Penulis : Atsa

Siapa tidak suka rasa tape ketan yang manis menyegarkan? Sering dijajakan oleh pedagang keliling, bahkan di berbagai toko oleh-oleh.

Tekstur lembut, rasa manis, sedikit asam, dan cita rasa yang khas membuat tape ketan digemari banyak orang sebagai cemilan, atau diolah kembali menjadi beragam sajian nikmat.

Nah, kalau Anda punya banyak stok tape ketan di rumah, daripada hanya dimakan begitu saja, kreasikan yuk supaya semakin nikmat. Berikut kami sajikan beragam ide kreasi tape ketan yang bisa Anda coba.

Baca Juga : Resep Tape Ketan

1. Kue Mangkuk Tape Ketan

Jajanan pasar yang satu ini bisa jadi kudapan sore yang nikmat untuk keluarga Anda. Asal dibuat dengan cara yang tepat, kue mangkuk Anda pasti lezat dan merekah.

Untuk membuatnya, rebus gula dan air sampai gula larut, tambahkan ekstrak vanilla. Angkat, dan tunggu sampai hangat.

Dalam wadah, campur tepung beras, tepung terigu, bubuk taro dan tape ketan hitam. Selagi hangat, tuang larutan gula ke campuran tepung, aduk rata. Masukkan ragi instan lalu aduk rata. Tutup dengan serbet bersih selama 30 menit. Setelah itu, masukkan baking powder dan aduk sampai gelembung hilang. Beri pewarna pada adonan.

Panaskan kukusan bersama cetakan Sampai mendidih dan beruap banyak. Setelah mendidih, tuang ke dalam cetakan sampai penuh. Lalu kukus selama 20 menit. Tutup kukusan dibungkus serbet ya, supaya air uap tidak menetas.

2. Resep Puding Tape Ketan

Puding ketan lembut

Tape ketan yang manis segar tentu lezat jika dimodifikasi jadi sajian puding. Anda hanya perlu merebus agar-agar seperti biasa dalam panci. Kemudian, masukkan tape ketan dan aduk rata. Tuang adonan puding dalam cetakan puding.

Namun, supaya lebih cantik dan menarik, Anda bisa memberikan layer dengan puding susu. Jadi, adonan puding tape tadi hanya diisi setengah cetakan saja, lalu biarkan setengah mengeras.

Selanjutnya, dalam panci, campur agar bubuk, susu cair, dan gula hingga rata. Masak hingga mendidih. Biarkan uapnya hilang dahulu, lalu tuang adonan ini ke atas puding tape yang sudah setengah mengeras tadi. Simpan dalam kulkas dan sajikan dingin supaya semakin nikmat.

Baca Juga : Resep Puding Tape Ketan

3. Es Lilin Ketan Hitam

Cuaca saat ini hampir selalu panas dan terik, apalagi saat siang hari. Buat es lilin ketan hitam yuk. Tahan lama dan sangat nikmat disantap saat panas di siang hari. Membuatnya juga begitu mudah dan cepat, lho.

Rebus santan dengan garam, maizena sampai mendidih. Campur dengan ketan hitam, aduk rata. Matikan api dan biarkan sampai hangat.

Setelah hangat-hangat, masukan ke dalam plastik es lilin dengan bantuan corong, lalu ikat dengan karet dan simpan di freezer sampai beku.

4. Wedang Tape Ketan

Saat hujan di sore hari atau malam hari yang dingin, paling nikmat minum wedang tape ketan. Membuatnya begitu mudah dan rasa khasnya begitu nikmat. Pertama-tama, siapkan tape ketan terlebih dahulu. Baik tape ketan hijau, putih, atau pun hitam semua bisa dipakai.

Larutkan gula pasir dan air panas,aduk rata. Masuk kan tape,aduk hingga sari-sari tape keluar dan tercampur rata. Siap dinikmati, begitu mudah kan?

5, Es Krim Tape Ketan

Tape ketan juga bisa diolah jadi es krim yang nikmat dan menyegarka, lho. Caranya, blender tape ketan hitam dan susu cair hingga lembut. Tuang susu tersebut dalam panci. Beri larutan tepung maizena dan tape ketan hitam yang tidak di belender.

Masak dengan api sedang dan aduk rata. Matikan api. Aduk-aduk hingga uap panasnya hilang. Tuang ke dalam wadah kedap udara. Dinginkan hingga suhu ruang, lalu simpan dalam freezer selama 8 jam. Bila ingin lebih lembut lagi, bisa di blender lagi. Lalu bekukan kembali dalam kulkas.

Baca Juga : Kenali Ragam Pilihan Tape di Pasaran