Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Anda sudah memikirkan menu lauk untuk teman makan hari ini? Jika belum, saya rekomendasikan makan dengan sajian dari nangka muda seperti gulai nangka atau gudeg. Meskipun bahannya sederhana, tapi makanan tersebut sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat. Saya sendiri paling suka gudeg buatan nenek saya. Selain bumbunya sangat meresap, rasanya juga nikmat karena ditambah dengan tetelan.

Mengolah nangka muda itu ternyata tak sesulit kelihatannya. Asal tahu cara memilih dan membersihkannya dengan benar. Dijamin deh, anda sudah bisa menikmati seporsi sayur nangka yang lezat. Berikut saya bagikan tips memilih dan mengolah buah nangka muda khusus untuk anda.

1. Pilih sesuai jenis masakan

Ternyata beda jenis nangka beda juga lho hasil olahannya. Ada dua jenis nangka muda yang biasa kita temui di pasaran, yaitu nangka muda putih dan nangka muda merah. Nangka muda putih sangat cocok diolah menjadi sayur lodeh, karena memiliki tekstur yang empuk dan cepat matang. Sedangkan jika anda ingin membuat gudeg, sebaiknya memilih nangka muda merah. Teksturnya yang keras membuat nangka muda merah tidak akan hancur meskipun dimasak selama berjam-jam.

2. Perhatikan kesegaran dan warnanya

Jangan senang dulu jika anda menemukan nangka muda yang tak bergetah. Bisa jadi nangka tersebut sudah tidak segar lagi. Nangka segar justru akan terasa lengket saat dipegang. Perhatikan juga warna buahnya, jika berwarna putih susu, berarti nangka tersebut masih segar. Tapi jika nangka muda yang akan anda beli berwarna kecokelatan dan kusam, sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah nangka sisa kemarin yang tak laku dijual.

3. Perhatikan bijinya

Sebelum membeli nangka muda, coba anda perhatikan bijinya. Sebaiknya anda pilih nangka dengan biji yang masih berukuran kecil, karena rasanya enak dan tekturnya pun pulen.

4. Perhatikan teksturnya

Meskipun belum matang, nangka muda yang berkualitas baik memiliki tekstur yang lembut. Untuk memastikannya, anda bisa menekan buah nangka tersebut dengan jempol atau ujung kuku.

5. Tak perlu mencuci nangka

Pencucian biasanya dilakukan agar bahan makanan tersebut bersih dan bebas dari kotoran. Nah, untuk nangka muda, sebaiknya anda tak mencucinya. Nangka yang tidak dicuci akan menghasilkan rasa yang lebih gurih dan enak.

6. Perebusan nangka

(Image: Lazada)

Nangka terkenal memiliki getah yang merepotkan jika sudah menempel. Apalagi jika ikut termakan dalam masakan kita. Untuk menghilangkan getah tersebut, anda perlu merebus nangka sebelum mengolahnya. Selain untuk menghilangkan kotoran dan kuman, perebusan ini juga berfungsi agar tekstur nangka jadi lebih empuk. Pastikan untuk memakai air yang baru ketika memasak sebab air bekas rebusan ini memiliki rasa yang sepat.

Jika ingin nangka cepat empuk, gunakan panci presto Vicenza Pressure Cooker VP 308/8L (lihat di Lazada PROMO). Adanya sistem pengaturan tekanan uap dan panas, bikin panci presto ini tidak hanya cepat mengempukkan makanan tapi juga sangat aman digunakan.

Nah setelah melakukan semua langkah di atas, nangka muda anda siap diolah jadi masakan yang pastinya mengunggah selera. Selamat masak!

Tips Memilih Mengolah Nangka Muda Agar Empuk dan Bebas Pahit
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 4 votes