Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Sandwich merupakan menu sarapan atau makanan on-the-go yang digemari karena rasanya yang nikmat dan bergizi. Selain itu, sandwich juga praktis untuk disantap terutama bagi anda yang sibuk atau memiliki segudang aktivitas. Namun, sebagai salah satu fans sandwich, saya terkadang merasa bosan dengan isiannya yang hanya selada, tomat, keju, dan ham saja. Saya pun jadi sering berkreasi ketika membuatnya. Baik sandwich bercitarasa gurih ataupun manis, saya pernah mencoba semuanya. Anda juga ingin mencobanya? Yuk simak selengkapnya mengenai bahan-bahan isian yang bisa digunakan.

Isian sandwich untuk rasa gurih

1. Telur

Kandungan pada telur sangat baik untuk memenuhi asupan gizi kita. Selain mudah ditemui, bahan makanan ini juga terbilang cukup murah. Untuk isi sandwich, anda bisa merebus ataupun menggoreng telur terlebih dahulu. Setelah itu, iris telur dan letakan di atas roti tawar. Oleskan mayonese di atas telur untuk menambah kelezatannya.

2. Ikan

Ikan dapat menjadi alternatif untuk mengganti smoke beef pada sandwich. Anda bisa menggunakan tuna ataupun salmon panggang pada sandwich anda. Bila ingin lebih praktis, gunakan ikan kalengan. Terdapat banyak variasi rasa ikan kalengan yang bisa anda coba, mulai dari yang gurih hingga yang pedas.

3. Ayam panggang

Selain ikan, alternatif lain untuk mengganti daging sapi ialah ayam. Agar tetap praktis ketika dimakan, gunakanlah dada ayam. Anda bisa membumbuinya dengan garam dan lada sebelum ayam dipanggang. Dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi serta lemak yang rendah. Jadi, dada ayam sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet.

4. Keju

Bila anda adalah pecinta keju meleleh seperti saya, cobalah menggunakan keju mozarella. Teksturnya yang melting bila dipanggang/dipanaskan serta rasanya yang gurih ini cocok dipadukan dengan bahan lain seperti telur dan daging. Agar meleleh secara merata, parutlah mozarella terlebih dahulu sebelum dipanggang. Anda juga bisa mengganti jenis keju dengan keju cheddar (kuning dan jingga) biasa ataupun yang bersifat quickmelt.

5. Sayur-sayuran

Beberapa contoh sayuran yang cocok untuk isian sandwich seperti selada, tomat, timun, zucchini, paprika, dan bawang bombai. Selain lebih lezat, isian sayur juga akan membuat kandungan gizi sandwich anda jadi lebih lengkap.

Isian sandwich untuk rasa manis

6. Buah-buahan

Hampir semua jenis buah-buahan bisa anda padukan untuk isian sandwich. Seperti pisang, alpukat, apel, strawberry, dan kiwi. Selain lebih sehat, rasa manis alami pada buah-buahan ini tentu akan memperkaya cita rasa sandwich. Bahkan, alpukat yang cenderung creamy juga cocok lho dijadikan isian untuk sandwich gurih.

7. Cream Cheese dan Cheese Spread

Keju tidak harus melulu dinikmati pada sandwich yang gurih saja. Sensasi cheesy pada sandwich yang manis juga bisa didapatkan melalui cream cheese. Jika terkendala harganya yang cukup merogoh kantong, anda bisa menggantinya dengan cheese spread yang lebih ekonomis.

8. Madu

Selain menjadi pelengkap pancake, madu juga bisa menjadi bahan olesan pada sandwich. Madu memiliki rasa manis yang khas. Selain itu, kandungan gizi pada madu juga baik untuk kesehatan. Madu juga sangat cocok berpadu dengan buah-buahan dalam isian sandwich anda.

9. Selai

Selain madu, selai juga bisa menjadi salah satu bahan untuk olesan sandwich. Anda bisa menggunakan selai buah-buahan seperti strawberry, blueberry, nanas, dan jeruk. Bila menyukai perpaduan rasa gurih creamy dan manis, cobalah gunakan selai kacang atau selai coklat.

Wah, ternyata banyak bahan-bahan makanan di sekitar kita yang bisa dijadikan isian sandwich ya. Jika mengkreasikan isi sandwich, kita pun jadi tidak mudah bosan ketika menyantapnya. Selamat bereksperimen dengan sandwich anda!

Baca Juga: 9 Jenis Roti Sandwich