Penulis: Niahappy

Rasa asam dan segar dari buah kiwi memang paling nikmat jika dijus. Namun, rupanya buah kiwi juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan lho. Berikut ini olahan kiwi yang bisa Anda coba!

1. Kiwi Mojito

Saat cuaca panas memang paling enak minum minuman yang segar seperti stroberi mojito. Rasa asam dari stawberry dan sensasi dingin dari daun mint membuat Anda lebih bersemangat melakukan aktivtas di bawah terik matahari. Yuk buat sendiri minuman segar ini!

Siapkan gelas, masukan potongan buah leci dan kiwi, air perasan jeruk nipis, dan daun mint. Tumbuk atau cop hingga hancur (tidak perlu halus seperti diblender). Tambahkan es batu lalu tuang soda. Sajikan dengan tambahan hiasan buah kiwi dan daun mint. Siap disajikan.

2. Kiwi Smoothie Bowl

Image: kiwiandcarrot.com

Salah satu asupan yang bisa menjadi menu diet adalah smoothies. Smoothie merupakan jenis minuman yang berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup, susu tawar, dan es batu. Biasanya smoothie juga disajikan bersama yoghurt, chia seed, granola, dan topping camilan sehat lainnya.

Blender alpukat, kiwi, yoghurt, madu, dan air jeruk lemon sampai halus. Matikan blender. Beri kale powder aduk rata. Masukan bahan yang sudah diblender ke dalam mangkuk. Taburkan chia seed, brown flaxes, buah kiwi, dan buah berry.

Baca Juga: Bahan Isi Smoothie Bowl yang Sehat, Cantik, dan Enak

3. Kiwi Cheese Cake

Siapkan blender lalu masukan roti tawar tanpa kulit, agar-agar, telur, susu, keju, dan gula, haluskan. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Kemudian kukus selama 30 menit. Angkat dan diamkan di freezer kurang lebih 60 menit.

Hancurkan buah kiwi menggunakan garpu lalu tambahkan sedikit gula. Masak sebentar sampai mengental, sisihkan. Olesi cheese cake dengan selai kiwi. Letakan buah kiwi di atasnya. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Cheese Cake Kukus

4. Kiwi Swiss Roll Cake

Krim: Siapkan wadah. Masukan putih telur, cream of tartar, air lemon, dan gula pasir. Kocok sampai kaku, sisihkan.

Bahan A: Siapkan mangkuk kecil. Masukan air panas, gula, vanilla essence, dan pewarna hijau tua. Aduk sampai rata, sisihkan.

Bahan B: Siapkan wadah. Masukan kuning telur, terigu protein sedang, minyak goreng, dan gula pasir, aduk rata. Masukan bahan B, aduk kembali sampai benar-benar rata. Masukan krim ke adonan A+B. Aduk perlahan sampai merata. Tuang ke loyang yang sudah dialasi kertas baking, ratakan.

Panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180oC selama 15 menit. Test tusuk jika sudah matang angkat dan dinginkan. Lepaskan kertas roti perlahan, oleskan dengan krim dan ratakan. Tata buah kiwi yang sudah dikupas di atasnya. Gulung perlahan sambil agak ditekan dan simpan di kulkas sampai melekat. Potong-potong bolu dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bolu Gulung Pandan Keju

5. Bika Ambon Buah Kiwi

Bika kali ini sedikit berebda dari bika Ambon pada umumnya karena bika ini dibuat dengan tambahan buah kiwi dan susu kental manis. Teksturnya berongga-rongga, berwarna hijau, beraroma pandan, serta rasanya manis dan kenyal.

Siapkan blender. Masukan buah kiwi, air, susu kental manis, santan, dan gula, haluskan. Tuang adonan ke dalam wadah kemudian campur tepung terigu, sagu, garam, dan larutan ragi. Aduk hingga rata menggunakan whisk.

Masukan telur, mentega cair, dan aduk rata kembali. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan naik. Tuang ¾ adonan ke cetakan kue lumpur, lakukan sampai adonan habis. Masak menggunakan api kecil sampai matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Bika Ambon

6. Puding Kiwi

Makanan segar yang satu ini mudah sekali dicerna, bahkan jika Anda memiliki anak, puding kiwi sangat praktis dan enak. Yuk, coba!

Taruh air di panci, masukan agar-agar plain dan agar-agar warna hijau. Aduk, didihkan di atas kompor dalam api kecil tambahkan gula pasir. Aduk hingga mendidih.

Iris tipis buah kiwi yang sudah dikupas. Tata dalam wadah puding sesuai selera. Tuang agar-agar yang telah matang ke dalam wadah. Lakukan secara perlahan agar buah kiwi tidak mengambang. Diamkan sebentar lalu masukan ke dalam kulkas hingga dingin. Sajikan saat sudah dingin.