(Image: Greeners)

Penulis: Emy.E

Membuat keripik sayur dan buah bisa menjadi pilihan yang paling mudah bagi kamu yang ingin menikmati sayur dan buah dengan cara yang berbeda.  Keripik sayur dan buah juga bisa menjadi solusi bagi orangtua yang anak-anaknya tidak suka makan sayur dan buah.  Tekstur yang renyah tentu akan lebih disukai oleh anak-anak. Selain itu, rasanya yang unik dan khas akan semakin enak untuk dinikmati sambil nonton TV atau kumpul bareng keluarga.  Pastinya keripik sayur dan buah bisa jadi camilan yang sehat ya. Kamu juga bisa lho membuat keripik sayur dan buah di rumah sesuai selera, dengan cara yang cukup sederhana berikut.  

1. Menentukan jenis sayur atau buah yang akan dibuat keripik

Sebelum kamu buat keripik sayur atau buah, pastikan bahwa kamu sudah tahu jenis sayur atau buah yang akan kamu buat keripik. Kalau kamu masih bingung ada beberapa jenis sayur dan buah yang bisa kamu jadikan alternatif untuk dibuat keripik. Seperti misalnya bayam (merah atau hijau), kangkung, daun kemangi, daun singkong, wortel, buah bit, terong, dan jenis sayuran lainnya sesuai selera kamu.  

Untuk jenis buah, kamu bisa mencoba pisang, salak, apel, nangka, mangga, atau jenis buah lainnya yang bisa digunakan untuk membuat keripik. Tapi ingat ya sebaiknya pilih jenis buah yang berdaging padat dan kandungan airnya sedikit karena lebih mudah untuk dibuat keripik renyah. Ngak mungkin juga kan buat keripik dari buah semangka?

2. Cuci bersih dan keringkan

Khusus untuk buah, kupas kulitnya dan buang bijinya. Selanjutnya cuci bersih dengan air mengalir sayur dan buah yang hendak kamu buat keripik. Selanjutnya keringkan hingga benar-benar kering. Bisa menggunakan tissue dapur atau handuk dapur sehingga daya serapnya tinggi. Gak ingin kan keripikmu jadi lama kering ketika dimasak atau malah tidak bisa kering maksimal.

3. Gunakan pisau super tajam dan iris tipis-tipis

Oh ya, pastikan juga pisau yang digunakan untuk mengiris sayur dan buah tajam ya supaya bisa iris tipis-tipis. Jangan sampai keripik sayur dan buah kamu lembek gara-gara irisan dagingnya terlalu tebal. Untuk sayur yang berbentuk daun, cukup kamu pisahkan per helai daunnya.

4. Panggang atau Goreng

Jika dipanggang menggunakan oven maka kamu bisa panaskan oven antara suhu 150-180°C. Baru kemudian sayur dan buah yang akan dibuat keripik, disusun berjajar untuk dipanggang hingga menjadi keripik sayur yang renyah. Jangan lupa ya beri taburan garam atau lada secukupnya untuk memberikan rasa untuk keripik sayurnya ya. Sementara untuk buah bisa ditambahkan taburan gula pasir atau madu sesuai selera.

Jika digoreng, kamu cukup menyiapkan sayuran dan membuat adonan dari tepung beras yang sudah dibumbui. Baru kemudian mencelupkan sayuran tersebut dan menggorengnya satu per satu. Sementara untuk buah, gorenglah langsung tanpa dibalut adonan tepung.

Tips buat kamu yang ingin membuat keripik sayur atau buah dengan cara digoreng, sebaiknya menggunakan minyak yang banyak dengan api yang besar (deep frying) agar hasil gorengan kamu renyah. Jangan lupa untuk menyimpan keripik dalam toples tertutup ya, agar tetap awet renyahnya. Nah, tunggu apalagi kamu pun bisa membuat keripik sayur dan buah ala kamu di rumah!