istimewa adalah potongan daun bawang yang dimasukkan dalam adonan tepung. Aromanya yang khas membuat tempe mendoan terasa lebih nikmat untuk teman minum teh di sore hari.

10. Crepes

crepes pisang keju coklat garing

Tak perlu jauh-jauh ke gerai crepes lagi, karena kudapan satu ini juga mudah dibuat. Campurkan terigu, tepung tapioka, telur, gula, susu, dan margarin jadi satu adonan yang tekstur agak kental. Buat kulit crepes di atas loyang bundar dan anti-lengket, lalu isi dengan aneka bahan favorit seperti meises, potongan pisang, parutan keju, es krim, smoke beef, sosis, hingga tuna dalam kaleng. Intinya mau manis atau gurih, semuanya bisa!

Gampang, kan? Pasti sudah tak sabar ingin langsung bikin, nih. Tapi kalau anda punya waktu lebih di dapur, bisa juga buat kudapan yang praktis, ekonomis, dan super lezat ini. Selamat mencoba!