Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Di antara buah yang lain, pisang adalah salah satu yang paling banyak diolah jadi berbagai sajian. Dengan rasa pisang yang legit dan teksturnya yang lembut, olahan pisang rasanya tak pernah kehabisan penggemar, apalagi jika diolah dengan cara paling klasik dan mudah, yakni digoreng.

Pisang goreng sering disajikan dalam berbagai suasana, entah ngobrol sambil minum kopi, arisan, hingga perjalanan mudik. Tak heran, kudapan ini memang terasa gurih dan renyah di luar, sedangkan dalamnya terasa manis. Namun seiring berjalannya waktu, olahan pisang dengan digoreng pun mulai berinovasi dengan berbagai bentuk, bahan, serta teknik pengolahannya. Penasaran? Simak terus yang satu ini!

1. Pisang Goreng

pisang goreng renyah

Eits, pisang goreng di Indonesia ternyata punya banyak jenis, lho. Tak hanya berbalut tepung terigu saja, tapi ada banyak variasi bahan campuran atau jenis tepung yang dipakai. Ada pisang goreng madu yang warnanya agak gelap karena memakai campuran madu pada tepung gorengnya, pisang goreng kipas khas Pontianak, pisang goreng pasir yang memakai tepung panir, dan jenis pisang goreng lain.

Untuk pisang goreng umumnya memakai pisang tanduk, pisang raja, atau pisang kepok yang beraroma khas. Pisang bisa dipotong sesuai selera, digulingkan pada tepung goreng, dan digoreng hingga matang. Meskipun sebagian besar memakai tepung, ada juga pisang goreng yang tidak memakai tepung, lho. Jadi semua bergantung pada selera, ya.

2. Molen

Pisang Molen lembut

Kalau biasanya pisang goreng dibalut tepung krispi, olahan pisang goreng satu ini dibalut dengan adonan kulit yang tipis dan renyah. Hmm, pastinya tak kalah nikmat ya? Molen adalah pisang goreng asal Bandung. Kulit tipis yang membalut potongan pisang ini dibuat dari terigu, gula, margarin, telur, dan air yang dicampur jadi satu dan digiling tipis. Untuk pisangnya sendiri bisa pakai pisang lilin, pisang kepok, atau pisang raja. Goreng pisang yang dibalut adonan kulit hingga garing dan agak kecoklatan. Nyam!

3. Pisang Coklat (Piscok)

Pisang Coklat Garing

Kudapan yang satu ini sering dijajakan di depan sekolah atau lapak kaki lima. Pisang coklat adalah potongan pisang yang ditaburi meises coklat atau lelehan coklat, lalu dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng dalam minyak banyak. Terakhir, pisang coklat bisa ditaburi lelehan coklat atau selai coklat lagi agar semakin nikmat! Pisang yang digunakan bisa pisang lilin, pisang kepok, atau pisang raja. Jadi kalau biasanya yang dijajakan itu cenderung kurus piscoknya, anda bisa buat versi rumahannya yang lebih “gendut”, nih.

4. Godok Pisang

(Image: mimiekesuma.blogspot)

Eh, bukan berarti pisangnya diolah dengan direbus, nih. Godok pisang atau kue kodok atau cekodok adalah olahan pisang dari Aceh dan daerah sekitarnya yang mirip pisang goreng tepung, tapi pisangnya perlu dihaluskan dan dicampur dalam adonan tepung. Nantinya, adonan tepung dan pisang ini dibulat-bulatkan dan digoreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Rasanya yang lembut dan manis ini benar-benar bikin nagih, apalagi pakai pisang raja, kepok, atau ambon yang beraroma. Slurp!

Baca juga: 8 Tips Agar Gorengan Garing dan Renyah

5. Nugget Pisang

Pisang nugget enak

Wah, olahan pisang yang satu ini sedang hits di Indonesia. Kalau biasanya nugget dibuat dari olahan daging, nugget yang satu ini terasa lembut dan manis karena terbuat dari pisang. Nugget pisang dibuat dengan pisang yang dihaluskan dan dicampur dalam adonan tepung. Adonan ini nantinya dikukus hingga bentuknya set dan bisa dipotong, lalu dilumuri dengan tepung panir dan digoreng hingga coklat keemasan. Nah yang membuatnya makin istimewa: topping beraneka ragam seperti lelehan coklat, parutan keju, remahan oreo, hingga selai matcha. Mantap, kan?

6. Keripik Pisang

(Image: she.id)

Bosan dengan keripik kentang? Yuk, coba buat keripik pisang yang gurih-manis! Supaya lebih mudah diolah, gunakan pisang muda atau pisang yang teksturnya agak keras. Pilih juga jenis pisang yang beraroma seperti pisang tanduk, pisang uli, atau pisang kepok. Potong tipis pisang bentuk lingkaran atau sisir jika ingin keripiknya lebih panjang, lalu goreng hingga kering-renyah. Taburi sedikit garam atau bumbu-bumbu perasa lain agar lebih bercitrasa!

Baca juga: 4 Cara Membuat Keripik Sayur dan Buah

7. Sale Pisang Goreng

(Image: Istimewa)

Kalau kudapan di atas terbuat dari pisang segar, makanan yang satu ini memerlukan pisang sale sebagai bahan dasar. Pisang sale adalah olahan pisang dengan cara dijemur hingga kadar airnya berkurang drastis. Warnanya cenderung gelap dan lebih awet disimpan dalam waktu lama. Nah, pisang sale juga sering disajikan versi keringnya, yakni pisang dilumuri tepung krispi lalu digoreng hingga matang-renyah. Hmm, siap-siap banyak ngemil nih!

Nah dari olahan pisang di atas, mana yang mau anda coba dulu, nih? Apapun kudapan pilihan anda, jangan lupa untuk memilih jenis pisang yang tepat, ya. Selamat mencoba!