(Image: Shutterstock)

Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Dari kecil, saya sangat menyukai talas kukus. Biasanya, saya melahap talas kukus dengan tambahan gula pasir agar terasa manis. Ketika dewasa, saya pernah mencoba membuat talas kukus. Tapi, ketika mengupasnya, tangan saya malah merasa gatal. Ternyata, gatal tersebut berasal dari getah talas.

Namun, kita sebenarnya tidak perlu khawatir terkena getah talas. Ada kok cara untuk menghindarinya. Ketika mengupas talas, jangan memegang langsung umbinya. Gunakan batang talas sebagai pegangan. Jika sudah dikupas, lumurilah talas dengan garam. Lakukan hal ini hingga getah pada talas menghilang. Setelah itu, barulah talas bisa kita olah.

Selain dikukus, ada cara lain juga lho untuk mengolah talas. Tapi, agar terasa enak, kita tentu harus mengolahnya dengan tepat. Sebagai referensi, yuk lihat tips dan cara mengolah talas berikut ini!

1. Talas Kukus

Ingin membuat camilan sehat, mudah, dan sederhana? Nah, berarti kita bisa nih membuat talas kukus. Ciri khas camilan ini ialah menggunakan taburan kelapa parut. Untuk membuatnya, kita harus mengupas dan memotong-motong talas. Setelah itu, kukus talas bersama dengan kelapa parut. Agar lebih nikmat, tambahkanlah garam dan gula pada kelapa parut sesuai selera anda. Kemudian, barulah talas dapat dikukus hingga matang. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga talas siap disajikan.

2. Talas goreng

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Apalagi, hampir semua bahan makanan bisa digoreng, termasuk juga talas. Supaya lebih nikmat, siapkan bumbu berupa garam, bawang putih, dan lada. Jika sudah mencampurkan bumbu dengan air, rendamlah talas agar bumbunya meresap. Setelah 15 menit, barulah talas bisa digoreng hingga matang.

3. Talas Panggang

Seperti ubi, talas juga bisa lho dipanggang. Namun, tidak seperti ubi, talas harus dikupas sebelum dipanggang. Pertama-tama, kita harus memanaskan oven hingga 350°C. Sementara itu, talas yang sudah dikupas ditusuk-tusuk dengan garpu. Hal ini bertujuan menjaga kelembapan udara saat talas dipanggang. Kemudian, talas dibungkus dengan aluminium foil.

Namun, kita harus membungkusnya dengan longgar sehingga talas matang merata. Ketika memanggang, kita dapat menggunakan loyang ataupun langsung meletakkannya di oven. Setelah satu jam, cobalah memeriksa kematangan talas. Apabila sudah lembut ketika ditusuk, berarti talas siap disajikan.

4. Tumis Talas

Mungkin, olahan yang satu ini masih terasa asing bagi kita. Soalnya, talas lebih sering dijadikan camilan dibanding lauk makanan. Padahal, cara pembuatan tumis talas cukup sederhana kok. Kita cukup menyiapkan irisan bawang putih, cabai, dan garam sebagai bumbu. Supaya lebih nikmat, kita juga bisa menambahkan ebi. Bumbu tersebut tinggal ditumis bersama potongan talas hingga matang. Sederhana, praktis, dan lezat. Bahkan tidak hanya umbinya, di beberapa daerah, batang talas yang biasa disebut lompong juga sering dimasak tumis atau oseng. Unik sekali, ya. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Apa Bedanya? Oseng vs Tumis vs Cah

Talas merupakan salah satu bahan makanan yang murah, sehat, sekaligus mengenyangkan. Apalagi ada banyak cara untuk mengolah talas menjadi enak.  Selamat berkreasi di dapur!