Penulis: Windy | Editor : Atsa

Sebagai orang yang harus ada sayur setiap waktu makan, saya harus bisa memasak sayur dengan cepat. Salah satu sayuran paling praktis adalah kangkung.

Tekstur kangkung yang crunchy membuat sayur ini bertahan sebagai salah satu sayur populer yang paling digemari banyak orang. Biasanya sayur kangkung yang dijual atau diolah sendiri yaitu dengan cara ditumis. Tapi selain tumis kangkung, masih ada beragam resep olahan kangkung lainnya.

1. Tumis Kangkung

Menumis kangkung sering dilakukan karena paling mudah. Selain itu, menu ini cocok untuk dipadukan dengan berbagai lauk jadi banyak ada di di restoran khas Indonesia.

Pertama, tumis bumbu halus hingga harum dengan sedikit minyak. Lalu masukkan cabe merah, tomat, gula, dan garam. Setelah itu, masukkan kangkung dan aduk hingga layu. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga matang.

Coba resep: Tumis Kangkung Sedap

2. Kangkung Belacan

Belacan adalah sebutan terasi untuk masyarakat Melayu. Aroma dan rasa khas rebon ini akan meningkatkan kelezatan masakan. Salah satunya adalah tumis kangkung belacan.

Tumis bumbu dan terasi yang sudah dihaluskan serta daun salam hingga harum. Lalu masukkan gula pasir dan air. Aduk hingga bumbu tercampur rata dan masukkan kangkung. Masak kangkung hingga warna berubah jadi hijau terang dan sajikan.

Coba resep: Kangkung Belacan Khas nan Sedap

3. Kangkung Tauco

Kangkung tauco praktis

Bumbu tauco juga tak kalah lezat lho digunakan untuk tumisan kangkung. Rasanya yang khas membuat sukses menggoyang lidah anda.

Bawang putih, bombay, bawang merah, cabai, lengkuas, daun salam, dan ebi ditumis hingga harum. Lalu masukkan garam, merica, kecap, saus tiram, dan tauco. Tambahkan air dan aduk hingga rata. Tunggu hingga mendidih dan sajikan.

Coba resep: Kangkung Tauco Praktis Sedap Sekejap

4. Kangkung Saus Tiram

Tumis kangkung saus tiram adalah salah satu olahan favorit banyak orang. Kangkung yang renyah berpadu dengan bumbu gurih pedas dijamin akan membuat suasana makan anda jadi lebih istimewa.

Panaskan minyak lalu tumis semua bumbu halus hingga harum. Masukkan tomat, saus tiram, kecap manis, gula dan garam lalu aduk hingga rata. Setelah itu masukkan air dan kangkung, tunggu hingga layu dan sajikan.

Coba resep: Kangkung Saus Tiram Lezat Mudah Praktis

5. Mie Kangkung Ayam

mie kangkung lezat

Mie kangkung ayam wajib anda coba kalau bosan olahan tumisan kangkung. Mie ini memiliki sensasi renyah dari kangkung. Membuatnya pun mudah dan praktis.

Masak kangkung dalam air mendidih dan diamkan selama 30 detik hingga warnanya berubah lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu tata mie yang sudah matang, kangkung, ayam tumis dan beri isian daun bawang. Siram dengan kuah berbumbu dan sajikan.

Coba resep: Mie Kangkung Ayam Unik Lezat Spesial

6. Plecing Kangkung

plecing kangkung tender

Selain ditumis dan dijadikan campuran mie, kangkung juga bisa dimasak variasi lain seperti plecing. Plecing kangkung merupakan masakan khas dari Lombok.

Kukus kangkung sebentar lalu tata diatas piring. Setelah itu siram kangkung dengan sambal diatasnya dan sajikan. Sambal terdiri dari tomat, terasi, rawit, garam, dan jeruk nipis. Rasa yang asam dan pedas membuat plecing kangkung segar dan nagih.

Coba resep: Plecing Kangkung Renyah dan Pedas khas Lombok

Banyak variasi ya memasak kangkung. Selain ditumis dengan berbagai bumbu, dibuat mie dan plecing pun juga bisa. Tidak ribet dan praktis, jadi anda bisa memasak sayur dengan cepat. Selamat mencoba!