Penulis : Atsa

Ketika mampir di toko peralatan masak, sering sekali kita melihat-lihat teknologi baru apa yang bisa memudahkan kita dalam memasak di dapur. Kalau dulu memanggang roti menggunakan teflon, sekarang sudah ada toaster. Menghangatkan makanan pun lebih mudah sejak ada microwave.

Ada banyak sekali memang alat-alat memasak modern yang menarik perhatian. Saking banyaknya kadang kita bingung, karena beberapa terlihat serupa dan seakan fungsinya hampir sama.

Slow cooker, instant pot, dan pressure cooker juga jadi contoh alat memasak modern yang banyak orang masih bingung bedanya. Nah, anda tahu bedanya atau bingung juga? Yuk, kenali perbedaannya supaya nggak bingung saat memutuskan mau membeli.

1. Fitur dan Cara Kerja

Image : lazada

Baik slow cooker maupun pressure cooker keduanya sama-sama alat untuk mempermudah proses memasak. Meskipun keduanya menghasilkan hasil yang serupa, kedua perangkat ini sebenarnya sangat berbeda. Jika anda pernah bertanya-tanya tentang perbedaannya, inilah penjelasannya.

Sesuai namanya, slow cooker menggunakan suhu panas yang rendah untuk memasak hidangan secara perlahan dalam waktu yang lama. Biasanya berkisar 4 hingga 10 jam, tergantung jenis masakannya. Terdapat 3 pengaturan suhu, yaitu low, high, dan warm untuk menghangatkan.

Pressure cooker merupakan panci presto yang menggunakan panas dan tekanan uap untuk memasak makanan lebih cepat. Alat ini ditempatkan di atas kompor dan diatur ke pengaturan panas yang tinggi.

Makanan disegel di dalam panci yang terkunci, namun memiliki katup khusus. Ketika cairan mendidih, uap dan tekanan di dalam panci keluar dari katup tersebut. Saat uap terbentuk, titik didihnya sangat tinggi, karena itulah makanan matang lebih cepat.

Meningkatnya tekanan dalam panci juga memaksa cairan masuk ke dalam makanan. Sehingga. juga membuat beberapa makanan seperti potongan daging jadi lebih empuk.

Nah, sedangkan instant pot sendiri merupakan alat memasak yang bekerja baik seperti slow cooker ataupun pressure cooker. Kelebihan dari instant pot, anda tidak harus mengeceknya setiap waktu. Alat ini bekerja lebih canggih, dan memiliki banyak pengaturan waktu yang bisa anda sesuaikan.

Baca Juga : 6 Slow Cooker Terbaik dan Trik Cerdas Memilih Sesuai Kebutuhan

2. Apa saja yang bisa dimasak?

Image: Lazada

Slow cooker sangat cocok untuk memasak semur, bubur, ikan kukus, membuat sup, dan kaldu. Pada hidangan semur, bumbu secara perlahan akan menyerap dalam daging. Begitu juga pada sup, sayuran matang merata dengan pas. Selain itu, slow cooker sangat cocok untuk ibu yang sedang memberikan mpasi bubur pada buah hati, lho.

Dalam panci bertekanan tinggi seperti pressure cooker hidangan menjadi empuk dan matang lebih cepat. Alat ini sangat cocok untuk melunakan bahan seperti daging dan kacang-kacangan.

Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah kecocokan cara kerja dengan bahan makanan yang akan diolah. Anda bisa memasukan kentang, wortel, atau sayuran segar apa pun dalam slow cooker. Namun, bahan yang empuk seperti pasta, labu, atau asparagus tidak cocok dengan slow cooker, karena akan cepat sekali rusak.

Nah, instant pot disebut-sebut sebagai multi-cooker yang dapat melakukan apa saja dan mudah disesuaikan dengan hidangan anda. Suhu dan waktu mudah diatur secara manual, dan juga ada beragam pilihan pengaturan otomatis yang dapat disesuaikan dengan hidangan anda.

Membuat nasi, bubur, kaldu, presto daging, bahkan menumis sayuran bisa dilakukan dengan alat ini. Memang harganya tentu lebih mahal, tapi dengan beragam keunggulannya tak salah juga untuk menyediakan instant pot di rumah.

3. Ruang (Space) yang Dimiliki

Image : eatathomecooks.com

Sebagai bahan pertimbangan juga, ukuran ruang atau space untuk memasak juga harus diperhatikan. Slow cooker yang mudah ditemukan di toko elektronik memiliki kapasitas  0,7 – 3 liter. Pressure cooker umumnya dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari 4 – 10 liter. Apalagi saat hari raya dan banyak daging di rumah, biasanya pressure cooker ukuran besar lah yang menjadi pilihan. Untuk yang suka simpel tapi multi fungsi, instant pot paling mudah ditemukan hanya dalam dua ukuran, yaitu 5 liter dan  6 liter.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Panci Presto Terbaik dan Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membelinya

Nah, sekarang sudah bisa membedakan slow cooker, instant pot, dan pressure cooker. Semoga informasi ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda dalam memilih mana yang lebih diperlukan.

Kenali Bedanya, Slow Cooker vs Instant Pot vs Pressure Cooker
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)