Penulis: Windy | Editor: Ria

Kemarin setelah keliling mencari makan, teman saya tiba-tiba mempertanyakan apa bedanya gado-gado dengan karedok. Sekilas kedua makanan ini terlihat sama saja, berbagai sayur dan bumbu kacang. Hingga kadang-kadang pun sang penjual merangkap menjadi penjual gado-gado maupun karedok. Membuat semakin bingung bukan?

Sebenarnya ada berbeda di antara gado-gado dan karedok. Berikut apa saja perbedaan antara gado-gado dan karedok

1. Daerah asal

Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Betawi atau kota Jakarta. Maka tak sulit bagi anda yang tinggal di Jakarta untuk mendapatkan gado-gado. Sedangkan karedok merupakan salah satu makanan Sunda atau Jawa Barat. Sehingga jika anda makan siang di restoran sunda anda pasti akan mendapatkan karedok dalam daftar menu mereka.

Coba resep: Resep Gado Gado Betawi

2. Sayur yang digunakan

Perbedaan yang paling terlihat dari gado-gado dan karedok ada pada sayuran yang digunakan. Sayuran dalam gado-gado biasanya adalah tauge, kol, kentang, wortel, daun selada, kacang panjang. bayam, dan kangkung. Pengolahan sayuran dalam gado-gado dengan merebus semua sayuran yang sebelumnya sudah dipotong-potong sebesar 2 ruas jari atau sekitar 3 cm.

Sedangkan sayuran yang ada dalam karedok antara lain, tauge, kol, timun, kacang panjang, daun kemangi dan terong bulat hijau. Terong bulat hijau merupakan salah satu sayur yang wajib ada jika anda akan memasak karedok. Sayuran pada karedok tidak diolah lebih lanjut, hanya dicuci bersih dan dipastikan tidak ada kotoran. Lalu, sayuran dipotong menjadi kecil-kecil agar mudah dimakan.

Coba resep: Resep Karedok

3. Tambahan sumber protein

Selain sayuran, dalam gado-gado terdapat tambahan sumber protein. Biasanya anda akan menemukan tahu dan tempe goreng yang sudah dipotong-potong serta telur rebus potong. Namun, di beberapa pedagang gado-gado mengganti telur rebus bulat dengan putih telur rebus saja.Sedangkan jika anda memakan karedok tidak ada tambahan sumber protein yang ada, anda hanya mendapatkan sayur-sayuran.

4. Bumbu Kacang

Bumbu kacang gado-gado lebih kental dan lebih manis serta warna bumbu kacangnya lebih pekat. Terkadang bumbu kacangnya pun ditambahkan santan agar lebih gurih dan penggunaan terasi menjadi opsional di bumbu kacang gado-gado. Di sisi lain, bumbu kacang karedok lebih cair dan menggunakan kencur dalam bumbu dasarnya agar lebih segar serta berwarna lebih muda karena tambahan air yang agak banyak.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia dengan Bumbu / Saus Kacang

Ya, itu dia perbedaan gado-gado dengan karedok. Anda tidak perlu bingung lagi mana yang akan anda pilih saat menemukan warung gado-gado dan karedok jika bersebelahan. Selamat mencoba!