Penulis: Niahappy

Keju bisa Anda jadikan olahan beragam jenis makanan yang enak lho. Mulai dari kudapan gurih, manis hingga minuman segar. Rasanya yang khas membuat keju menjadi olahan yang banyak digemari masyarakat. Nah berikut ini beberapa olahan keju yang enak dan gampang dibuat!

1. Makaroni Keju Kukus

makaroni keju kukus lezat

Olahan yang satu ini sangat mudah dibuat, bahkan oleh pemula sekalipun! Tinggal campurkan bahan, lalu kukus, deh. Setiap gigitannya akan terasa creamy, gurih, dan lembut. Cocok buat bekal piknik maupun camilan saat bersama orang terkasih.

Pertama rebus makaroni hingga al dente, tiriskan. Setelah itu buat sausnya. Lelehkan butter, masukkan terigu. Aduk cepat. Masukkan susu cair. Masak sampai meletup-letup. masukkan keju parut, aduk rata. Sisihkan.

Selanjutnya, panaskan wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. masukkan daging cincang, tumis sampai daging masak. Beri gula, garam dan merica. Aduk rata, angkat.

Dalam wadah, kocok telur. Masukkan susu cair, makaroni rebus, tumisan daging dan keju parut, aduk rata. Tuang adonan dalam wadah. Beri 2 sdm saus di atasnya, taburi dengn keju parut. Kukus selama 15 menit. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Makaroni Keju Kukus

2. Stick Keju Mozarella

stik keju mozarella lumer

Selain untuk topping aneka makanan, keju mozarella juga bisa diolah jadi kudapan ringan yang nikmat. Keju diiris bentuk stik lalu dibalur terigu, kocokan telur, dan tepung roti, untuk kemudian digoreng hingga berubah kecoklatan. Saat disantap hangat, keju akan meleleh, lumer, dan elastis panjang bila ditarik.

Potong keju berbentuk persegi panjang kecil, sisihkan. Dalam wadah, kocok lepas telur bersama garam, bawang putih bubuk, dan lada bubuk. Sisihkan. Selanjutnya, siapkan tepung roti dan tepung panir, masing-masing dalam wadah terpisah. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Ambil stick keju.

Balurkan ke dalam tepung terigu hingga rata. Celupkan ke dalam kocokan telur, lalu balurkan ke dalam tepung roti hingga rata. Goreng stick keju dalam minyak panas dan goreng hingga kuning kecoklatan. Ulangi langkah di atas hingga keju habis. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saus sambal dan mayones agar lebih nikmat.

Baca Juga: Resep Stick Keju Mozarella

3. Brudel Keju Kukus

brudel keju kukus lembut

Topping keju pada kue memang juara. Apalagi kalau kuenya selembut brudel. Rasanya mulut ini tidak ingin berhenti ngunyah! Tidak cuma saat santai, brudel keju bisa juga disajikan saat acara penting, lho. Coba bikin, yuk!

Siapkan wadah. Masukakan tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, skm putih, air, dan ragi. Aduk menggunakan mixer dengan kecapaan rendah sampai tercampur rata (tidak perlu mengembang).

Tuang adonan ke dalam loyang, diamkan selama 45 menit. Taburkan banyak keju parut di atas adonan. Panaskan kukusan, kukus adonan selama kurang lebih 45 menit. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui adonan sudang matang atau belum. Jika sudah, angkat adonan, dinginkan dan potong sesuai selera.

Baca Juga: Resep Brudel Keju Kukus

4. Strudel Keju

Strudel keju kini jadi lebih populer setelah dijadikan salah satu varian kue oleh-oleh ‘kekinian’ khas kota Malang. Kreasi dari puff pastry ini sangatlah simpel dan mudah untuk dibuat sendiri. Coba bikin, yuk!

Dalam wadah, campur semua bahan kecuali tepung terigu taburan, kemudian uleni hingga kalis. Pipihkan/gilas adonan kalis tadi hingga jadi ukuran 20×40 cm. Taruh korsvet di atas adonan pipih, posisikan di tengah, lipat adonan di sebelah kanan dan kiri korsvet ke dalam/tengah. Hingga terbentuk 3 lapisan yaitu adonan-korsvet-adonan.

Gilas adonan kembali hingga jadi ukuran 20×40 cm. Lipat kembali seperti amplop. Ulangi sebanyak 3x agar adonan puff pastry sukses berbentuk lapis-lapis. Bungkus adonan puff menggunakan plastick wrap, kemudian siap dalam freezer.

Selanjutnya buat custard. Dalam panci, panaskan susu bersama butter hingga meleleh dan tercampur rata. Dalam wadah campur kuning telur, gula, tepung terigu dan garam. Aduk rata hingga halus. Tuang adonan telur ke dalam campuran susu dalam panci. Aduk rata. Masak dengan api kecil. Masukkan keju parut. Aduk rata, angkat.

Ambil adonan puff pastry, gilas. Taruh custard di bagian tengah. Lalu kepang puff pastry. Oles permukaan atasnya dengan bahan olesan. Taburi keju parut di atasnya. Panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Strudel Keju

5. Stik Keju

Salah satu camilan kering yang mudah dibuat dan cocok menemani hari lebaran Anda adalah cheese stick. Selain gurih, teksturnya yang renyah juga membuat siapapun ketagihan mencicipinya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan ini terbilang ekonomis dan mudah didapat. Yuk coba!

Dalam satu wadah, campur tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, dan keju. Aduk hingga merata. Buat cekungan di tengah campuran lalu masukkan telur, aduk rata. Tambahkan margarin lalu aduk dan uleni adonan hingga kalis. Masukkan air sedikit demi ssedikit jika adonan terlalu kering dan sulit diuleni.

Gilas adonan hingga tipis atau sesuai dengan ketebalan yang diharapkan. Taburi dengan ketebalan yang diharapkan. Taburi dengan tepung sagu. Lalu potong-potong dengan pisau menjadi bentuk stik. Panaskan minyak banyak dalam wajan.

Goreng stik keju dalam minyak panas, gunakan api kecil. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, masukkan dan simpan dalam wadah kedap udara, siap sajikan.

Baca Juga: Resep Stik Keju

6. Pizza Teflon

Bagi anda yang tak memiliki oven dan ingin membuat olahan pizza, Anda dapat menggunakan teflon atau wajan datar anti lengket untuk memanggangnya. Cara membuatnya juga terbilang mudah.

Pertama buat adonan pizza, aduk rata terigu, garam dan baking powder lalu masukkan susu bubuk dan ragi instan. Tuang air hangat sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit minyak goreng dan diamkan 10 menit. Setelah 10 menit, pindahkan ke wajan anti lengket lalu ratakan.

Selanjutnya buat saus. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan pasta tomat dan tomat rebus. Aduk rata, masak saus hingga kental dan meletup-letup. Masukkan garam, gula, oregano, merica aduk rata, siap dipakai. Tumis sosis, jamur, bawang putih, dan bawang bombay. Beri garam, gula, oregano, dan merica. Aduk rata tiriskan.

Olesi adonan pizza dengan saus, taburi sosis, jamur dan keju mozarella di atasnya. Panggang dengan api kecil selama 20 menit. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Pizza Teflon